Matiin Mesin Saat Lampu Merah… Why Not?

Kali ini saya pengen bahas satu hal yang masih menjadi perdebatan juga di dunia permotoran, yaitu adalah soal matiin mesin saat lampu merah atau sewaktu kereta api melintas terutama di persimpangan yang ada alat hitung mundurnya (opo kuwi jenenge, aku lali 🙄 ) Ada yang bilang dengan mematikan mesin saat lampu merah nyala bisa menghemat bahan bakar, tapi di sisi lain ada juga yang bilang kalo mematikan mesin waktu lampu merah malah jadi lebih boros, aki cepet tekor, spare part cepet rusak, dll.

Tapi kalo buat saya sih gak ada salahnya kalo matiin mesin di saat lampu merah, alasannya simple saja, bukan cuman karena alesan ngirit atau pelit BBM, karena mungkin pengaruhnya cuman dikit dibanding dengan tetep nyalain mesin. Tapiii lebih ke sisi lingkungannya, yaitu emisi gas buang yang pastinya sedikit berkurang jika kita matiin mesin sejenak. Ahhhh, gak ngaruh kaleee… Yaaa itu kan kalo yang matiin mesin kita sendiri doang…

Coba seandainya aja kalo motor disamping kita, didepan kita sekaligus di belakang kita atau bahkan semua yang sedang berhenti di lampu merah ikut matiin mesin semua, bukannya tambah lagi kan? Hehehe… Segala sesuatu kan sebaiknya dimulai dari diri sendiri… iya kan?


Maklum ya, semakin hari semakin bertambah saja populasi kendaraan di jalan raya Tanah air kita ini, tidak dapat dipungkiri itu. Seiring dengan bertambahnya kendaraan semakin bertambah pula kan tingkat emisi di udara negeri ini? Apalagi ditambah dengan cuaca yang akhir-akhir ini begitu Hottt, fiuhhhh, nunggu lampu merah aja serasa dibekap di dalam kantong plastik. Sumpeeeekk… Saya ingat duluuuu banget mungkin saya masih SD, di televisi ada sebuah iklan pesan masyarakat yang intinya menyarankan kita agar mematikan kendaraan sewaktu berhenti di palang kereta api demi mengurangi pencemaran udara…

Tapi kegiatan mematikan mesin saat lampu merah ini juga harus diimbangi dengan beberapa faktor pendukung, tentunya harus didukung dengan kondisi mesin yang fit, adanya electric starter, aki tokcer, kepadatan antrean, serta lamanya kita berhenti, liat-liat sitkon lah. Kalo aki lagi tekor atau bahkan motornya tidak dilengkapi electric starter ditambah mesin susah nyalanya kemudian dipaksa matiin mesin, bisa lumayan gempor tuh kaki mancal kick starter kalo pas perjalanan ketemu 50 lampu merah :mrgreen: Trus liat juga sisa waktu yang ditunjukkan oleh papan countdown, kalo masih 60 detik ke atas an lumayan tuh bisa ngurangin sedikit emisi.

Intinya, monggo lah gak ada salahnya kalo mau matiin mesin saat kena lampu merah atau pas melintasi rel kereta api, coba dilandasi dengan niat baik dan tulus untuk mengurangi emisi insya Allah pasti dihitung amal juga. Hehehe… Kalo masalah lebih boros, aki cepet soak, spare part cepet rusak ya itu dianggep ngamal saja lah yaaa… 🙂 (Jujur saya cuman kadang-kadang doang matiin mesin, cuma di suatu kondisi aja… xixixi… :mrgreen: )

Sekedar ngajak berdiskusi saja, Lebay gak sih pendapat saya ini? Mbuh lahhh… hahaha… 😆

Salam coolrider fixer

pict nyolong from tmcblog.com

31 responses to “Matiin Mesin Saat Lampu Merah… Why Not?

  1. Aku yo sok ngono..yen sepure suwiiiii…….pateni wae.
    Nguripkene gur kari mencet kok…jreng..

  2. extraordinaryperson

    yah…emisi motor gak seberapa…harusnya mobil juga…apalagi bus kota

    tapi yasudahlah…kalo diatas 300 detik ak matiin

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  3. Kalau pakai matic honda lebih gampang matiin mesin. Tinggal turunin standar samping mesin langsung mati, trus standar langsung dibalikin lagi.
    Aq selalu matiin mesin sampai detik ke 10.
    Go Green…

  4. bisa kena 2-3 kali lampu merah je…….. padahal dah di depan mata! gimana mau matiin maju aja tdk bs

  5. Matiin mesin terus merokok sambil nunggu lampu merah juga boleh! hehehe

  6. Kata orang2 namanya countdown timer… 🙂
    Kalo pake PCX otomatis mesin langsung mati 😀

  7. setuju mas. gogreen dan hemat subsidi bahan bakar

  8. setuju…ane juga udah tulis himbauan gini beberapa waktu lalu.. 😀

    dan buat yg kontra, selalu ada 1001 alasan gak masuk akal buat bela alasan mereka…

  9. 120 detik nggak matiin mesin????wooooooooo, panas

  10. ya akunya setuju tuh kalo kita sedang dilampu merah bagus ju7ga tuh kalo matiin mesin kendaraannya!!!
    soalnya selama ini bnyak banget kendaraan yang seenaknya ajha kalo ada dilampu merah..
    mreka bukannya membuat suasana yang lebih aman malah berusa ingin berbalapan dan menarik gas kendaraan sehingga kendaraan yagh berasap, asapnya keluar dan mengganggu ketenangan pengendara yang lain!!!
    tolong deh lebih teratur lagi..

  11. cerdas..

  12. setuju, kadang2 klo waktunya masih lama, saya juga gitu :mrgreen:

  13. setuju gan,ane biasanya juga matiin mesin motor tetapi dengan catatan jika lampu merahnya lama,apalagi yang tulisannya “99” dan tidak bergerak wkwkwkwk….salam gan 🙂

  14. kalo lamer nya udah pake timer ane matiin mesin… jadi di detik 60 sebelum ijo ane nyalain lagi sebagai pemanasan dan pelumasan sebelum berlari lagi

  15. boros stater sama aki oom 😯

Leave a comment