Suzuki Arashi 125, Kegagalan Suzuki Jadi First Mover

Suzuki Arashi, begitu kita mendengar namanya, kita langsung teringat dengan sebuah motor bebek berheadlamp di dada yang muncul di sekitar tahun 2005. “My Style” itulah tagline yang dibawanya saat mencoba mencicipi kerasnya pertarungan penjualan motor di tanah air. Ya, karena Suzuki Arashi mencoba tampil dengan ciri khas tersendiri dengan headlamp di dada, tidak di setang, alias orang sini nyebutnya lampu bego karena setang udah belok tapi lampunya masih mlongo ke depan aja. Konon katanya sakitnya karna diguna-guna desain headlamp Arashi mencomot dari moge paling ngetop dari Suzuki, Suzuki GSX-R alias Si Gixxer, gak cuman headlampnya doank, tapi desain airductnya pun turut dicopy. Sementara untuk mesin, Arashi menggunakan mesin yang ekuivalen dengan Shogun 125.

Setau saya, pelopor bebek yang nyomot desain headlamp mogenya adalah Yamaha X1, yang mengambil desain headlamp Yamaha YZF-R1, tapi X1 cuman dipasarin di Thailand sono. Yamaha Indonesia sepertinya gak mau berspekulasi dengan membawa X1 ke Indonesia dengan pertimbangan kudu gambling dengan desain “anehnya”, dan pilih main save saja, apalagi saat itu YMKI sedang mereguk kenikmatan dengan penjualan Jupiter-Z yang notabene bermesin sama dengan X1. Nah, ketidakberanian YMKI buat nurunin X1 kesini sepertinya dimanfaatkan Suzuki untuk menjadi “first mover” bebek dengan desain nyleneh, dengan headlamp ala moge di dada, Suzuki akhirnya membawa Arashi ke tanah air.



Bukan hasil manis yang direguk Suzuki, justru Arashi makin memperparah penjualan Suzuki yang waktu mulai terperosok dengan Shogun 125nya, ditambah lagi mulai tergesernya pamor Suzuki oleh Yamaha. Alih-alih memberikan pilihan fresh buat konsumen selain di kelas 125cc, Arashi justru kurang diterima masyarakat kita karena desainnya yang kurang lazim buat sebuah motor bebek. Walhasil, Suzuki Arashi hanya menjadi “hiasan” di jalanan saking jarangnya pemakai Suzuki Arashi. Hanya orang-orang tertentu saja yang make Arashi, seperti orang yang memang pengen tampil “My style” atau memang fanatikers suzuki. Padahal kalo dicermati, Spek Suzuki Arashi ternyata sedikit di atas Shogun 125 lhoh, bahkan Shogun SP sekalipun. Contohnya penggunaan karburator 19vm pada Arashi, sementara Shogun 18ss, serta bobot yang lebih ringan dari Shogun 125. Arashi juga mengaplikasikan odometer dan indikator BBM digital seperti Shogun 125. Suzuki mengklaim Arashi memiliki torsi dan tenaga besar di kecepatan tinggi serta konsumsi BBM rata-rata 55km/l. Bahkan beberapa testimoni komentator di sebuah blog, rata-rata puas dengan performa Suzuki Arashi.

Arashi sempat mengalami facelift pada tahun 2007 dimana Arashi dipercantik dengan penambahan varian velg racing yang tentunya menambah kesan sporty pada Arashi, namun sayangnya mindset tetaplah mindset, Arashi terlanjur dicap sebagai gagal produk yang mempengaruhi calon peminat setelah mempertimbangkan resale value-nya nanti bakalan anjlok. Ditambah lagi gempuran dari 2 pabrikan lain, Yamaha dan Honda yang makin dalam menancapkan kuku mindset ke otak konsumen. Suzuki Arashi makin terbenam dalam euforia persaingan seiring terpuruknya Suzuki di Indonesia plus Suzuki global. Dan puncaknya, sekitar awal tahun 2009, Suzuki Arashi telah discontinue oleh pihak Suzuki.

Menurut hemat saya, nih motor layak jadi motor bebek koleksi masa depan. Karena populasinya yang terbatas dan desain bodinya yang out of the box. Meski begitu, Desainnya saya kira lebih keren daripada Honda Blade yang sama-sama mengaplikasikan headlamp di dada, serta dengan performa juga lebih mumpuni. Dari sisi spare part pun saya kira masih bisa dikanibal dari sodaranya, Shogun 125. Well, hikmah dari sebuah kegagalan Arashi adalah nih motor bisa jadi barang koleksi murah meriah, Meski cukup disayangkan jika Arashi harus berumur lebih pendek daripada sodaranya Shogun 125. Jadi buat yang pengen tampil beda dengan modal terbatas atau sekedar buat koleksi motor bebek langka, Suzuki Arashi second cukup worthed lah jadi pilihan, harga secondnya cukup terjangkau, mulai 3-7 juta lhoh. Gak masalah walopun “cuman” motor bebek, yang penting kita ngerti safety riding dan belinya pake duit halal. 🙂

Sekian dari saya semoga bermanfaat 🙂 Keep brotherhood

80 responses to “Suzuki Arashi 125, Kegagalan Suzuki Jadi First Mover

  1. wew..
    gitu to masbro,
    siplahh

    😀

  2. Cuma sekali ngeliat orang pake Arashi. Yaitu mekanik AC yang dateng buat ngebetulin AC di rumah saya. Tapi kondisinya udah ngga mulus. Mungkin karena dipake buat kendaraan lapangan….

