Mesin DOHC 4-valve oil-cooled punya Suzuki memang udah terkenal dengan keganasan powernya. Dalam wujud motor sport, Suzuki menemplokkan mesin DOHC tersebut pada sang masterpiece Suzuki FXR150 yang mana sampe sekarang pun masih jadi pujaan pecinta motor sport fairing (apalagi kalo udah fansboy Suzuki). Hingga detik inipun, enjin DOHC 4-valve Suzuki ternyata menjadi tonggak penjualan suzuki, dimana enjin tersebut dicangkokkan pada ayam jago idola para ABG masa kini yaitu Suzuki Satria FU150.
Namun, tahukah kalo mesin DOHC 4-valve yang legendaris tersebut juga pernah diaplikasikan pada sebuah motor bergenre Underbone alias Motor bebek? Jawabnya adalah Suzuki FX125, sebuah motor bergenre underbone ato disini disebut bebek dengan kapasitas mesin 125cc dan seperti yang sudah saya sebutkan panjang lebar pada prolog di atas, mesin Suzuki FX125 diwarisi oleh mesin DOHC 4-valve ala Suzuki FXR150, maka dari itu saya sebut Suzuki FX125 adalah titisan dari Suzuki FXR150.
Suzuki FX125 lahir pada tahun 2000 dan dipasarkan di berbagai Negara, yaitu Thailand, Malaysia, Filipina, New Zealand, bahkan sampe Yunani. Sebagai titisan FXR, teknologi pada mesinnya pun bisa dibilang hampir sama, termasuk DOHC, TSCC, SACS (oil cooler), dll sehingga beberapa part pun kemungkinan bisa saling mengkanibal. Seperti namanya, Suzuki FX125 dibekali mesin 125cc yang bisa memuntahkan tenaga yang cukup powerfull yaitu 13.3 hp pada RPM 10,500. Dibantu dengan transmisi manual 5 percepatan ala motor sport, konon katanya motor ini mampu dipacu hingga kecepatan 125 km/jam. Rasio kompresi yang cukup tinggi, yaitu 10.2 : 1, sehingga dianjurkan meminum bahan bakar beroktan tinggi kayak Pertamaxxx/Plus
Dari segi desain, namanya saja titisan FXR150, beberapa titik pun masih sedikit terkontaminasi oleh desain FXR yang masih mencirikan motor akhir tahun 90’an. Pada bagian depan, Lampu depan mirip Suzuki Smash generasi pertama yang muncul disini, dipadu dengan tebeng/dada mirip Shogun 125 generasi pertama. Rangka FX125 pun didesain kokoh, yang nampak dari samping seperti layaknya sebuah rangka deltabox seperti pada FXR150. Shock belakang sudah mengaplikasikan type monoshock, sehingga mnampakkan kesan sporty di FX125. Sementara itu, FX125 punya ada 2 tipe velg, yaitu CW dan Spoke, sayangnya peranti penghenti laju masih menggunakan tromol di roda belakang. Desain Suzuki FX125 masih berupa true bebek alias bener-bener bebek dimana posisi setang seperti pada bebek-bebek umumnya, namun dengan desain spatbor depan ala motor sport, yang mungkin kalo sekarang ada pada desain Yamaha Jupiter MX.
Sayangnya, secara keseluruhan desain, saya masih kurang sreg dengan desain Suzuki FX125 yang nampak wagu serta kurang proporsional, entah mungkin para insinyur Suzuki kurang pinter dalam mendesain mesin. Desain FX125 malah seperti Shogun 110 lawas alias Shogun Kebo, yang saya rasa kurang mewakili performa mesinnya, ato istilahnya desain tak segahar mesinnya.
