Spion Lipat, Inovasi Apa Blunder…???

Sebenarnya nih artikel udah lama nyangkut di draft, cuman males ngedit aja dadi penghuni lama di draft, yaaa, Bisa dibilang ini adalah lanjutan dari artikel tentang spion kemarin


Okey, sekarang saya mau bahas fenomena yang akhir-akhir ini tengah ngetren, terutama di kalangan pengendara 2 motor yang sedang bersaing di kelas sport premium 250cc, Kawasaki Ninja 250R dan Honda CBR 250R (rata-rata lebih sering lihat fenomena ini pada the premium alay bike, Ninja 250). Bukan masalah penjualan apa performanya yang mungkin sudah jadi bahasan jamak blogger-blogger lain sebelumnya, tapi adalah fenomena spion lipat yang kebetulan Ninja 250R dan CBR250R mengaplikasikan model spion yang bisa dilipat setiap saat sehingga bisa lebih ringkas.

Bisa jadi sebenarnya tujuan pabrikan mendesain spion seperti itu, mungkin karena mengingat dimensi kendaraan 250cc tersebut cukup lebar layaknya moge, spion pun jadi seperti “terlentang”, sehingga di suatu kondisi TERPAKSA spion pun kudu dilipat untuk mencegah senggolan dengan suatu benda atau kendaraan lain, seperti saat parkir ataupun saat masuk ke gang-gang sempit.

Namun yang namanya orang Indonesia yang emang sudah terkenal kesaktiannya sejak jaman “tutur tinular” tetep aja gak memerlukan apa yang sudah diperhitungkan oleh profesor-profesor hebat yang mendesain Ninja 250R dan CBR 250R, yaitu spionnya yang bisa dilipat ringkas tangkainya. Seriiiing sekali saya liat di jalan tiap ketemu Ninja 250R, saya lihat spion mereka ditelungkupkan. Begitu pula dengan CBR 250R, saya pernah sekali melihat CBR250R juga ditelungkupkan spionnya.

Mungkin beberapa alasannya adalah :
– Entah memang ridernya sudah sakti jadi gak perlu spion.
– Spion terlalu lebar sehingga kurang enak diajak selap-selip kemacetan. (Selap-selip kok pake motor 250cc?)
– Mengganggu penampilan, kalo dilipat terlihat lebih sporty. (padahal podowae)

Mmmmm, bener gak 3 alasan yang saya sebut di atas?
Sungguh sayang sekali yah, motor sekeren dan semahal Ninja 250R harus berkurang nilai keamanannya karena spionnya dilipat oleh sang rider. Lagi-lagi kita kembali ke masalah kesadaran biker negeri ini akan fungsi spion, makanya saya kemarin bilang sebelum men-judge Ninja 250R sebagai motor yang sering tidak difungsikan dengan berbagai alasan saya pengen bahas masalah kesadaran pengendaranya dulu. Saya jadi mikir juga, kok desain spion pabrikan yang sudah dibikin sedemikian rupa untuk memberi kenyamanan malah disalahgunakan oleh rider?

Apa lebih baik spion motor-motor premium sprot tersebut dibikin paten dan kaku biar kagak diusilin, dilipet-lipet oleh pemiliknya?

Seperti pada tunggangan saya, Suzuki FXR150 yang spionnya dibikin paten dari pabrikan sono, tidak bisa dilipet-lipet, alhamdulillah selama ini fine2 aja meski lumayan “terlentang” juga.

Usul buat Kawasaki dan pabrikan lain, ke depanya kalo ngeluarin sport sport fairing, lebih baik spionnya dibikin paten alias yang gak bisa dilipet saja. Setidaknya biar si pemilik/pengendara “terpaksa” tetap memfungsikan spionnya,Coba aja kita pikir, kalo spion kita terlentang pastilah kita pikir2 seribu kali untuk berkendara seruntulan selap-selip, apalagi kalo kita naik motor ber-cc di atas 250cc. Mosok udah berekonomi mapan juga masih punya jiwa labil/alay soal perilaku berkendara sih? Betul gak? Yuk, sadar penggunaan spion yuk 🙂

Salam Coolrider Fixer

gambar dari :
group FB KOBOYS (eyang ali)
blognya om bennythegreat

69 responses to “Spion Lipat, Inovasi Apa Blunder…???

  1. blunder karena kelakuan human nya, itu harusnya di gunain cuma pas parkir aja , mirip mobil2 yang otomatis bisa ngelipet kalau pas parkir 😈 , bukan malah dilipet pas jalan ..

