Test Ride Honda CS1 Teman

Sebelumnya saya sudah bikin artikel soal pendapat saya tentang Honda CS1, hanya selang beberapa hari kemudian saya langsung berkesempatan untuk pertama kali menjajal sensasi naik motor yang bergenre City Sport ini. Kebetulan sekali waktu saya datang ke Konter (wah, jadi ketahuan deh profesi saya) ada seekor Honda CS1 nongkrong di depan konter saya. Usut punya usut itu dalah Honda CS1 punya teman saya yang lagi maen ke konter saya. Tanpa basa-basi kamu ngajak hepi-hepi saya langsung pinjem konci kontaknya plus motornya (iyalah, mosok koncinya tok!) buat saya test ride di jalanan depan konter saya. (temen saya sempat bengong, pasti berpikir mau diapain CS1-ku, jangan-jangan mau ditest ama pohon) :mrgreen:

Sebelum test ride, baca doa dulu, eh, maksud saya liat-liat dulu, gimana sih bentuknya kok bisa aneh. Bentuknya ya kayak gitu, sama kayak CS1-CS1 yang selama ini saya liat di internet maupun di jalanan atau parkiran, cuman kali ini saya tak sungkan untuk melihat secara detail yang namanya Honda CS1 tuh. Oooo, ini toh, motor yang di bulan Agustus produksinya nol. Xixixi… (jangan tersinggung ya, gojek saja) Secara keseluruhan desain udah lumayan, cuman saya pribadi kurang suka dengan windshieldnya yang ketinggian dan terkesan kaku, desain bagian depan yang mungkin kesannya terlalu bertumpuk-tumpuk (mungkin kalo setangnya dibikin kayak Yamaha X1-R jadi keren kali ya) serta knalpotnya yang menurut saya kurang tegas untuk ukuran bebek super. Ini pendapat pribadi lho yaaaaa…

Begitu saya numpak ke atas joknya kemudian saya coba pegang setangya, dua kata yang langsung muncul di otak saya “Bebek banget?” riding positionnya, hampir ndak ada sport-sport seperti namanya City Sport. Lengan sayapun menekuk ketika saya coba merasakan feel riding positionnya. Kayaknya kurang cocok nih buat penggemar motor dengan aura racy yang identik dengan riding position nunduk, mungkin lebih cocok untuk yang berjiwa elegan dan santai. Langsung saja saya nyalain mesinnya, czczczczc.,, Suara knalpotnya kalem sekali, bahkan lebih kalem dari bebek-bebek Honda yang ber-cc lebih kecil, kembali ke urusan selera, ada yang suka suara kalem ada suka yang suaranya tegas, kalo saya sih pasti udah tak amputasi tuh knalpot. Xixixi

Masuk gigi satu dan coba lepas kopling, saya coba sesuaikan dulu dengan karakter motornya, karena berbeda sekali dengan motor saya, RK-Cool. Kalo Cool begitu lepas kopling seperti gak langsung “loncat” alias agak kalem, beda dengan CS1 ini, begitu kopling saya lepas motor langsung merespon dengan sentakan, mungkin pengaruh dari setelah kopling aja. Lalu mulai jalan dan saya coba akselerasinya yang ternyata lebih kalem dari Rk-Cool saya, tetapi nafasnya agak panjang dan halus sekali sehalus suaranya. Masuk gigi dua, sepertinya memang begini karakternya, tarikan halus dan kalem hingga gigi 4 saja coba tetep saya dapetin feel yang sama, panjang, halus dan kalem. Halah, jangan berpikiran kotor lho ya. Saya gak berani “memperkosa” motor orang seperti hobbynya Mas Dnugros :mrgreen: karena jalanan depan konter saya (Bayuanyar) memang sangat ramai dan rawan terjadi kecelakaan, makanya saya hanya mengedepankan riding impression dan sedikit akselerasinya aja.

Dah cukup segitu aja laporan test ride Honda CS1 dari saya, dengan kesimpulan nih motor cukup nyaman buat riding jarak jauh maupun dekat dengan riding position yang gak bikin pegel (kalo ini relatif, tergantung kebiasaan juga sih). Jangan lupa juga performa mesin turunan Honda Sonic yang gak perlu diragukan lagi, pernah saya ketemu CS1 di trek lurus Solo-Jogja mampu mengimbangi V-ixion 150cc meski semua juga tergantung ridernya. Saya sendiri bisa merasakan powernya meski saya hanya mencoba dengan jarak dekat, mungkin di lain kesempatan saya bisa coba test full performanya.

Sekali lagi itu tadi hanyalah pendapat subyektif saya, kalo ada perbedaan pendapat mohon dimaklumi atau silahkan share pendapatnya di kolom komentar. 😉

Semoga bermanfaat 🙂

52 responses to “Test Ride Honda CS1 Teman

  1. Pertamax

  2. Tertarik test ride sembalapku nggak? Kl ente mau perkosa ane ijinin

  3. cs1 pake pertamax kah ?

