Coolrider Ikut Ngomongin Sisi Lain CS1

Seperti halnya blog-blog roda dua yang tengah ramai membahas motor keluaran pabrikan Honda yang disebut-sebut mengusung genre baru dalam dunia permotoran, Honda CS1 yang tengah jeblok penjualannya, saya juga tergelitik buat bikin artikel mengenai CS1. Tapi saya cuman pengen ngeluarin unek-unek pribadi aja kok soal motor yang sering dijadiin bahan celaan fansboy pabrikan lain, bahkan jujur aja saya sendiri dulu sempat ikutan mencela desain out of the box dari motor-motor yang berkeliaran di Indonesia ini. Hihihi

“Kenapa gak ngeluarin Sonic aja yang jelas-jelas udah punya market di Indonesia?Kenapa malah dipermak mukanya jadi kayak reog gini?ancurrr dahhh” gitulah pertanyaan saya waktu itu. Dalam acara buka bersama KOBOYS yang difasilitasi AHM akhir ramadhan lalu, Pak Tedy dari pihak AHM juga sempat menjelaskan bahwa Honda CS1 adalah hasil riset dari Honda dari masyarakat Indonesia yang bisa dibilang seleranya sangat unik. Satu lagi alasan pemilihan Honda CS1 dibanding Sonic untuk pasar Indonesia merupakan hasil polling yang diadakan AHM. Saya sendiri sempat menanyakan siapakah pihak yang diminta pendapatnya untuk polling, tapi sayangnya Pak Tedy tidak bisa memberitahukan siapakah pihak tersebut karena mungkin merupakan “rahasia perusahaan”. Hehehe… Pak Tedy menambahkan AHM bukan perusahaan kemarin sore yang asal ngeluarin produk tanpa pertimbangan yang matang. Okey-okey saya cuman manggut-manggut aja, sambil menahan penasaran siapa sih yang dijadiin objek polling?

Kenapa sih AHM berani berjudi ngeluarin CS1 daripada Sonic kalo pengen jualannya laku keras. Apakah AHM hanya ingin mununjukkan inovasinya dengan menciptakan produk yang melawan pasar? mmmm… ibaratnya kalo dalam musik, penyanyi lebih mempertahankan idealismenya degnan ngeluarin musik Jazz di tengah pasar yang sedang gandrung dengan musik Melayu-melayu bikin kejantanan jadi layu. Kenapa saya bilang gitu? karena saya juga diam-diam mensurvey ke orang-orang dekat meski tidak dalam jumlah banyak, mereka lebih menyukai desain Sonic daripada CS1 dan mengharap CS1 masuk kesini dalam wujud Sonic, atau paling tidak desain diubah dikit lah. Trus Lihat kenyataannya aja dah, hitung aja populasi New Satria FU dan CS1 kemudian bandingkan! Tapi yaaaaa itu tadi, AHM kan bukan perusahaan kemarin sore, sedangkan saya cuman bikers kecil yang tau dikit soal permotoran…

Yaaaaa… Kesimpulan saya sih, hal yang saya petik pelajaran dari Honda CS1 ini adalah secara tidak langsung, AHM telah menciptakan produk eksklusif yang hanya disenangi oleh orang-orang tertentu dan saya menyukai ini. Kenapa?
-Pertama, Seperti yang udah saya sebutkan di artikel RK-Cool dulu dimana ada suatu perasaan tersendiri ketika mengendarai sebuah motor yang (meski murah) tidak pasaran di jalan raya.
-Kedua, Harga jual pasarannya jadi susah ditebak hingga kadang pemilik Honda CS1 rela banting harga saat ingin menjual CS1-nya. Kapan lagi punya motor dengan kualitas dan fitur khas pabrikan kelas wahid didapat dengan harga murah? (daripada motor-motor yang murah tapi kualitas gak jelas).
-Ketiga, performa, Meski saya tidak pernah secara langsung test ride Honda CS1, tapi melalui penglihatan mata saya sendiri setelah beberapa kali ketemu CS1 di jalan Solo-Jogja, saya bisa merasakan performa CS1 yang denger-denger hanya downgrade dari Honda Sonic ini begitu mantap.
-Keempat, Aftersales, Dulu orang ragu-ragu beli Honda Sonic karena takut kesusahan saat mencari spare part, tapi kini hadirnya CS1 yang dikeluarin langsung oleh AHM, Kecemasan soal dukungan spare part bisa sedikit berkurang mengingat Honda cukup bertanggung jawab dalam penyediaan spare part selama ini. Dan kemarin Mas Alvian supraxx sempat menanyakan soal dukungan spare part, Pak Tedy bilang kalo spare part tetep didukung hingga 7 tahun dari tahun terakhir motor keluar.