  3. 3 juta??…ngolek nek ndi kui??…susah carinya :mrgreen:

  4. Artikel yang menarik gan
    Kalo agan baca di kaskus, arashi bisa mengasapi Jupi MX gan,hehehe

  5. 3 juta..? saya pilih sikuning aka Y 125 Z cuma 2,5 juta Bos..

  6. sering banget pake motor ini….punya temen sekampus.. yang paling beda sama shogun handlingnya.. lebih membumi beda sama shogun yang tinggi.. lebih enak arashi..tarikan juga lebih enak arashi dibandingkan shogun 125 saya dulu, kalo konsumsi bbm kayanya g nyampe mas 1lt 55km.. agak boros..
    o iya si kuning nya jadi dibungkus mas bro? kok ulasannya nggak nongol2

    • Yoi, setangnya juga lebih enteng coz minus headlamp di setang…
      Yah, namanya aja klaim pabrik masbro, ada juga kok yang bilang matic konsumsi bensinnya 73 km/L tapi kenyataanya gak nyampe segitu…hehehe
      Jadi masbro, cuman yang mau nganter motor lagi super sibuk, mau ditunggangi langsung juga gak berani, kampas koplingnya slip gitu…padahal udah gak sabar juga..hehehe

  7. Mercon C a.k.a Mercon Mretelli

    jadiin motor alap aja

  8. lha sido koleksi yamaha 12z opo ra mas bro?

  9. dulu tahun 2009 gw sempet ke dealer suzuki yg masih majang arashi produksi 2007.
    gile banget!!

  10. Arashi headlampnya aneh, masih bagusan Blade.

  11. pernah naksir ini motor. Menurutku keren kok.

  12. wah padahal dulu menurut saya keren ini motor

  13. @pakdhe maskur n tonosaur
    Yoi, pertama muncul sih, saya gak seneng, coz dulu seneng Yamaha X1, tapi lama2 kok keren juga ya Arashi… 🙂

  14. pelopor bebek berlampu bego diindonesia ya?

  15. Ane jga pernah nyoba,emang tarikannya enteng…

  16. lampune ngarep oke,tapi krudung setange sing wagu,bodi mburine wagu juga.tetep mendingan blade,kalo aku lo.

  17. aku mbiyen tau kepincut motor iki 😀

  18. alrozzzi coolrider 2

    hmmm… apa memang first mover itu kudu “terpelosok” duluan ya masbro? Kymco… Iya!… CS1 yang menganut cross over juga iya…!!! tapi scoopy kok tidak ya? hmmm… kembali ke konsumen niigh…

  19. Gak
    masalah walopun “cuman”
    motor bebek, yang penting
    kita ngerti safety riding dan
    belinya pake duit halal.

    Like this! :mrgreen:

    lampu depannya boleh juga tuh buat motor laki

  20. memang harus hati-hati dalam meluncurkan produk “unik” di Indo, kudu disertai dengan research yang matang.. dan jelas siapa target pasarnya..

  21. hmm..kayaknya lumayan tuh..pengen beli juga, abis yang revo di pake bini, beli baru…….duitnya boss.. thanks..ulasannya

    • kalo mau beli arashi ane saranin yg masih orisinil mesinnya,waktu ane pertama beli arashi,yg emang mesinnya masih bagus, performanya bener2 mantep dah, ane paling suka di gi2 dua,walopun udah ngeden,di tarik lagi kaya masih bisa napas,pas ganti gigi 3 toh masih dapet ga langsung ngedown (over rev)..tapi sayang arashi ane skarang banyak yg aus dalemannya,biasa dibawa ugal2an..

      tapi top lah buat arashi, slama ane pake, semua motor d bawah 150cc bisa di libas, except RX king..di jamin dah,dgn catatan ridernya brani n kondisi mesin masih ok…

  22. maniak suzuki bror

    Arashi 125 menjadi motor langka krn keliatannya….cari2 bekas ya sulit…sebetulnya asik tuh motor….balap di kenjeran juga bertaji…..coba kalau ada yg jual….kemarin aku melihat…..penjual bakso Malang…..pakai Arashi….wuih kondisi juga masih bagus..mulus………ckckckck…..boleh tuh

  23. ..bro, aku masih pake arashi 2006, kondisi masih mulusss 96%. masih nemenin aku tiap hari nganter anak sekolah. dulu, satu aku ber 3 ama temen ambi bareng…sayang punya mereka udah pada mokad karena keseringan dipacu…punyaku masih spt baru!! :p

    • Bayu. Suzuki Arashi Indonesia_006

      yg pakai Arashi silahkan bergabung di group facebook kami Suzuki Arashi Indonesia, dengan nama group: “Suzuki Arashi”

  24. duh pingin arashi.