  4. weleh …
    solar ternyata

  5. Tlg send no hp ke inbox FB, soale rada2 susah cari waktu 😀

  6. pantesan kupingku panas ternyata ada yang ngrasani soal pemerkosaan yak… :- D

  7. CS1 VS MX top speed menang mana y?

  8. kekekekeke….Motor yang baru mak nyus di RPM tinggi…seperti honda sport liyane…..

  9. Setuju bro,
    Mangka ny CS1 saya Visor ny di Coak biar agak terlihat minimalis tp sadis, Di tunggingin (tambah dagink di dudukan mono shock) dan knalpot di ganti racing lokal.

    Soal stang yg bebek bgt justru I like it krn buat jln jauh maknyoss ga ada gejala pegal linu pdhl tinggi saya 185cm. Klo pke stang X1 emang keren di liat tp ga enak di bwa jln jauh…

  10. weh sajake meh ganti sing iki..wkwkwkwk

  11. yoh, chapter solo kita adakan acara test ride motor masing2
    piye, gelem ga?
    Aq HSX115
    adi cool
    sembalap MX
    alvian d-tracker x
    jahe shogun rr
    dnugros vespa pts
    hayo, sopo neh?

  12. Duwur itu jangkung yha,??
    itu sebab ny nickname saya Long’S krn emang badan ny Long alias panjang… ha ha ha
    tp tak mengapa, lahh pemberian tuhan kog masa kita tolak justru di syukuri dan jadikan kelemahan kita sebagai kelebihan yg harus kita manfaatkan.
    (sering dapet piala lomba basket lohh waktu sekolah… he he he)

    Suka Duka seorang biker

    • Iya mas, duwur itu tinggi…
      Kok Mr.Long sih mas? long kan artinya panjang… wah, bisa bermakna lain nih…hahaha… bercanda mas 🙂
      Wah, selisih hampir 20 cm mas sama saya, saya cuma 165cm, tapi tetep bersyukur lah mas, usah diberi kelebihan2 lain.. 🙂
      Btw temen saya dpt CS1 cuma 10jt nih mas 😕

  13. besok coba lg mas bro, shift gear di 7-10rb RPM dijamin deh :mrgreen:

  14. jian motor apik2 kok jarang peminate 😦 tp malahe ga pasaran 😀

  15. bener kan suara knalpote kaya Supra Fit
    @Nurhidayat
    neng jakarta kok njeprah ya, imbang karo Skywave

  16. @mas maskur :
    jian masih terngiang tenan njenengan dulu bilang suarane mirip supra fit :mrgreen: , sekarang mulai banyak yg nyari 2nd’e mas. Beberapa teman brani nebus baru. Janjane nek disawang tenan ngganteng CS1 itu 😀

  17. @ adi n harjunanto
    iyo
    enak’e kapan?
    Nek minggu piye?

  18. aku melu kopdar, tp mung vega r oleh po ra?

  19. @ adicuzzy
    long’s itu nama pemberian guru bhs inggris saya di STM jdi soal panjang apa ny cm dy yg tahu… Xi xi xi

    iya bro, second cs1 emang murah amit, paman saya aza yg pedagang motkas biasa ambil cs1 tahun 2008 akhir seharga 8,5 juta jdi wajar dha pasaran ny ke tangan konsumen 10 juta…

  20. pantat ku terasma panas kalau kelamaan naik cs-1

  21. @prideonline
    coba kang JA disuruh mbonceng mas Dono,apa gak kasus tuh ?

  22. @snalpot
    Wah,ndak brani mas, kecuali yen di sirkuit utawa di habitatku (jl.solo-jogja) brani plothot pol aku.hehe..

    @kentas
    Atur wae lah, insyaAllah melu

    @aryo
    Weh,monggo mas, melu wae, ra masalah, sing penting brotherhoodnya, jangan lihat motornya..oke!?

    @mr.longs
    buahahaha.. 😀
    bahaya nih gurunya, positip thinking aja lah, mungkin panjang tangannya..hehe..
    Itu salah satu alasan kenapa saya jadi agak simpatik ama cs1,murah tapi dpt fitur wah,itung2 drpd beli bebek konvensional

    @om dono-giri
    numpang ketawa aja lah :mrgreen:

  23. kalau saya ganti pulsar, itu karena untuk harian saya nempuh jarak 90 KM lebih, terasa nyaman pake motor laki, guncangan di perut dan boyok tidak terasa saat pakai motor laki, apakah CS1 bisa senyaman ini? tidak melulu CC besar untuk ngebut kok, contohnya saya. memang gak apple to apple bandingin CS1 (eh ini bebek apatau apa ya?) dengan motor laki.