  2. Lipat spoin plus gak pake spakbor belakang. Komplit dah ke-alay-an Ninja 250.

  3. ah itu baru motor..pernah liat mobil yg jalan tapi spionnya dilipat??..lebih funstastic itu 😆

    Modifikasi Yamaha TTX115i..wow..modifiable juga ternyata…

  4. hemm……premium bike dengan mindset “bebek”

    😆

  5. kok dinamai premium bike kenapa bukan pertamax bike, premium kan lebih murah dari pertamax?

  6. ninja 150rr paten gak bisa dilipat bro,malah dilepas sama pemiliknya,sekalian sama rear fendernya malahan

  7. sepertinya menambah aerodinamika kendaraan 😆
    makin kentjang!

  8. haha.. udah sering om, dari bapak-bapak hingga anak muda pake motorr 250an pada dilipet gk tau knapu tu..

    nitip lapak om

    http://bang-o.blogspot.com/2012/03/mio-j-sukses-merakyat.html

    salam dari saya di sragen

  9. wow, kokpit fxr coy….

  10. intinya gaya nomer 1, slamet opo maneh tertib lalin nomer terakhir :mrgreen:

  11. Sering kali saya bertanya, apa Gunanya spion sebenarnya…
    Sebab selama saya menggunakan Motor, Walau saya Kendaraan lengkap/no Alay, spion ya lengkap.
    Namun gag pernah sama sekali untuk melihat kebelakang..
    Paling cuma buat penghias motor biar gag di Tilang Polisi. Cuma itu alasan saya.
    Gag pernah sama sekali saya Kecelakaan gara2 Gag liat kaca spion.
    Malah lebih aman menengok ke belakang.

  12. sebenernya sih inovasi, cuma disini jadi blunder 😆

  13. hehehe…
    bukan alay sih om, cuma salah kiblat (salah selera naksudnya) :mrgreen:

  14. motor mereka kok ente yg sewooot,jangan iri gitu laa sama yg punya penghasilan lebih

  15. lha tulisan2 saya sendiri kenapa situ juga sewooot? 🙄
    hahaha… apa2 kok dihubungin sama penghasilan to gaaaan? sempit kali pemikiran situ?
    ngapain juga iri ama n250, mending buat ngiriin pemilik nsr sp, tzm, bandit 250, dsb… jelas bukan motor pasaran…hehehe
    peace 🙂

    • Setuju gan.. ninja 250 kok di iriin.. nyatanya penunggang FXR menguras kocek lebih dalam untuk sekedar perawatan dan sparepart dibanding ninja 250..
      – Gear set FXR 2 juta lebih..
      – Spion FXR juga 300rb cuma dapet sebiji doang..

      FXR lebih berkelas karena di Indonesia cuma ada kurang dari 500 unit..

      Semoga N250 tidak menjadi identik sebagai motornya alay, demi kebaikan bersama..

      Keep Spirit!

    • Wkwk..ya iyalah pasar jlas g ada yg mau kcuali d ksih hadiah gpp dh..
      Cwek / anak kcil sruh plih mo naik mtor u or n250 jg jlas psti mreka plih n250 d bnding odong” hehe

  16. monggo silahken itu hak sampeyan, asal jangan merugikan diri sendiri, terutama ke pengguna jalan lain 🙂

  17. spionnya cuma buat pajangan…yg lucu polisi ngga menilang…

  18. Wah kerenn,,, apalagi motor2 bebek or matic yang ditunggangi para abg 😀 hampir bisa dipastikan pasti tanpa spion 😀

  19. yaaaaaah susah dong kalo parkir, yg salah cuman oknum kok IMHO

  20. setuju om,bisa naek mtr gede tapi gak mau mengkondisikan ukuran kendaraan yang dinaikinnya itu semua percuma aja kalo emang dasar jiwanya masih jiwa mtr bebek yang pengennya gampang selap-selip….mending naek bebek aja jgn naek mtr gede.

  21. Wkwkwkwkwkwk kembali ke manusianya ! Walau spion di baut pun kalau ridernya alay ya di lepas tuh spionya ! Xixixixi dari skubek ,bebek sampai sport podo wae tergantung ridernya !