Sekedar tambahan, akhirnya Suzuki mengubah total penampilan Suzuki FX125 menjadi motor bergenre ayam jago, yaitu Suzuki FU125 alias Suzuki Raider 125 yang sempat mencicipi aspal sini via CBU. Kalo saya perhatikan, ubahan yang terjadi dari FX125 ke FU125 hanyalah pada desain bodi saja, serta posisi setang yang dibikin semi sport, sementara untuk rangka utama dan mesin, saya kira masih sama pleg antara keduanya. Hanya ubahan pada electric starter yang ada pada FX125, tetapi dihilangkan pada Raider 125, kalo gak percaya tengok saja bagian atas mesin Raider 125 kalo ketemu Raider 125 di parkiran, ntar ada semacam “lowongan” untuk dudukan dinamo starter. Oiya, tak lupa Raider 125 sudah melengkapi diri dengan double disk brake alias aplikasi rem cakram pada roda depan dan belakang
sama kan?
Memang si FX125 ini tidak masuk ke negeri kita Indonesia, namun kita tetep bisa mencicipi performa ala DOHC 4-valve 125cc identik dengan titisan FXR150 ini melalui generasi penerusnya, Raider 125 yang berkeliaran disini meski cuman jadi makhluk sangat langka di jalanan (lebih langka dari FXR dan RK-Cool). Kemudian kalo gak salah dulu ada juga pabrikan China yang mengkloning si FX125, kalo gak salah Zong Shen (lupa serinya). Hehe
Semoga bermanfaat
Salam Coolrider Fixer
Spesifikasi Suzuki FX125
DIMENSIONS | |
---|---|
Overall length | 1955 mm |
Overall width | 680 mm |
Overall height | 1080 mm |
Engine | Specification |
Engine type | Air – Oil Cooled, DOHC 4-Valve, 4-Stroke |
Bore × stroke | 57.0 × 48.8 mm |
Displacement | 124.5 cc |
Compression ratio | 10.2 : 1 |
Starting system | Kick and electric |
Maximum horsepower | 13.3 hp @ 10,500 RPM |
Lubrication system | SACS (Suzuki Advanced Cooling System) |
Fuel tank capacity | 4.6 L |
Fuel consumption | 40–50 km/L |
Chasis and suspension | |
Chassis | Twin-Spar Underbone |
Suspension, Front | Telescopic Coil Spring, Oil-damped Fork x 2 |
Suspension, Rear | Mono Shock, Coil Spring, Oil-damped w/preload adjustment |
Brakes – Front | Disc brake w/twin piston caliper |
Brakes – Rear | Drum brake |
pict source :
bikepics.com
http://azuramengamuk.activeboard.com/t35996928/suzuki-fx-125-cub-yang-kian-pupus
pertamax
wah, pakdhe nyampah 😈
Saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH JENGGOT atas bantuan MBAH saya sudah bisa membayar semua hatang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya usaha kecil2an sendiri itu semua berkat bantuan MBAH JENGGOT yg telah memberikan anka jitunya kepada saya dan alhamdulillah berhasil,,ramalan MBAH JENGGOT meman memiliki ramalan “GHOIB” yang dijamin 100% tembus,jika anda mau bukti bukan kata2 silahkan anda hubungi MBAH JENGGOT di 0852=9982=9111 silahkan anda buktikan sendiri.
walau gak masuk disini tapi spek mesin mirip raider 125 Thailand…..mesin ganas khas DOHC racikan Suzuki
saya udah pernah merasakan keganasannya 😀
13 hp boss,,,josssssssssss
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/15/penampakan-lebih-detail-akan-yamaha-new-vixion/
megisonmu kalah telak pan :p
mantep…
Jos gandos
Wew, horse power melebihi mx n cs1. Harusnya fu make enjin ini, truz enjin fu yg skrg buat fxr reborn… Piye Suzuki? Wani po ra?
ra wani ketoke 😀
koyone wes tau werus motor sek nang gambar ngisor dewe…
Kuwi raider 125 yg sangat langka
kuwi raider 125ku ndisik yug, ndisik yo pernah tak posting kok
andai axelo pake enjin ini tentu ga dipandang sebelah mata seperti sekarang…
gak mungkin om, ntar malah bunuh satria fu juga, lagian biaya produksi jg jadi tinggi
rangka ayago rupanya…
manteb kaan?
Ini klonengannya juga ada….Walo mocin tapi sudah DOHC juga lho, tapi soale durabiliti, yo embuh! Gawean Semarang lho, namanya Grand Surya 125.
