Suatu hari saya pas mau nyervisin FXR saya yang lagi pilek di bengkel langganan deket konter saya, ternyata mekanik yang juga teman saya itu sedang menangani satu ekor motor gedheee banget, lebih tepatnya sering disebut moge. Dilihat dari kejauhan desain dan dimensi motor itu yang kayak Legenda Suzuki, Hayabuset, eh, Hayabusha sudah saya tebak nih motor pasti di atas 1000cc kapasitasnya. Namun saya kurang tau dari pabrikan apa dan jenisnya apa karena motor tersebut udah direpaint seluruh bagiannya dengan warna hitam doff, bahkan hingga ke rangka-rangkanya turut kena semprot cat.
Setelah saya mendekat dan lihat-lihat lekuk bodinya, ternyata ada stiker yang ditimpa cat tapi masih menimbulkan emboss di tangkinya yang “njembling” kayak perut bagong, saya jadi tau ternyata nih motor dari pabrikan Kawasaki. Sebuah stiker lain di bagian depan samping fairing bertuliskan ZX serta hasil tanya ke teman saya yang mengatakan kalo kapasitas motor ini adalah 1100cc menjadikan saya tau kalo motor ini adalah Kawasaki ZX-11. Penasaran liat desainnya yang masih terlihat “jadul” dan kondisinya yang sudah gak kincong lagi, Saya tanya ke teman saya soal taun pembuatan motor ini namun dia juga gak tau. Dari hasil googling akhirnya saya tau nih motor adalah seri pertama yang merupakan keluaran taun 1990 sampe 1993.
Oiya, motor ini ternyata milik Masbro H.Vicky yang memang terkenal pecinta moge dan sering sliwar-sliwer di jalan depan konter saya naik Honda CB1000-nya, di rumah dia juga punya koleksi Moge lain, yaitu Ducati Monster. Sayang waktu itu beliau sedang tidak ada di tempat, sahingga gak bisa nembung buat pinjem nyoba kedahsyatan motor 1100-nya. Soal performa, menurut penuturan teman saya, Masbro Vicky udah pernah nyoba sampe 250kmh di jalan Solo-Jogja! 😯 Gak heran lah, lha wong klaim power standarnya saja 147 PS dan menurut wikipedia Top speed yang dicapai adalah 272 Kmh. Konfigurasi mesinnya adalah DOHC 4-silinder dengan 4-katup per silindernya dan sistem pengabutannya adalah 4 buah karburator Keihin CVKD40. Hmmmm…
Nih dia beberapa penampakannya 🙂
Dari angle sini jadi mirip Ducatinya Rossi ya 🙂
Dari beberapa komentar di foto sayembara yang saya upload di FB, ada yang bilang motor ini adalah ZZR-1100 karena posisi setangnya yang di atas yoke, sementara ZX-11 itu versi sportnya yang tapil lebih racy dengan posisi setang di bawah yoke. 🙂
Oke, cukup segitu saya artikel saya tentang moge ini, maaf buat sang empunya Masbro Vicky gak minta ijin buat mosting disini 🙂
Salam coolrider fixer 🙂
Oiya sampe ketinggalan spesifikasinya, yang kiri spek yang seri C (1990-1993), yang kanan seri D (1994-2001)
Maximum Horsepower | 108 kW (147 PS) @ 10,500 rpm | 108 kW (147 PS) @ 10,500 rpm |
(UK) 91.9 kW @ 9,500 rpm | (UK) 92 kW (125 PS) @ 9,500 rpm | |
(Sweden) 66.9 kW (91 PS) @ 9,000 rpm | (Sweden) 68 kW (92 PS) @ 8,500 rpm | |
(Austria) 73.6 kW (100 PS) @ 9,000 rpm | ||
(France) 75.1 kW @ 8,700 rpm | ||
(Switzerland) 55 kW (75 PS) @ 6,000 rpm ![]() |
||
(Germany) 73.6 kW (100 PS) @ 9,000 rpm | ||
Maximum Torque | 110 Nm @ 8,500 rpm | 110 Nm (11.2 kg-m, 81.0 ft-lb) @ 8,500 rpm |
(Sweden) 85 Nm (8.7 kg-m, 63 ft-lb) @ 4,800 rpm | (Sweden) 86 Nm (8.8 kg-m, 63.7 ft-lb) @ 4,500 rpm | |
(Austria) 88 Nm @ 4,800 rpm | ||
