Motor CBU Sering Jadi Korban Tuduhan “Motor Cina” Oleh Orang Awam…

Yeah, saya kembali menyentuhkan jemari ke keyboard untuk nulis artikel di blog ini setelah sekian lama “suwung” karena laptop KO lagi, saya mulai dengan artikel ringan2 aja ya…

Kali ini saya mau bahas sebuah fenomena kecil seputar motor CBU yang merupakan singkatan dari Completely Built Up, ato sebutan bagi motor yang dijual disini namun didatangkan utuh dari luar negeri. Ada apa dengan motor CBU? Yaaa, ini berdasarkan dari pengalaman saya sudah mencicipi 3 motor CBU dari Suzuki, yaitu Suzuki Raider 125, Suzuki RK-Cool dan Suzuki FXR150, dan juga pengalaman rekan-rekan yang kebetulan juga pernah menunggangi salah satu dari 3 motor tersebut.

“Motor Cina ya Mas?”. Sekiranya itulah pertanyaan yang sebenarnya pertanyaan orang yang bener-bener gak tahu tentang motor-motor CBU yang beredar terbatas disini, namun kadang juga agak “nyelekit” di telinga juga. Lha piye, mosok motor CBU yang rata-rata mempunyai kualitas material jempolan plus performa garang ditambah eksklusifitas karena populasinya yang terbatas ato istilah kerennya “limited edition” itu kok dituduh sebagai mocin yang dikenal reputasinya sebagai tukang jiplak? Apalagi kalo ditilik dari segi kualitas yang jempolan dan performa motor CBU yang biasanya lebih garang dari motor pasaran yang dibikin di dalam negeri. Hehehe…

Yah, fenomena seperti itu bakal masbro alamin kalo kebetulan melihara motor CBU yang dijual disini dalam jumlah terbatas, dari beberapa sharing teman sesama Coolrider, tunggangan mereka mengaku pernah “dituduh” sebagai motor cina, memang wajar juga karena Suzuki RK-Cool mempunyai keunikan tersendiri yaitu tidak ada tulisan identitas pabrikan SUZUKI di mesinnya, so bagi yang memang kurang mengikuti perkembangan soal produk2 motor, pastinya bakal bertanya-tanya bahkan sampai menyangka RK-Cool adalah Motor Cina.

*pict dari komunitas Raider 125 Kaskus

Contoh lain yang saya alami sendiri, saat saya masih nunggang Suzuki Raider 125 ketika saya masih duduk di bangku sekolah dulu, saya denger obrolan adik kelas sambil nunjuk2 Raider 125 yang kebetulan saya parkirin di luar, waktu itu dia ngomong ke temennya “itu kan motor Dayang, motor Cina itu lhooo”. 🙄 Heran juga kok bisa dibilang Dayang, padahal jelas2 secara fisik mesinnya aja mirip Satria FU, tulisan pabrikan SUZUKI pun nemplok di mesin. Pun juga dengan Suzuki FXR150 yang tak luput dari “tuduhan” sebagai motor Cina dari orang awam, mending-mending dibilang Thunder Modif, parahnya FXR pernah dibilang Minerva oleh pacar temen, pernah juga dibilang Dayang sama orang di jalan. Hrrgggghhh… Cuman bisa mendongkol dalam hati “Ini Suzuki FXR150 coy, si motor sport DOHC 4-valve 20HP yang legendaris dari Suzuki coy, bukan motor Cinaaa”

Yaaa, mau tak mau itulah resiko punya motor langka dan gak pasaran tentunya, karena tidak semua orang tau tentang adanya motor-motor yang masuk secara CBU entah secara resmi dari pabrikan ato beli via IU. Tapi meskipun kadang bikin dongkol, kalo kita tanggepin dengan positif ternyata lebih menyenangkan. Selain kita bisa tau sejauh mana pengetahuan seseorang orang tentang dunia permotoran, juga sedikit terselip perasaan bangga bahwasanya tunggangan CBU yang kita miliki memang eksklusif hingga orang-orang awam gak tau identitas motor kita sampai menyimpan rasa penasaran di benak mereka. So, Apapun kata orang, Berbanggalah buat yang punya motor CBU, Cause You’re special!

