Fitur ISS (Idling Stop System) di Honda Vario 125 ISS, Menjawab Pertanyaan Saya…

Mumpung lagi booming nya Honda New Vario 125 & 150 nih, saya mau bahas soal Vario 125 ISS, bukan mau ikut2an ngereview nih produk baru, tapi saya cuma mau kasih secuil tanggapan saya mengenai satu fitur andalan yang disematkan ke Honda Vario 125 ISS, yaitu fitur ISS (idling stop system).
image

ISS sendiri adalah fitur dimana mesin akan “pause” atau mati sendiri ketika berhenti selama beberapa detik, setelah dipakai berjalan, dan cukup tarik gas untuk menghdupkan mesin lagi. Tujuannya, jelas untuk efisiensi bahan bakar saat kita berhenti sejenak di lampu merah, mau menyeberang, antre di loket parkir, bahkan saat menghadapi kemacetan, agar bbm tidak terbuang percuma untuk mesin idle saat berhenti.

Kebetulan saya sudah setahun memakai Vario 125 ISS punya istri saya (hadiah seserahan pas tunangan dr saya) untuk sebagai kendaraan harian, alih2 mengistirahatkan FXR sementara. So, saya bisa ngasih review ke sodara2 sekalian.
image

Apakah bener2 efektif dan memuaskan, fitur ISS di Vario 125? Saya jawab YA! Saya sangat terbantu dan puas dengan ISS. Ya, terutama saat di lampu merah saya gak perlu matiin mesin untuk menunggu sampe lampu ijo, karena sistem ISS sudah otomatis bantu matiin mesin, dan untuk nyalain mesin tidak perlu tekan tombol starter, atau ngengkol, tapi cukup tarik gas seperti saat akan berakselerasi. Enak kan? Di satu sisi, saya bisa sedikit ngirit bbm, dan di sisi lain saya juga sedikit mengurangi polusi di sekitar saya, itu yang lebih penting. Bisa bayangin/pernah ngalamin, ketika sedang antre di loket parkiran dalam suatu gedung, kondisi sesak di tempat minim sirkulasi udara ditambah semua motor yang antre mengeluarkan polusi karena kondisi mesinnya masih hidup, wow, itu seperti pembunuhan secara perlahan itu bro!

Kalo saya flashback lagi, saya pernah bikin artikel yang membahas soal matiin mesin di saat lampu merah http://adicuzzy.com/2011/10/26/matiin-mesin-saat-lampu-merah-why-not/ . Akhirnya, masalah saya terjawab oleh fitur Idling Stop System di Honda Vario 125 ISS. Fitur ISS sudah membantu saya buat matiin mesin di saat saya berhenti sejenak di manapun. So, meski Honda ngasih opsi buat matiin fitur ISS, saya tetep pilih opsi untuk menyalakannya karena saya suka fitur ini.

Sekian sedikit review soal ISS dari saya, lain kali Insya Allah akan saya review secara keseluruhan impresi saya setelah setahun ber-Vario…

Semoga bermanfaat
Salam Coolrider Fixer

11 responses to “Fitur ISS (Idling Stop System) di Honda Vario 125 ISS, Menjawab Pertanyaan Saya…

  1. ikut ngurangi polusi ya mas..sayang belom punya iss saia 😉

  2. Cuma berlaku di tempat yang berhenti jalannya reatif tetap begitu tempatnya stop n go malah ngerepotin dan bikin aki gak awet….

    • Di tempat saya (solo) kebetulan kondisinya variatif, kadang lancar, kadang stop and go juga, sering dipake luar kota dengan bermacam kondisi juga… aki sudah setahun ini belum ada tanda2 tekor, padahal yg tak khawatirkan itu, soale pas idling, lampu utama tetep nyala terus…

  3. seserahanmu vario??? walaaagh, tak tiru tiru suk wkwkwkwkwk

  4. nek akinya bisa bertahan paling gak 2 tahun worth to buy bgt. toh aki hargane juga gak mahal2 amit.

  5. Wow,seserahan e Vario ungu janda…manteb tenan..sesuk pak dokter opo ya?lml biru ndog kali ya?

Leave a comment