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4806748
iyo mas, aku wis pernah ngerti neng konter, kondisi amburadullll tenan! sempat penasaran tak kiro kloningan satria ru, jebul iki to
makane iku yo tak tulis enek kloningan dr china tapi mbuh serine lali…
bukannya fx125 lanjutan fx110 yah?
lawan sonic 125
yang suka rosi
mampir om。。
Raider 125 bukan penerus FX125, lebih tepatnya Raider FU 125 diproduksi di Thailand,dan FX125 diproduksi di Malaysia,keduanya hidup dalam waktu yang bersamaan.
FX125 hadir sebagai tandem FXR150 di Malaysia,dan cukup sukses.
di Malaysia sendiri tidak dijual Raider 125,penerus FX125 di malaysia adalah Belang 150 (=Satria FU di sini)
Thanks masukannya masbro 🙂
kalo setauku sih, FU125 abis FX125 mas, FX125 kan kalo gak salah akhir 90’an udah ada, trus FU125 taun 2001 baru nongol… IMHO sih 🙂
mau nanya ki mas rasio kompresi rader125 berapa?kl fx 125 py kompresi 10.4:1 bkan 10.2:1 macam fu.
Kemungkinan sama punya FX125, 1:10,4 coz basic mesinnya sama 🙂
FX itu udah di jual di MAlaysia dan Yunani sejak tahun 1997….
And GW ke Filipina tu di sono gak ada Suz FX….
mkasih masukannya masbro, saya ambil referensi dari wikipedia soalnya, bilangnya Filipina ada gitu sih.., mungkin aja disana gak laku jadi jarang ada populasinya… 🙂
pernah ngerti fu125 disini.
ternyata ada yg punya deket sini
bayar wae mas, motor langka kuwi 🙂
wis ngebul parah.kurang terawat
wes tau tuku second raider 125 , nek anyare biyen 16.8 juta …. iki motor kok boros bensin e yoh , gawe kerjo keliling sparepart motor pake raider 125 hasilnya ngowosssssss deh , top speed 115 ,nek karo kawasaki zx130 seimbang lah topspeed e, nek tarikane kuat raider sitik , raider kalah irit seko zx130 😀
Yen aku nganggepe yo irit, soale ratau numpak motor irit sih…hehehe
1 liter : 35km lah
lebih prefer si FU125
ktimbang FU150 maksudnya, lebih pas untuk rider pemula (napas lebih panjang, 5 speed), walaupun kalo masalah konsumsi bahan bakar nyaris ngga ada bedanya…..
jual FU125 17 juta dsini, pasti saya masukin jadi the most wanted item
Hehehe…
Yen denger2 dari penunggang FU150, kayaknya lebih boros dari FU125, yen lari tetep kalah, pernah nyoba ngejar FU150 gak kuat, padahal ridernya cewek :p
lebih pas buat pemula om, torsi bawahnya juga lebih kena………..saya lebih pilih FU125 ah, lebih kalem tapi ngga pelan juga 😆
dl pernah ada fx125 dicoba disentul dan diulas tabloid nasional,nah nurut info jg fx125 pernah dijual suzuki lampung
Saya masih punya tuh si FU 125, saat ini baru di ressurection soalnya sempat di “odal-adul” bodinya sma adek saya.
bentuknya emang asik Raider 125 nya sih..
Yuppp, FX125 wagu sekali 🙂
Pernah nyamperin di daeler kecil semarang tak kr Fx125 eh ternyata Grand surya 125 DOHC ,Mesin sama tp kualitas g tau
Material Shogun KEBO , Raider 125 ,Fxr ,hampir 10-11-12 , keras bngt Alias tangguh Stroke jg Sama 48.8mm !
makasih info tambahannya, material motor dulu emang ajib2 🙂
artikel bagus mass,.,. tetep semangat posting
“Prediksi Bebek Sport 150cc atau Next Honda CS1 di 2015”
http://berita-motor-drag.blogspot.com/2014/06/prediksi-bebek-sport-150cc-atau-next.html