Dah cukup sekian aja uneg-uneg saya soal “motor gagal” ini, gak usah panjang-panjang ngomongnya dah, nanti aja kalo ada yang perlu ditanyakan bisa kita diskusikan di post komentar di bawah.
Terlepas saya denger isu dari orang diler, CS1 mau discontinue, trus diganti CBR 125 dan ada orang AHM bilang CS1 mau di-facelift dikit tampangnya, saya gak membahas itu, saya cuman bahas sisi lainnya aja seperti di atas. Kalo soal kedepannya Honda CS1 mau diapain ama AHM biarkan waktu yang menjawab. Oiiii, waktu, jawab donkkkkk! :mrgreen:

Oiya, dapet salam dari Om Edo Rusyanto, Bank Data-nya KoBOI nih yang katanya supply CS1 di bulan Agustus nol. :mrgreen:

salam CS1 nol :mrgreen:

27 responses to “Coolrider Ikut Ngomongin Sisi Lain CS1

  1. Pertamaxxx…

    Masih menggunakan CS1untuk semua keperluan
    Santai sip dan irit…
    Ngebut juga nggak malu²in

    Sip benerrr…

  2. gagal pretamaxx . .yg ane demen dari cs1 cuman posisi mengemudinya.wkk lebi enak drpd mx underbone ane :mrgraan:

  3. Fotoné ugal²an
    Kathik ngawurrrrrr…

    Wakakaka…

    Sori bukan sok suci ya,
    Contoh:
    Sapa sih cowok nggak suka ada LM
    telanjang jalan² sepanjang Malang
    Surabaya?
    Hanya karena kita nggak terbiasa
    aja lihat gitu di negara kita ini.
    Kalo diluar sonokayaknya biasa…
    xixixi

    Ini juga “agak mirip” dengan CS1

    :mrgreen:

  4. foto bawah:antara mbah kung karo putu lanang nyat kudu kompak
    😆

  5. alrozzzi coolrider 2

    :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    hag hag hag… saya ngakak liat pose fotonya… apalagi salam cs1 nol! bener2 nggelitik…

    wes, ndak diubah jadi cbr 125 saja… asal fairing dengan kualitas H, Y, S, atau K saya yakin kualitasnya… sayang saja, sport fairing 125-150cc belum ada… jadi first mover tuugh… kalau dibuat jadi sonic lagi, yakin degh secara perform dan harga pasti pada pilih fu… kecuali difacelift total dan harga turun!

    ➡ coolrider 2 juga sumbang saran neeh…

  6. Harga 16 juta aja…gak usah pake 900, facelit aja deh…bagian depan aja templokin blade,,jual seharga mx…dah kelar persoalan,,,,bebek2 sekalian,,,,sport2 sekalian…mgampang jelas…rugi dikit gpp, revo ama beat dah untung gede, apalgi tirev….

    • Yah, mosok ganti pake Blade…
      Mending dibikin sonic ae lahhh, head to head ama FU lahhh…hehehe
      atapi denger2 faceliftnya cuman dikit tuh ubahannya, kira2 gimana ya

  7. Menunggu moderator….

  8. Nambah hits…

  9. woi… kata siapa tuh… bulan agustus saya jualan cs 1 lho… banyak….

  10. kie lho… kalo jualan cs1 warna gold emang susah.. tapi yang black sama red cepet lho… malah saya nyari barang e ndak ada… pie sek mau jualan…

  11. Setuju bro
    Kapan lg bs punya mtr eksklusif di jln yg murah kaya fitur dr pabrik kelas wahid lg…

    Yayang125.wordpress.com

  12. CS1 dicela sekaligus dicinta,
    :mrgreen:
    Bner tuh dirubah aja jadi tampang blade, ga harus jadi sonic lagi.., terus harganya turunin (IMHO)

  13. mbah dani,iku montor opo mbah?kok lg weruh..

  14. melu urun rembug wae lah sekalian tambah hits yo kang….saran wae a*m ngetokno cbr 150 terus diferensiasi produk cs1 koyo strategi vario-beat-scopy ben tambah akeh.

Leave a comment