  25. keluarin dong arashi model terbaru…kepalanya g sah gede2, mono shock, pelek bintang, rem cakram depan belakang n body yang lebih berkarakter

  26. saya pake arashi sdh 2tahun….
    beli bekas yang diiklan internet yg baru 3800km
    enak banget+bangga pake arashi.
    jarang yang punya.dan yang pake hanya orang2 punya selera.

  27. wah thanks ma sbro aq pengen beli arashi dimana ya klo d semarang… aq pkenya shogun 125r

  28. Ga nyesel beli arashi..bener2 mampu saingi jupiter MX dgn kata lain kondisi mesin sama2 ok..awal ngeliat bentuknya aneh, n jujur geli ngeliatnya..tapi lama2 ane kesemsem..ane beli n ga nyesel..sayang harga jualny jatuh..padahal power lebih tinggi dari shogun sp, secara karbu lebih gede 1 mm, sedangkan mesin sama..Arashi is the best 4 stroke moped i ever ride…hahaha

  29. ane juga pake arashi bagus ko mlah ane cuma kasih anting di shok blakangnya makin keren aja…

  30. bos sein kanan ku pecah cari ny susah bgt i py yo
    klitikan kiro2 enek ra

    • Bayu. Suzuki Arashi Indonesia_006

      silahkan bergabung di group facebook kami Suzuki Arashi Indonesia, dengan nama group: “Suzuki Arashi”

  31. dulu Arashi motor dirumah yg paling mantaps! bensinny juga lebih irit dr smash yg cuma 110, tp sayang kini performany terasa kurang ganas sejak ada kehadiran temen baru digarasi si 225 Z hehehe, tp thumbs and salute to Arashi and still my style!

  32. ane mau jual nih,,4,8juta aje bisa negolah
    cp 08788816181

  33. punya ane aja mas bro…4,5iket aja…………
    spek;
    piston tiger
    klep tiger
    per klep jepang hijau
    karbu pe28
    noken as custom
    cdi brt dualband
    knalpot criempie jogja
    belum deres2 amat sich,,,,,,tapi lumayanlah buat ngimbangin ninin 150 kalo pas malem mingguan,.

  34. ane juga pake arashi 2006, pada awal keluar motor ini adalah salah satu impian buat memilikinya, sampai sekarang ana bangga pake arashi karena hanya orang-orang yang tahu…..he..he..tapi ana sekarang ada sedikit kendala, karena body belakang agak rusak, nyari buat gantinya setengah mati…ada yang punya reperensi??????

    • Bayu. Suzuki Arashi Indonesia_006

      untuk mencari info mengenai Suzuki Arashi, Silahkan masuk ke group kami komunitas Suzuki Arashi Indonesia, melalui group FB: “Suzuki Arashi”.

    • masbro, body belakang rusak maksudnya bagian pegangan belakang dekat batas jok-lampu rem? Apa ini memang masalah “nasional” ya? punya ane sampe nyaris putus. hehehe

  35. batok kepala motor ini di jual dimana

  36. saya pernah punya tapi ndak pernah saya obok obok kayak motor saya yang lain, hehe cuma buat transportasi ke kampus doank,, pantesan perasaan ada yang beda ma shogun,,, lebih mirip new shogun R mesinnya,,, responsif
    bravo masbro,, jadi pengen berburu arashi lagi neh,, hha

  37. arashi mesinhalus thn 2007 kopling 5,5 juta. yg minat n serius call or sms saya di 083872322282 dengan ruzdi

  38. Bayu. Suzuki Arashi Indonesia_006

    bener sob…kebetulan ane juga pembesut Arashi keluaran thn 2006, sekaligus pengurus komunitas Suzuki Arashi Indonesi.. thank’s atas info-nya. memang benar untuk spesifikasi mesin arashi diatas shogun 125, dan dari segi posisi mengendarai juga bsa dibilang agak nyaman… memang klo dari segi tampilan sebetulnya arashi lebih sporty dan style dibanding pesaingnya H*nda Bl*de, yg terlihat lebih besar dan kaku… thank’s atas postingan diatas..

