Yamaha R46, Motor Yamaha Rossi Edition Yang Paling Saya Sukai…

Bahas Valentino Rossi lagi ahhhhh… 🙂
Di tengah gencarnya rumor kepindahan Rossi dari Yamaha ke Ducati, saya pengen bahas soal Motor Yamaha yang didesain khusus dengan warna khas Valentino Rossi. Yaaaaaa, daripada bingung ngributin keputusan Rossi ntar mau menclok ke tim mana, mending bahas aja jejak Rossi semasa di Yamaha aja. Ya kan? Mungkin inilah salah satu wujud penghargaan Yamaha kepada Rossi dengan membikin motor limited edition yang bercorak “Rossi banget” sekaligus sebagai bukti bahwa seorang Valentino Rossi begitu berharga buat Yamaha meski sekarang ini kedua pihak sedang dirundung gosip perceraian (weleh, udah kayak infotainment :mrgreen: ). Kali ini saya akan coba share salah satu Motor keluaran Yamaha yang diberi livery ala Valentino Rossi yang jadi favorit saya (dulu merupakan salah satu koleksi favorit saya di game simulasi balap motor PS2, riding spirits 2 🙂 )



Adalah Yamaha R6 tahun 2005 limited editon “Rossi Banget” yang lebih dikenal dengan nama Yamaha R46. Seperti yang kita tau selama ini, Rossi mempunyai ciri khas yaitu sebuah lambang Sun and Moon di helm maupun di livery-nya. Dan pada motor R46, lambang tersebut diwujudkan dengan 2 sisi motor yang berbeda di sisi kiri tampak sebuah gambar Bulan dengan background warna gelap dan di sisi kanan terdapat sebuah gambar Matahari dengan background warna kuning khasnya, kalo dalam bahasa Jawa namanya disebut dengan istilah slewah, atau warnanya beda antara kiri dan kanan.

Buat pelengkap saya kasih speknya nihhhhh :

Make Model Yamaha YZF-600 R6 Rossi “R46”
Year 2005
Engine Liquid cooled, four stroke, transverse four cylinder, DOHC, 4 valves per cylinder.
Capacity 599
Bore x Stroke 65.5 x 44.5 mm
Compression Ratio 12.4:1
Induction Fuel injection, 38mm throttle bodies
Ignition  /  Starting DC-CDI  /  electric
Max Power 123 hp 89.7 kW @ 13000 rpm
Max Torque 68.5 Nm @ 12000 rpm
Transmission  /  Drive 6 Speed  /  chain
Front Suspension 41mm inverted telescopic fork w/adjustable preload, compression and rebound damping; 120 mm wheel travel
Rear Suspension Swingarm with fully adjustable single shock w/piggyback reservoir and adjustable preload, compression and rebound damping; 119 mm wheel travel
Front Brakes 2x 310mm discs 4 piston calipers
Rear Brakes Single 220mm disc 1 piston caliper
Front Tyre 120/70 ZR17
Rear Tyre 180/55 ZR17
Dry-Weight 161 kg
Fuel Capacity 17 Litres
Consumption  average 22.4 km/lit
Standing ¼ Mile 11.2 sec
Top Speed 256.6 km/h
Review Motorsport it

Tuh tadi motornya plus spek lengkapnya. Gimana? Keren kaaaaan? Motornya bener-bener limited edition lhoh, Cuman ada 500 unit lhoh yang keluar…

Meski ada yang bilang coraknya terlalu maksa ataupun norak, tapi menurut saya sih tetep keren kok. Mungkin karena saya pendukung Rossi kali ya… :mrgreen: Bahkan dulu sempat jadi inspirasi buat repaint motor Raider 125 ane dulu…

Sayangnya belom sempet repaint udah kejual dulu motornya 😥

Semoga bermanfaat aja, siapa tau ada yang ngefans Rossi pengen nyari inspirasi mau ngecat motornya. 🙂

19 responses to “Yamaha R46, Motor Yamaha Rossi Edition Yang Paling Saya Sukai…

  1. nice share bos…
    btw,,kenapa dijual Raider 125-nya..??
    kan masih kinyis-kinyis :mrgreen:

  2. wah itu secondnya hrganya berapa yak??? :mrgreen: :mrgreen:

  3. Wah jgn2 mo ambil R46 nih hehehe…

  4. 2 taun lalu bosnya temen ane mo jual ni motor, klo gak salah buka harga 200jt..km 6000an…

  5. Msh keren suzuki gsx600 akh

    :mrgreen:

  6. kabarnya ada 2 unit versi rossi masuk indonesia…
    moga beruntung 🙂

  7. Semogah adja yamaha bisa saingi suzuki satria fu

Leave a comment