(Switzerland) 90 Nm @ 5,500 rpm | ||
(Germany) 88 Nm @ 4,800 rpm | ||
Dimensions | ||
---|---|---|
Overall Length | 2,165 mm | 2,165 mm (85.24 in.) |
(Greece, Norway, Sweden) 2,175 mm | (Greece, Norway, Sweden) 2,180 mm (85.83 in.) | |
Overall Width | 720 mm | 730 mm (28.7 in.) |
Overall Height | 1,210 mm | 1,205 mm (47.44 in.) |
Seat Height | 780 mm | 780 mm (30.7 in.) |
Wheelbase | 1,480 mm | 1,495 mm (58.86 in.) |
Road Clearance | 110 mm | 110 mm (4.33 in.) |
Dry Weight | 228 kg | 233 kg (514 lb) |
Minimum Turning Radius | 3.0 m | 3.0 m (118 in.) |
Engine | ||
Type | DOHC, 16-valve, 4-cylinder, 4-stroke, liquid-cooled | DOHC, 16-valve, 4-cylinder, 4-stroke, liquid-cooled |
Number of Valves | 4 per cylinder | 4 per cylinder |
Displacement | 1,052 mL | 1,052 mL (64.2 cu in.) |
Bore x Stroke | 76.0 x 58.0 mm | 76.0 x 58.0 mm (2.99 x 2.28 in.) |
Compression Ratio | 11.0 : 1 | 11.0 : 1 |
Starting System | Electric starter | Electric starter |
Cylinder Numbering Method | Left to right, 1-2-3-4 | Left to right, 1-2-3-4 |
Firing Order | 1-2-4-3 | 1-2-4-3 |
Carburetors | Keihin CVKD40 x 4 | Keihin CVKD40 x 4 |
Ignition System | Battery and coil (transistorized) | Battery and coil (transistorized) |
Ignition Timing (electronically advanced) | 10 degr. BTDC @ 1,000 rpm ~ 40 degr. BTDC @ 6,000 rpm | 10 degr. BTDC @ 1,000 rpm ~ 40 degr. BTDC @ 6,000 rpm |
(California) 7.5 degr. BTDC @ 1,200 rmp ~ 40 degr. BTDC @ 6,000 rpm | ||
(France) 5 degr. BTDC @ 1,000 rmp ~ 37.5 degr. BTDC @ 6,000 rpm | ||
(US) 7.5 degr. BTDC @ 1,000 rmp ~ 40 degr. BTDC @ 6,000 rpm | ||
(Austria, Switzerland) 5 degr. BTDC @ 1,300 rmp ~ 37.5 degr. BTDC @ 6,000 rpm | ||
Spark Plugs | NGK CR9E or ND U27ESR-N | NGK CR9E or ND U27ESR-N |
Lubrication System | Forced lubrication (wet sump with cooler) | Forced lubrication (wet sump with cooler) |
Engine Oil | SE or SF class SAE 10W40, 10W50, 20W40 or 20W50 | SE or SF class SAE 10W40, 10W50, 20W40 or 20W50 |
Engine Oil Capacity | 3.5 L | 3.5 L (3.7 US qt) |
Coolant Capacity | 2.5 L (2.6 US qt) | 2.5 L (2.6 US qt) |
Transmission | ||
Transmission Type | 6-speed, constant mesh, return shift | 6-speed, constant mesh, return shift |
Clutch Type | Wet, multi disc | Wet, multi disc |
Driving System | Chain drive | Chain drive |
Primary Reduction Ratio | 1.637 (95/58) | 1.637 (95/58) |
Final Reduction Ratio | 2.647 (45/17) | 2.647 (45/17) |
Overall Drive Ratio | 4.490 (Top gear) | 4.490 (Top gear) |
Gear Ratio: 1st | 2.800 (42/15) | 2.800 (42/15) |
2nd | 2.000 (38/19), C4-US: 2.055 (37/18) | 2.055 (37/18) |
3rd | 1.590 (35/22) | 1.590 (35/22) |
4th | 1.333 (32/24) | 1.333 (32/24) |
5th | 1.153 (30/26) | 1.153 (30/26) |
6th | 1.035 (29/28) | 1.035 (29/28) |
Frame/Chassis | ||
Frame Type | Tubular, double cradle | Pressed aluminium perimeter |
Castor | 26 degr. | 26.5 degr. |
Trail | 103 mm | 107 mm (4.21 in.) |
Tire Size: Front | 120/70 VR 17-V290 Tubeless | 120/70 ZR 17 Tubeless |
Rear | 170/60 VR 17-V290 Tubeless | 180/55 ZR 17 Tubeless |
Fuel Tank Capacity | 21 L | 24 L (6.3 US gal) |
Front Suspension | Telescopic fork, 125 mm (4.9 in.) wheel travel | 43mm Kayaba, 120 mm (4.7 in.) travel |
adjustments for spring preload, rebound damping | ||
