Tanpa Fitur Ambles, Yamaha Scorpio-Z Lawas Sebenernya Sudah Cakep Kok

Kalo saya ngomong dengan kata kunci “Klingon” dengan para bikers yang akrab dengan dunia maya, pasti semuanya langsung teringat pada motorsport dengan kasta tertinggi pabrikan Yamaha, Yamaha New Scorpio-Z yang headlampnya memiliki lampu kecil hingga mirip kepala Klingon. Demikian juga kalo kemudian saya bilang kata kunci “ambles” pasti pikiran biker juga langsung menangkap motor Yamaha Scorpio-Z, karena memang julukan ambles sudah terlalu melekat dengan si Pio yang malang ini.

Nah, ngomongin soal kalajengking ini, kemarin saya pas ke kampus ketemu Scorpio Z lawas (sebelum facelift) dan dari lubuk hati paling dalam bilang kalo sebenarnya Yamaha Scorpio-Z versi lawas alias yang bukan Klingon termasuk punya tampang cakep dan gagah lho. Tapi ada syaratnya dulu… yaitu Fitur “AMBLES”nya kudu dihilangkan dahulu. Yup, tak dapat dipungkiri salah satu faktor yang benar-benar merusak penampilan Scorpio Z adalah karena shock belakang yang ambles sehingga menyebabkan buritan juga ambles dan seketika kesan gagah pun hilang dari si Kalajengking ini. Bahkan saking amblesnya, Pio malah nampak seperti motor klasik dengan desain jok datar.

Padahal seandainya saja Scorpio-Z terbebas dari penyakit amblesnya, Scorpio tampak sporty, macho dan gagah lhoh. Apalagi kalo shock belakang sedikit ditinggikan, mantabbb men. Tak perlu di facelift dengan New Scorpio Z aka si Klingon pun sudah cukup bagus kok. Ditambah pula performa menyengat hasil enjin berkapasitas 225cc Scorpio-Z yang merupakan turunan dari Yamaha XT250 juga gak perlu diragukan lagi ketangguhannya hingga sanggup memuntahkan power sebesar 19PS. Tak heran deh, di jalan raya sering jadi lawan tangguh Suzuki FXR150 (meski tetep saja ujung-ujungnya menang FXR) Hehehe 🙂

Jadi kesimpulannya, Sebenarnya tampang Yamaha Scorpio-Z lawas pun sudah cukup cakep seandainya tidak terganggu oleh amblesnya shock belakang. Buat yang pengen punya tunggangan gagah namun duitnya kagak cukup, monggo tebus saja rondho Scorpio Z lawas yang mungkin berada di kisaran harga 9-15 jutaan (tergantung kondisi dan tahun), kemudian tinggal memodifikasi shock belakang saja menjadi sedikit nungging sudah muantab kok. 🙂 Seperti ini nih salah 2 contohnya 🙂

Nih, sedikit spesifikasinya :
Tipe mesin Yamaha Scorpio adalah 4 langkah.
SOHC pendingin udara dengan diameter x langkah : 70 x 58 mm.
Volume Silinder : 223 cm dan Perbandingan Kompresi : 9.5 : 1
Susunan Silindernya Tunggal Tegak
Jenis dan Sistem Pengapiannya DC-CDI.
Kopling adalah Manual basah dengan Gigi Transmisi 5 kecepatan dan Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5.
Rem depannya adalah cakram double piston sedangkan rem belakangnya tromol.
Dimensi : PxLxT : 2020 x 770 x 1090 mm.
Sistem Starter : Kick & Electric.
Daya Maksimum : 19 PS/8.000 RPM
Torsi Maksimum : 1.86 kgf.m/6.500 RPM.
Kapasitas tangki bensinnya : 12 – 14 liter.
Generasi Kedua : 12 liter.
Generasi Ketiga : 13,5 liter.
Generasi Keempat : 14 liter.
Generasi Kelima : 13 liter.
Kapasitas Oli mesin : 1400ml
Tipe Karburator : MIKUNI BS30 x 1
Tipe Baterai : GM7B-4B
Tipe Busi : NGK / DP8EA-9
Berat chassis/rangka adalah 125 kg dengan Tipe Double Cradle.
Panjang x LEbar x Tinggi : 2025mm x 765mm x 1095mm
Jarak Sumbu Roda adalah 1295 mm dan jarak ke tanah 165 mm
Tinggi Tempat Duduk adalah 770 mm.
Berat Isi : 141kg
Suspensi depan bertipe teleskopik sedangkan suspensi belakang bertipe monocross.
Ukuran Ban Depan adalah 80/100-18-47 P sedangkan ukuran ban belakangnya 100/90-18-56 P.

