Laser Bisa Gantikan Busi Pada Mesin Lho…

Yap, selama ini kita tahu di dalam suatu mesin, baik pada mobil maupun motor (berbahan bakar bensin) terjadi sebuah pembakaran, dimana langkah-langkahnya dibagi menjadi langkah isap, kompresi, usaha dan buang. Dalam langkah usaha diperlukan suatu pemantik api untuk membakar campuran BBM (udara+bensin). Nah, yang kita ketahui selama ini komponen yang bertugas memantik api tersebut dinamakan Busi atau spark plug.

Ngomong-ngomong soal busi, saya baca dari BBCnews, para peneliti mengemukakan bahwa pekerjaan busi sebagai pemantik api pada mesin bisa digantikan oleh sebuah laser! Sebuah tim di Conference on Lasers and Electro-Optics akan memberikan laporan bahwa mereka telah merancang sebuah laser yang dapat membakar campuran udara dan bensin pada sebuah mesin pada tanggal 1 Mei mendatang. Mereka yakin dengan laser efisiensi pembakaran mesin akan meningkat, serta dapat mengurangi polusi dengan kemampuan membakar lebih banyak campuran BBM. Sedangkan jika memakai busi, busi hanya dapat memercikkan api di celah busi saja, sehingga mengurangi efisiensi pembakaran, serta material logam dapat mengikis busi secara perlahan seiring usia pemakaian.

Nih, percikan api pada busi cuma di celah busi aja

Sebuah tim khusus dari Jepang dan Rumania telah mendemostrasikan dalam sistem tersebut dapat memfokuskan dua atau tiga sinar laser ke dalam silinder mesin pada suatu kedalaman variabel. Namun perlu diingat juga bahwa untuk melakukan pembakaran juga diperlukan sinar laser yang tinggi, seperti halnya pada busi yang juga memerlukan energi yang tinggi untuk melakukan pembakaran.

Kini Tim ini sedang dalam diskusi untuk mengkomersilkan teknologi laser ini dengan salah satu perusahaan busi mobil ternama, Denso. Nah, sekarang tinggal kita tunggu saja perkembangan selanjutnya, akankah motor-motor yang kita pake kelak bakal memakai teknologi laser juga untuk menggantikan busi sebagai pemantik api?

Semoga bermanfaat
Salam coolrider fixer 🙂

9 responses to “Laser Bisa Gantikan Busi Pada Mesin Lho…

  1. nice info mas :mantap:

  2. misal jadi diaplikasikan harganya mahal

  3. sip mantap infonya, jangan lupa link saya diganti pake yang ini mas, mkasih 🙂

  4. khitan juga pake laser lho? 😆

  5. mantap, ditunggu inovasi busi pake laser… pasti geger sa jagat.

Leave a comment