Rear Suspension | Swing arm (Uni-Trak), 120 mm (4.7 in.) wheel travel | Kawasaki Uni-Trak, 1 Kayaba damper, 112 mm (4.4 in.) wheel travel |
adjustments for spring reload, rebound damping | ||
Front Brake | 2, double-action calipers, 310 mm discs | 2, double-action calipers, 320mm discs |
Rear Brake | Single-action caliper, 250 mm disc | Single-action caliper, 250mm disc |
Front Wheel | 3.50 x 17 in.; cast aluminium | 3.50 x 17 in.; cast aluminium |
Rear Wheel | 5.50 x 17 in.; cast aluminium | 5.50 x 17 in.; cast aluminium |
Electrical Equipment | ||
Battery Type | FB14L-A2 | YTX14-BS |
Battery Capacity | 12 V 14 Ah | 12 V 12 Ah |
Headlight | 12 V 60/55 W (quartz-halogen) | 12 V 60/55 W |
Tail/Brake Light | 12 V 5/21 W x 2 | 12 V 5/21 W x 2 |
(Canada, S-Africa, US) 12 V 8/27 W x 2 |
1
waw..motore monster..
Hahaha… iyo mas
dulu di bengkel langganan pas di Denpasar ada moge Kawak, tapi gatau yg berapa CC..kayaknya sih 750 ato 600..keluaran taun 80-90an..gede bener..
berarti masih sodaraan sama yang ini mas 🙂
good artikel…. visit my site
salut dengan index mu…. 3290.. hebatt
ra macem2 nur, perjuangan 2 taun iki 🙂
Disinyalir moge bodong
Yang penting jgn orangnya…hehehe
Jyadul tapi Gueedhi pooll.. Aseli Sangar Kii..
tangkine buat ndelikne bocah isoh mas
buntut dan headlamp khas moge 90an
hebat,masih ada standar tengahnya…nggak merepotkan
lampu seinnya mirip sama FXR mu, ketok e sehhhh….
kalau roboh bakalan ada gotong-royong massal nih! 😆
bhuahahhahaha..bner2..abot tenan je..satu kelurahan ikut sambatan
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/05/11/honda-nova-biz-125-2011-akankah-berpeluang-masuk-indonesia/
jawaban ku di FB bener donk, “ZX seriies”
ngarep mirip n250
wah mantap neeh belalang tempur k0tar0 minami hehehehe
siapakah teman bro adi yg ditanyain?
kpan2 pit2an neng bengkel cdak adipura mas, aq wingi irung zx-6r, mito, CRF, dll
wew mas,,orang soLo tho??nie ZX11 q mo tak jual,,sapa tau da yg minat.
hub : 085725358655 mksh bro
Membaca sedikit pernyataan di atas yaitu (yang dari FB):
“Dari beberapa komentar di foto sayembara yang saya upload di FB, ada yang bilang motor ini adalah ZZR-1100 karena posisi setangnya yang di atas yoke, sementara ZX-11 itu versi sportnya yang tapil lebih racy dengan posisi setang di bawah yoke.”
Saya ingin mengoreksi, bahwa tidak semua Kawasaki ZX series itu posisi setang di bawah yoke. Karena pada model tertentu, ZZR dan ZX itu sama persis, hanya saja ZZR untuk wilayah UK, ZX untuk wilayah US,dll. Dan untuk ZX-11, tidak ada yang setang nya di bawah yoke, semua nya diatas yoke. Untuk ZZR series, memang setang di atas yoke untuk semua model.
Contoh :
– ZX6E = ZZR600
– ZX11C/D = ZZR1100
– ZX12C = ZZR1200
– ZX14 = ZZR1400
Ada pula ZX series, model nya identik dengan GPZ / GPX series. Pembedaan nama model biasanya mengacu pada di negara mana model tersebut dijual.
Hanya sekedar berbagi pengetahuan.
Mohon maaf bila ada kesalahan info.
Salam
Wow, that’s what I was seeking for, what a stuff! existing here at this blog, thanks
admin of this site.
This post is very interesting, but is hard to find in search engine.
I found it on 18 spot. You can reach google top10 easily using
one useful wordpress plugin and increase targeted
traffic many times. Just search in google for:
Aemikimi’s Rank Plugin