    • Bayu. Suzuki Arashi Indonesia_006

      untuk teman2 disini yg masih menggunakan motor Suzuki Arashi, dan ingin bergabung dengan kami di komunitas Suzuki Arashi Indonesia (S.A.I), bisa datang langsung ke Jl.Asia Afrika (Senayan) dekat patung panahan. kopdar setiap hari sabtu jam 21:00WIB disetiap awal bulan (jadi kopdar kita dalam sebulan hanya 1 kali di malam minggu awal bulan), atau bisa bergabung di group FB kami di: “Suzuki Arashi”. atau dapat menghubungi saya di no.telp: 021-96401958/Bayu (S.A.I_006). Terima Kasih.

  39. arashy memang beda

  40. ho’oh gan ane ikutan dong gan, kuda besi ane Arashi 2007, ada anggota yang rumahnya di depok gak gan???… biar bisa bareng kopdar’a gitu

    • Bayu.Suzuki Arashi Indonesia_006

      Untuk daerah Depok blm ada, paling yg dekat sana anggota kita tinggal di Pamulang dan daerah Cibubur…tapi kalo mau datang kopdar silahkan datang kita pasti menyambut untuk anggota keluarga baru…..atau bergabung terlebih dahulu saja ke Group Facebook kami dengan nama: Suzuki Arashi..atau bisa hub saya jika mau datang…kebetulan awal bulan depan tgl 04 Agustus 2012, Kami (S.A.I) akan mengadakan bakti sosial…kalo bisa datang ya sob ke tempat Kopdar kami…No.telp saya ada diatas..

  41. ane pake suzuki arasi setahun terasa nyaman di tambah karbu pake nsr sp mantap ga perlu banyak2 di modif

  42. arashiQ thn 2007 kopling tangan tak jual 5,5jt gan yg mw sms 085725251520

  43. Saran saya, seharusnya tahun ini, SIS membangkitkan kembali sang legenda yaitu Arashi. Toh persaingannya makin ketat, apalagi cuma Blade yang satu-satunya motor di Indonesia dengan headlamp di dada. Dengan membangkitkan lagi Arashi, Suzuki mampu bersaing dengan Honda Blade atau sejenisnya…..

  44. pilih momennya yg gak tepat…. waktu keluar pertama klo tak salah antara 2005-2006 kalah bersaing dgn jupiter MX yg harga jualnya beda tipis, dgn perbandingan arashi 125 & MX 135+radiator

  45. Saya punya Arashi 2006 sampai sekarang (origonal) belum ada yang dikorek tuh mesinnya, busi aja blom ganti. Gak di pasang harga aja dah pada nawar. Emang mantaap..cuma ganti ban aja sama accu. Motor masa depan mas…gak boleh dijual.

  46. setengah mampus cari spare part arashi gak ada di medan…..yang beli ni motor juga nyesal setengah mampus…!!!!!! harga purna jual terjun bebas…..!!!!!

  47. kok mirip blade ya bodynya, tp blade mah banya yang pake… Ternyata tren setter nya mah suzuki ya

  48. ANTO SP RIDER

    gue mah pengen nyari ini motor keren n kesannya tuh “beda” tapi berhubung susah nyarinya akhirnya gue milih shogun sp kakak kandungnya meski mesin selisih dikit tapi dg pelek enkei, dobel disk brake plus kopling brani adu ama jupie mx di jalan, suzuki motor berkualitas kog, cuma kalah ‘mindset’

    • bener bro… bisa ngimbangin vixi jg bro walaupun kondisi standar, mesinnya josh..bener2 bandel bgt dah..

  49. Arashi Rider CRB

    gila gw bangga punya nih motor, istilah kasarnya sih habis manis sepah di buang kalo beli motor jenis lain, yang bikin unik ya emang headlampnya tapi karena itu juga yang bikin arashi awet istilahnya sih motor abadi yang ga akan tergerus sama jaman (khusus arashi versi racing 2007 ya…)

  50. pengen banget dulu punya Suzuki Arashi… sayang duitnya cuman sampe Suzuki Smash 😛

    nitip ya bro
    http://www.dinomarket.com/PASARDINO/63867000/Jual-Kampas-Rem-Tromol-Belakang-Bendix-Motor-Bebek/

  51. kemane nih gw nyari spare part arashi untuk daerah Sum-Bar

  52. Saya lgi butuh body motor suzuki arasy
    Pengen beli body’y
    Mesin msi bagus body’y udah rusak

  53. Seyemmm…kalo udah ngacir, agax cucah kalo mo pelan lagi.

  54. kalo ane lebih milih arashi atau shogunSP drpd bebek 125 merk sebelah.. performanya mantap,handling ok,buat rebahan di tikungan ok, onderdilnya awet, termasuk murah..

  55. aku ada sepedany velgny racing ag jual 3 jt brow ada yg mau gk smua lengkap

  56. 57B8AD3E ni pin bm lau minat

Leave a comment