Semoga bermanfaat
salam coolrider fixer 🙂

42 responses to “Tanpa Fitur Ambles, Yamaha Scorpio-Z Lawas Sebenernya Sudah Cakep Kok

  1. Di modif Touring Style Scorpio lawas Ajib banget!

  2. Kalo aku seneng yang Scorpio tanpa Z. rx king banget

  3. setuju..emang harus di tinggi’in tuh monoshock nya 🙂

  4. Tambahin RDB makin gagah..

  5. waaa, kata ‘AMBLES’nya di ulang-ulang Sampai 10 kali…

    *sebuah penekanan Keto e kii,, AMBLES.. 😀

  6. progal progal, desain gagal, bautpun produk gagal…

  7. lebih parah lagi, yang bikin ambles bukan sokbreker tapi rangkanya..

  8. kurang lawas tuh scorpionya bro. mestinya yang tangki dan lampunya masih kotak plus airscoop.

  9. lebih memilih rx king…

    scorpio : getaran tinggi, ambles, tangki kurang besar

  10. mending diubah jadi stereo aja..beress dah :mrgreen:

  11. extraordinaryperson

    seandainya ymki langsung bertindak

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  12. bener, shock ditinggiin, ganti velg castwheel tapak lebar udah terlihat keren

  13. sama fitur vibrrator diminimalisasi makin okeh tuh

  14. yang baru aja masih amblessssssssssssss

  15. setuju

  16. harga secondnya nyungsep banget.
    klingon tahun 2010 harga secondnnya lebih murah dari vixion tahun 2008 lho…

  17. eh sori maksudnya Scorpio Z non klingon.

  18. baru jualin punya temen tahun 2007 masih lumayan kok laku 6,5 juta

  19. Wah brarti masih mending NinjaR150 dong pasaranya ditempat Ane aj th 2006 kondisi 90% hrganya nyampe 16jt ,itupun ditawar penjualnya gak mau nglepasin bro. Lebih terjangkau Scorpio intinya.

  20. desaign body scorpio bukan untuk pamer atawpun apalah.
    scorpio hanya di design untuk touring jarak jauh dengan kecepatan tinggi.
    maka dari itu di design bidy seperti itu.

  21. gan .
    sya juga punya scorpio z .
    sya hampir bisa mengalahkan ninja yang 4 tak .
    pas saya lihat itu nyampe angka 170 km / h .
    sya ga tau .
    itu asli apa bukan .
    yang jelas km nya nunjukin segitu .

  22. wkt di jl sy lht scorpio mz ko agak mungil tp tetep keren jd pengen beli

  23. lw si pio 07 ane dh paz bro – gnti breaket blakang biar agk nungg!ng ,ban blkg 120/70.dpan 90/80,trz ksh syap dah ,ajib bro – gx kalh ma mtor bru,

  24. Headlamp turunin,sok dpn jg,stang lurus,mantap!

  25. wong deso gak pernah ngerti perbengkelan, taunya protes amblas melulu !! YANG PENTING MESINNYA COY !! SUPER TRAIL PERFORMANCE !!

  26. ambles :p

  27. 6 tahun lalu ane bercita2 punya pio tapi gak punya duit lalu tahun 2012 kesampean beli….dan memang ini motor memuaskan banget mau kata ambles, klingon ato apa kek yg penting ganteng en OK ! ngarti ora ! semakin ambles semakin cinta !. Malah bagus, emak ane udah tua kalau mau dianter kepasar ngebonceng motor nungging susah. Jadi ambles gini udah bagus

  28. scorpio josss
    performany mantap…..
    g nyesel beli motor ni

  29. tengkyu gan informasinya sangat membantu nih buat referensi 😀

Leave a comment