Salam Coolrider Fixer 🙂

50 responses to “Motor CBU Sering Jadi Korban Tuduhan “Motor Cina” Oleh Orang Awam…

  1. yg penting beda :mrgreen:

  2. hanya bisa mengagumi tanpa bisa memiliki #dilemaCBU :mrgreen:

  3. pulsarku yo pernah dkira mtor cina smpe ada yg mau ngadu sama hsx125, wkwkwk
    jangankan hsx, tigor ae tak layani,xixixi.
    trus yg satu emang mocin tp ak sante wae, sing penting exclusive B-)

    #eh, CPI taiwan ding, eh, tp cedak cina, eh, tp… mboh lah, pkoke exclusive :mrgreen:

  4. 😀 Dituduh motor Minerva..,abaikan sajah..,

  5. Isih ngiler karo, Cool! aku.

  6. Ini tulisan kok gambarnya MOCIN semua :mrgreen:

  7. hehe ya maklum kalo sama orang awam gan,, 🙂

  8. Kalo Champ nya Yamaha itu masuk kategori CBU nggak yah ?

  9. Ihiiiirrr…. yang punya pulsar special juga donk..

  10. yg CKD juga bro..pernah saya ditanya gini
    ”mas ..bodi nya(baca:fairing) modif dimana?”..
    ..
    😆
    ..
    Ckckckckck 😆

  11. galah pengering

    nggak usah yang CBU lah, lha Hayate saja masih dikira motor cina kok

  12. ini motor cbu ya mz- cbu cina

    hahahaha
    #kamplengisisan

  13. extraordinaryperson

    gak usah ditanggepin xixixi

    http://extraordinaryperson.wordpress.com

  14. loh lampu depannya rk cool sama kayak lampunya titan yah?

  15. robotic_munky

    saya malah pake cbr150 old, apa ga dikira minerpah tuh? 😀

  16. hahaha.. efek image mtor china msh blm hilang..

  17. kalo ada maling……
    ah cuma mocin buat apa….? (ga jadi diembat/aman….) xixixiiii……

  18. untung saya pake motcin 😛

  19. fxr 150 tu motor idaman yg kluar di waktu yang salah…coba klo kluar skarang…hmmm…bisa beda kayaknya…

  20. gambar paling bawah motor impian ane pada waktu smk, inget livery motogp telefonica movistar warnanya khas

  21. Temenku yang pake Suzuki Arashi aja sering juga dikira motcin 🙂

  22. Desmosedici RR temen ane juga disangka mocin :mrgreen: … wkwkwk … serius :mrgreen:

  23. bebefreaks solo spirit of java

    bener bro rk cool q jg d sangka motor cina sama orang dephub pas brenti d daerah jawa timur secara d jawa timur motor CBU jarang banget kaya rk cool

  24. Klo lg sedang pake Fxr malah d remehin tigor ! Betot gas separuh udah g kelihatan tuh simacan picek !

  25. Tiara saya juga demikian ..kasian ..kasian ..kasian ..
    Motor exotic dibilang mocin ..

  26. wek…e…e……neng candi ceto….sragen ra ono kanco fxr seng nduwe mek aku tok

  27. gmbar paling bawah emang paling sering dibilang thunder modif.
    saban hari pake fxr dlm sebulan belom tentu ketemu kembarannya dijalan.

  28. permisi minta info oli mesin untuk raider 125 spesifikasinya apa ya?
    Terima kasih untk infonya

  29. jadi kesimpulannya.. motor aneh=motor cina… wkwkwk.

  30. FXR………..
    tiap ketemu orang paling sering disebut thunder modif, satria modif rangka, malah saking paranhnya ada yang sebut Shogun Kebo Modif

    hahaha

  31. cari keteng raider125, dmn ada ya>>??? klo ada info tolong sms saya di 08970725047

  32. Motor bebek yg bisa mengimbangi bahkan bisa mengalahkan motor sport ,yaa hanya FU 150 cc ,, hee heee Gasssss Poll ==>

  33. jangankan motor legenda Suzuki si FXR,P220 ane aja di tempat cimot di tanya “Honda apa mas”??

  34. berarti pulsar ane sekarang jadi barang exclusive dong?
    Secara dealernya udah pada bubar semua….

  35. pengalaman ane nih !!
    sebelum ane punya motor CBU , ane punya dulu F1ZR ,ane jual tuh trus ane beli yamaha Tiara S , eh kata temen d sangka motor f1zr ane d modif SATRIA FU ,padahal yg f1zr udah ane jual , ane suruh test aja tuh temen ane , baru tuh dia nyadar perpindahan giginya beda ! wkwkwkk

Leave a comment