    • Kalo aku sih pake RK-Cool yang penting bisa “cepet” gitu aja, soalnya tiap hari nempuh 70km-an, soal ergonomi tergantung kebiasaan kok, aku pake CS1 apa MX malah pegel…hihihi :mrgreen:
      Nyatanya jalan ke Solo-Jogja PP plus muter2 gak kerasa pegel kayak yang dibilang orang2 soal motor ayago…

  24. Woi tunggu.
    Beat gak di reken nih?
    *mindik2 cari jalan pintas :mrgreen:

  25. Prideonline

    Menurut ane gak cm cs1 aja.
    Naik motor apapun kalo kelamaan ya panas pantatnya..
    Kecuali pantatnya udah gak normal/budeng kayak pantat kera wkwkwkw :mrgreen:

  26. hadiYanta.

    Wah,bisa2 malah kenceng ane makeknya mas. buat jarak jauh,BC rata2 berapa kpj?
    Ane matic imut2 aja rata2 85-95kpj(kadang gaspol xixixi).
    tanya juragan warung ini.
    *eh gak tau ya :mrgreen:

  27. Tadinya ane sanksi.
    Cvt dan velg belakang beat begitu panas saat dipakai.
    Ini baru dalam kota.
    Bagaimana ya kalo bali jogja?
    *pikiran ane apakah ada yg terbakar nantinya? :mrgreen:

    Stelah ane coba 125km pertama nyampe pelabuhan,ane pegang panasnya stabil :mrgreen:

    Lanjut sampe sjauh 250km,istirahat sarapan,ane pegang cvt dan velg, panasnya tetep sama.
    :mrgreen:

    Lanjut sampai total sejauh 680km ,ternyata sama aja..
    :mrgreen:

  28. dibilang lemot juga nggak :mrgreen:
    Di bilang keok ditrek lurus sama bebek,juga gak terbukti.
    Ane mampu nyalip new smash,new jupe,bahkan jupz.
    Juga ngimbangi hsx125.
    Ane gakisa ngejar,tp dia jg gakisa ninggal,alias jarak sama terus :mrgreen:.
    Sama2 topspeednya padahal.
    :mrgreen:
    Bobot 45kg memang curang yah
    xixixixi :mrgreen:

    Nb: cm dilakukan di trek lebar mcm mojokerto jombang.
    Kencengnya sopan :mrgreen:

  29. masukkan buat mas adi klo mau ngetes cs1 :
    gear 1 cukup mpe 8000rpm aja
    gear 2 mpe 9000rpm
    gear 3 mpe 11rpm lebih 1 strip
    gear 4 mpe 10500 rpm
    gear 5 gas pol aja dah
    perpindahan/shifting seefektif mungkin

    nikmatin sensasi tenaga putaran atas n topspeednya,,,bener2 galak dah di gigi 3 keatasnya
    ntar bisa dibuktikan klo mitos cs1 berani sentil2an ma vixi 150cc n ngasepin mx dengan mudahnya di trek lurus…

    oia,,,mxnya cukup diasepin klo cs dah masuk gigi 3 mau ke 4 hehe
    bukan mau ngejunk tp ngasi tips aja…

    tp jangan lawan sonic ama si suzy fu ya….gak ngejar si cs….hehe

    • Hehehe..makasih mas masukannya, tapi saya ndak berani maksa kenceng mas, yang punya motor kayaknya gak iklas diperkosa motornya lagian trek terkenal angker sih… rawan orang nyebrang sruntulan… :mrgreen:

  30. Pingback: Kopdar Kecil KOBOYS Solo di Kompleks Stadion Manahan « THE COOLRIDER'S GARAGE

  31. bravo ulasannya….ditunggu berikutnya

  32. setuju for, mas bebek berpunuk aku pernah test topspeed 114km/h ( tp di motor laen udah lebih) intinya karakter sonic/cs1 / NCB150E hampir mirip, dia keluar tenaga di rpm tinggi, apalagi dibekali karbu vakum, nah disitu harus diurut… kecuali buat NCB serries, tarikan yahud sejak awal 😀 ( tanya aja sama yg udah test ride)

    numpang:

    “more amazing journey” (perjalanan menuju launching byson & scorpio @ savana bromo by 3 mas kentir via pananjakan)

  33. untuk peslip’y kapan keluar’y mas…?????

  34. maaf, numpang komen..
    semua ada kurang lebih nya gan..
    bagi gw milih cs1:
    1. gw ga suka pake motor sejuta umat. hemat nya makin sedikit motor tsb beredar, makin istimewa motor nya, dam mirip kyk limited edition gitu.
    2. keuangan gw mencukupi ( bnyk yg berdalih kemahalan.. ^_^ )
    3. keren abizz.. pas berhenti lampu merah bnyk curi” pandang. walai jujur gw agak kurang `ngeh` sama bagian stang.

    buat honda, close aja produksi cs1 nya mas. biar motor gw makin kerasa limited nya ^_^

    peace

  35. cs1 gw kluaran thn 09, cukup ganti cdi limiter tinggi, kampas kopling racing, karbu PE 28, sama kenalpot racing buatan sendiri udah sering nglibas motor gede, terakhir sama ninja standar masih bisa menang 1 bodi, 201m

Leave a comment