(Nostalgila) Gemini “Banpres” BOSS 80cc, Ada yang Pernah Lihat/Ingat Motor ini???

Halo, dulur!!!
Pripun kabare? Penak Jamanku tooo? Halah… Hahaha… pasti pada ingat tulisan2 di bak truk yang selalu disandingkan dengan mantan pemimpin kita dahulu. Yah, meskipun beliau banyak meninggalkan kasus2 yang hingga kini mungkin masih diperdebatkan, tak bisa dipungkiri rakyat kecil jaman dulu hanya tau perasaan “penak” (nyaman, aman, murah) ketika di bawah pimpinan beliau, meskipun pada kenyataannya jaman dulu rakyat juga tidak hidup dalam gelimang harta.

Dan beberapa hari yang lalu saya menemukan salah satu sisa peninggalan jaman Pak Harto yang sampe kini seolah menjadi saksi bisu bahwa beliau juga peduli terhadap rakyatnya. Apakah itu?

Tadaaaaa….
DSC_0536 (Medium)
Waaahhh, ternyata sebuah sepeda motor berjenis trail bermesin 80cc yang ber-emblem “Gemini” di tangkinya. Sepeda motor ini adalah milik juragan sebuah rumah makan terkenal di dekat konter saya, yang baru di test oleh mekanik bengkel sebelah. Wah, baru sekali dengar nama motor kayak nama HP, Gemini :p
DSC_0534 (Medium)
DSC_0544 (Medium)
Sedikit info yang dapat dari mbah google, Gemini adalah pabrikan motor asal Taiwan, terlihat juga dari tulisan blok mesinnya. jenisnya adalah Gemini BOSS 80 berdasarkan di brosur yang saya dapet dari hasil korek2 di internet. Gemini BOSS 80 merupakan motor bergenre trail dengan dimensi yang bisa dibilang kecil. Gak perlu jinjit apalagi harus manjat dingklik untuk menaikinya. Desainnya khas trail taun 70-80an, yang unik adalah knalpotnya yang melintang di sisi kiri motor. Gemini BOSS ini saya sinyalir merupakan seri lain dari mini trail yang bernama Gemini SST 80, yaitu trail dengan ban berdiameter mini namun gambot.
GEMINI-BOSS-80-Dont-Ask-Off-Road-6-5-13
pict from http://www.off-road.com/images/content/GEMINI-BOSS-80-Dont-Ask-Off-Road-6-5-13.gif

a3f160d0
pict from. http://jleibovitch.tripod.com/a3f160d0.jpg

Seperti namanya Gemini BOSS 80, pastinya BOSS satu ini menggendong mesin berkapasitas 80cc 2-strokes. Dilihat-lihat sih mesinnya dan rangkanya mirip Yamaha GT 80. Dari salah satu penjual di sebuah iklan, yamaha beli rangkanya Gemini BOSS 80 ini untuk Yamaha GT 80, entahlah untuk mesinnya ikutan di beli apa gak, sepertinya sih nggak ikutan dibeli dilihat sekilas dari bentuk fisiknya. Meskipun merknya Gemini terdengar awam saat ini, gak sembarangan lho ini kualitasnya, buktinya udah puluhan tahun nih motor, salah satunya yang saya temuin masih dalam kondisi sehat walafiat dan part-partnya masih utuh. Hanya spatbor depannya saja yang sudah diganti dengan spatbor variasi yang lebih panjang.
5b31e960
YAMAHA GT 80 pict from http://jleibovitch.tripod.com/5b31e960.jpg

Oiya, Kenapa di judul saya tulis Gemini “Banpres” karena memang di surat kepemilikannya ditulis Gemini Banpres, yang mana “Banpres” adalah singkatan dari “Bantuan Presiden”, untuk menandai bahwa ini motor adalah merupakan bantuan dari presiden kepada rakyat di sekitar tahun 1980-an, untuk lebih jelasnya rakyat mana yang diberi bantuan (entah petani, pak lurah, pak camat) saya kurang tau, karena saya kurang dapet sumber sejarah yang akurat, selain itu saya juga belum lahir pada saat itu:mrgreen: . Saya coba googling juga gak nemu informasi yang lengkap soal peredaran Gemini Banpres di Indonesia. Mungkin disini ada yang punya Bapak atau Mbah yang pernah jadi saksi nih motor ngaspal dijalanan atau merupakan bantuan dalam rangka apa gitu?

Yah, meskipun kurang detail info dari saya, semoga bisa menambah sedikit pengetahuan tentang sepeda motor yang pernah ngaspal di tanah air ini, apalagi sebuah “kenang-kenangan” dari mantan pemimpin negeri ini. Monggo pecinta motor langka, lumayan nih buat koleksi di garasi. Hehehe…

Mejeng duluuu
DSC_0541 (Medium)

Semoga bermanfaat
Salam COolrider Fixer🙂

16 responses to “(Nostalgila) Gemini “Banpres” BOSS 80cc, Ada yang Pernah Lihat/Ingat Motor ini???

  1. woh, sing mbok critakne kae mas😮

  2. wow….tinggalane mbah harto

  3. motor langka dan bersejarah iki😀

  4. Suzy ne py kabare?sih penak pora koyo jaman semono?

  5. cucunesimbah

    koper boy

  6. bantuan presiden..:mrgreen:
    mungkin ada subsidi langsung dari pak presiden kala itu😎

  7. Saya juga pernah ketemu Gemini yg setipe Yamaha L2G kalo ga salah (agak lupa)
    kebetulan Saya punya part motor Yamaha nya….
    di borong ama owner gemini nya buat suku cadang dan sama plek og….
    cm di emblem tangki ama shock belakangnya yg beda dimensi….

  8. belum pernah . tapi pernah liat motor yg kayak cb tapi digenjot opo hayo

  9. This is a great tip especially to those fresh to the blogosphere.
    Short but very precise info… Appreciate your sharing this
    one. A must read post!

  10. I have learn some excellent stuff here. Definitely price bookmarking for revisiting.
    I surprise hoow a lot attempt you put to create the sort of fantastic informative web site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s