  22. wohohoh…saya banget nih spion ditekuk T_T
    mau gmn lg gan, kalau spion dibuka sering banget kesenggol orang ( apalagi kalo macet )
    makanya sekarang wa ganti spion model tempel di dashboard, ngga kesenggol2 lg dah.hahaha

  23. gini2
    mungkin salah kaprah
    professor jepang sana udah mikir mateng2 kok dengan desain yang ada.
    yaah itu lah bedanya motor sport ama motor bebek biasa.
    misalnya mau maen di sirkuit, disinilah peranan spion adjustable tadi 😀
    ketika ditekuk, gak ngeganggu aerodinamika motor tersebut 😀

    maap kalo ngasal, but CMIIW dulu dah

  24. Terserah yg punya. . . Asalkan gak menggangu orang lain 🙂

  25. wah yg bikin blog suuzon bener nih, masa cuman 3 itu doang alasannya. ada beberapa orang yang malah terpecah konsentrasinya n malah bikin kagok gara” spion ky saya. jd lebih suka dilipet itu sepion, sebenernya sih pengen dilepas tp tar kena tilang jd yah dilipet z. kalo mau belok/pindah jalur kan masih bisa ngasih sen, lebih jelas n efektif pula kalo ngasih sen ke pengendara di belakang, kalo cuman liat spion tanpa ngasih sen pas mau pindah jalur atau belok yah tetep z yg balakang gk akan tau apa yg bakalan dilakuin pengemudi di depan.

    • Konsentrasi pecah itu gara2 gak memfungsikan spion sesuai fungsinya mas, kalo sampeyan lirak-lirik spion terus ya hilang konsentrasi mas, spion dipake saat tertentu saja sekedar untuk mengetahui kondisi di belakang sebelum kita melakukan tindakan di jalan…
      Hmmm… Kalo yang pengendara di belakang jalan 100kmh ke atas ya bye bye mas, sein sampeyan gak guna kalo gak lihat kondisi belakang dulu main belok aja…
      Thanks diskusinya 🙂

  26. saya kurang setuju kenapa, pertama, situ gak tau kan kalo itu rider lagi baru keluar rumah atau baru keluar gang sempit, pake di lingkaring pula yg pakai sendal jepit emangya kenapa kalo pake ninja 250r pakai sendal jepit? masa iya ke warung doang pake wearpack trus sepatu? itu bisa jadi orangnya cuman mau jemput ibu nya di pasar atau cuman ke warung saja kan gak tau, jadi gausah suudzon sama orang, yang penting dia gak bahayain orang, saya tau pasti mas sirik yah makanya buat tulisan kaya gini haha,inget bro banyak faktor spion nya ditekuk, situ gak tau kan peramsalahan si rider kenapa spionya ditekuk,kalo buat yang permanen lha terus kalo mau masuk rumah gak muat masuk pintu gimana? kaya saya gini tiap hari harus tekuk buka spion buat masukin ke rumah? jadi gausah suudzon sama orang

    • Huahahaha…. 😆
      halah, mase kalo baca yang lengkap yah… mase ya juga jangan suudzon sama saya lahhh, lha itu saya cuman ngambil pict orang, lagian mana tulisan saya yang bahas sandal jepit mas? mana coba hayooo? saya kasih hadiah kalo nemu… :mrgreen:
      Rumahnya sempit ya? Kok di jalan hampir 90% yang punya motor spion lipat pasti dilipat ya?

  27. Situ nggk punya ninja sih, makannya ngatain riders ninja alay. cacad loe

    • Saya cuman mencoba ngimbangin pengguna ninja yang suka menyudutkan pengguna motor bebek, ngatain bebek itu alay dll, ups, ternyata? Pengguna ninja juga bisa ngalay tuhhh… knalpot berisik, spion tekuk dll… cacad? sampeyan kaliiii 😆

  28. hahahaha :mrgreen:
    1. kagok.
    2. rumah dan lingkungan sekitarnya sempit.
    buat penulis, mungkin 2 hal tsb bisa ditambahkan pada 3 alasan diatas.

    @om huha: knp tidak dilakukan bersamaan (ngasih sen dan cek kondisi belakang melalui spion) sesaat sebelum belok/nyalip?

  29. Terserah orangnya dong bos. Sewot bgt.
    Kayak yang gak bisa beli aja ngurusin motor orng

  30. emang neh spion ninin 250 bikin galau..
    dibuka pas macet takut nyrempet orang..
    ditutup bikin waswas..
    mnding ane ganti motor dah..
    tp ane gak mau ganti fxr bos..
    males banget penghematan..
    mnding ganti motor yang CCnya lebih gede dari pada ninja 250 tapi agak ramping plus spionya yang aman kalo lagi macet..
    biar selap selip mulus..

  31. style orang bro beda2. selama ga membahayakan orang2 syah2 saja.

  32. hahaha…,inget jaman dlu ane wkt SMA bawa ninin spion dilipet spakbor belakang di lepas pokonya dimodif ala superbike,giliran hujan ane kena semprot ama org org dibelakang ane,dan akhirnya skrg ane taubat kembali ke boil :malus

  33. Dikota sya! Papua eee jauh apa…Dari jawa, Orang2x blang spion pda motr bebek itu mengganggu pemandng mtor… Terlhat tupluk!( they said ) apa lgi buat mtor sport… Mereka bukn lpat lagi, tpi dilepas! Yg tdak bsa di lepas akan dipotng… Alih2x motr blap… Knalpot racing juga menjadi keharusn!! Gila… Untk jaln lumayn luas dan agak sepi…. merka jdi kan sirkuit

  34. saya lebih sakti gan gak pernah pake spion, jangan heran ya

  35. buat yang nulis blog sabar yah …..
    begitulah orang indo ga bisa dikritik. padahal mau kasih kebaikan buat semua malah dibilang iri. susah kalo ga punya budaya disiplin sampe kapan juga ga bakal pernah bener. Spion emang dibuat untuk orang yang punya budaya lalulintas yang baik, ga kaya rider disini yang seruntal seruntul. bagaimana mau butuh spion jalan aja ngelawan arah, apa yang mau dilihat di belakang.

  36. Kalo menurut ane gan mau di lipet atau tidak kan terserah yg make.. jika terjadi apa” yaa tanggung akibatnya betul tidak?? dan yg utama adalah saling menghormati sesama pengguna jalan dan tetap sefty di jln gan…

    Salam 1 aspal bekasi

  37. serasa MOTO GP kali hahahaah

  38. Motornya jlek gan jamet..
    Cm yg g pnya ninja yg komennya alay..klo pnya gkn kritik dh gan

  39. Bt org” yg g pake ninja positive thinking aj..
    Spion d lipat biar gak njenggol pngendara lain/merugikan org lain..

    Knalpot suara knceng biar dri kjauhan org bs dger klo yg pngen nyebrang/nyilang jalur

    Semua yg d krjain bt kenyamanan brsama bkn bt gaya”an gan..

    Klo org yg udh ngrasain naik ninja tau sndri…

    Yg alay itu mtor yg bannya pke ukuran cacing euy..

    • Helo masbro, Yang jelas pabrikan itu bikin spion udah diperhitungkan ukurannya biar gak nyenggol, kalo cuman make spion aja masih nyenggol2 pengendara lain, wah, perlu dipertanyakan skill riding ente..

      Alibi ente soal knalpot berisik juga konyol, buat apa pabrikan bikin klakson? Yg ane tau, knalpot brisik itu buat nambah power motor & buat gaya2an aja…

      Btw, kalo cuman ngerasain ninja, ane juga pernah bro, ane udah pernah punya Ninja 250 fi abs, 2x malahan, ane pake spion terbuka lebar juga no problem, malah enak pandangan belakang terlihat jelas saat butuh tau kondisi belakang…

  40. Ane sih Rider Ninja 250 [Walau masih SMK kelas 1] Tapi ane dijalan spion slalu dibuka gan, kecuali kalo mau parkir or masuk rumah or macet baru ane lipat karena takut nyenggol, tapi kalo jalan lancar ane buka lagi…

    Ane gak suka gaya2an gan, karena ane sadar Ninja 250 itu cuma motor premium kelas bawah jika dibandingkan 4 silinder. Jadi buat apa banyak gaya kalo diatas langit masih ada langit ???

    Salam Satu Aspal

    NiO Surabaya…

  41. Sipppp… jadi rider ninja yg baik yah bro, jangan malu2in ninjers 🙂

  42. Suzuki Fxr produk gak laku bukan limited.
    Makanya jarang di jln.. akhirnya mesin suzuki fxr pindah kesatria fu150..
    Dan tamatlah motor fxr sparepart mahal dan susah.
    Mungkin sih TS kalah keren n gengsi makanya buat blog ginian hehhehe..
    Buat lampiasin unek”nya dengan bahan spion lipat.

    • Buakakaka
      Di jalan mau ngapain keren2an & gengsi2an bro? Macem alay aja…
      Trus, Emang yang spionnya bisa dilipet itu ninja doang bro?
      Emang motor yg spionnya gak bisa dilipet fxr doang? 😆
      Tersinggung ye punya ninja, pdhl banyak tuh motor2 yg bisa dilipet spionnya? 😆

  43. hahaha pkok.e guyuuu tokk…. salam KNI….!!!!.smga pda mampu beli ninja.. biar pda tau betapa bahagia.nya naik ninja.. hahaha

    • Songong amat nih orang.. Yang di naik in itu bukan ninja.. Tapi motor nya.. Saya malah nggk suka sepeda ninja.. I like sepeda satria f / fu 150..apalagi yg buatan thailand.. Motor ninja kalah cepat bro..

Leave a comment