Reborn Suzuki FXR150? Impossible…

Beberapa waktu lalu sempat kembali ramai di dunia blog tunggangan kebanggaan saya ini, Suzuki FXR150. Ya tak lain tak bukan karena bertepatan dengan peluncuran motor sport keren Yamaha, YZF-R15 2.0 di Negeri India sono yang notabene berada di kelas yang sama dengan FXR150, yaitu motor sport 150cc. Tak ayal dengan peluncuran R15, ada beberapa pihak yang mengaitkanya dengan legenda sport 150cc milik Suzuki tersebut, gak heran kok karena begitu lihat spesifikasi R15 yang di kolom powernya cuman tertulis 17PS orang-orang pun jadi merindukan sport 150cc powerfull seperti FXR150 yang memiliki power hingga 20HP. Suara-suara untuk mendukung Suzuki untuk melakukan reborn FXR150 pun terdengar, sekaligus sebagai tanda kebangkitan Suzuki yang tidak punya produk mantap di jajaran motor sportnya.

Ya, 14 tahun yang lalu Suzuki sudah punya motor sport yang sudah menggendong beberapa teknologi yang seandainya dikeluarkan jaman sekarangpun masih layak bersaing dengan motor sport sekelasnya. Sebut saja enjin DOHC 4-valve yang mampu memuntahkan tenaga 20HP dilengkapi dengan pendingin oli dan teknologi paten Suzuki, TSCC, speedometer full digital (akhir-akhir ini baru ngetren digital speedometer), kemudian Half-Banana Swing-arm dan rangka kotak.

Namun, menurut saya sebagai penunggang FXR kok rasanya sulit sekali ya untuk mereborn Suzuki FXR, bisa dibilang hampir impossible. Bahkan untuk sekedar nemplokin mesin Satria FU ke sebuah motor sport, rasa-rasanya tidak mungkin buat Suzuki. Dengan kondisi Suzuki sekarang ini yang seolah tengah kehabisan inovasi, suzuki harus bikin lagi sebuah mesin yang betul-betul baru dan powerfull agar nanti tidak dikalahin sodaranya sendiri, Satria FU150 yang notabene sebuah motor bebek. Selain itu, Suzuki juga kudu melengkapi mesinnya dengan fitur tambahan seperti radiator agar tidak tertinggal dengan kompetitor. Kalopun terpaksa memakai mesin pengembangan dari Satria FU, malah makin gak mungkin karena mesin FU sudah terlanjur familiar di Satria FU. Seandainya nanti ditemplokin ke New FXR, ntar bisa-bisa malah dicibir “Yah, ini kan cuma FU dikasih baju sport doank?”. Malah dulu pernah, di pas bengkel suzuki, FXR dikira Satria FU sama mekanik gara2 liat mesinnya. 😳

Kemudian kalo dipikir-pikir, jika FXR direborn lagi dan seandainya ternyata laris manis, apakah para penunggang FXR sekarang ini rela FXR jadi motor pasaran? Hehehe… Betul juga kan? Gak ada lagi sensasi naik motor langka bin eksklusif yang bikin orang bertanya-tanya “motor apaan nih?” kalo FXR jadi motor pasaran. Emang sih jaminan service dan spare part jadi lebih baik, namun dalam kondisi seperti sekarang ini, saya kira para penunggang FXR masih bisa “nyicil ayem” karena part FXR masih bisa dipesan meski harganya kagak nahannn, disamping itu ada beberapa part yang bisa kanibal dari motor lain sehingga bisa menekan pengeluaran spare part. Satu lagi dan yang paling penting, komunitas FXR di dunia maya (Kaskus dan Facebook) maupun di dunia nyata masih terbina dengan sangat baik, sehingga penunggang FXR bisa saling sharing dan tanya-jawab sekaligus menjalin persaudaraan antar sesama FXR.

So, kesimpulannya, sekedar pemikiran saya, kalo Suzuki mau bikin motor sport, lebih baik Suzuki bikin motor sport naked 150-200cc saja, dengan catatan desain harus mengikuti perkembangan sekarang ini yang mengarah ke streetfighter. Yang jelas sepertinya impossible kalo Suzuki mau reborn jadi FXR150, tapi heran juga kenapa suzuki gak tergoda buat bikin versi kecilnya GSX seperti pabrikan sebelah yang juga bikin versi kecil CBR dan YZF, jadi GSX-R150? Ato kalo mau lebih impossible, reborn aja GSX-R250… :mrgreen:

ini mah kerjaan tukang soto 🙂

reborn ini aja sekalian 🙂

Salam coolrider fixer 🙂

26 responses to “Reborn Suzuki FXR150? Impossible…

  1. mosssssssssssssssoooooooooooooooo

  2. emang sisuzi terlalu dini melahirkan product yg berkualitas serta model body yg futuristik…… seperti si fxr n arashi yg ngebooming akhir2 ini

  3. suzuki lagi genjot produksi FU, motor sport yang diharapkan ngaspal adalah GW250 :mrgreen:

  4. suzuki 150cc juga perlu, motor baru and mesin FU juga sangat baik, gmana kalo FU di injeksi mati aja hahaha pasti banyak yang phroutest bcanda

  5. mesin bagian bawah (crankcase) tetep pake basis FU tapi silinder ke atas ganti pake radiator. piston sama dengan fu, juga strokenya. jadi jika benar-benar dirilis………….setahun berikutnya ane bakal beli sembelihannya buat dipasang di FU (nggak perlu beli motor seprotnya).

  6. aku wiss ngerti kok di #beritdaritambun 😎

  7. kalo menurut saya basic mesin motor suzuki kedepanx tu diambil dr motorcros-nya saja..sama2 DOHC,bahkan sudah radiator…cm emang yg jd masalah kenapa suzuki berat bgt ya?apa karena ada beda zona pemasaranx ya??
    miris liat suzuki dbanding Honda(model+fitur amannya),yamaha(model+3Snya),kawasaki(dengan sports murahnya)..
    malah suzuki kalah inovasi dr TVS yg br booming brp taon di indonesia 😥

  8. Ms,nitip info ya,kalau ad yg berminat ma FXR’03,warna biru telefonica,mesin orisinil,barang terawat,plat H,semarang,tgn 1,mo dijual, suwun-arie,08156647771

  9. wahhhh capek deh tungguin motor sport suzuki deltabox full firing 150cc
    pabrikan suzuki aja ngak tanggap ama customer , padalah gw pemakai satria FU 150 cc edisi pertama cbu , dah lama bgt ? di kase kritikan juga ngak mau denger capekkkkkkkkkkkkkkkkkk deh up 2 you ?
    kita mau peduli gmn ? pabrikan aja cuekkkkkk

  10. buktikan donk 2012 bisa keluar ngak tuh motor , motor sport 150cc ,delta boxfulfiring dohc , sporty abisss , kan suzuki ngak keluar dana buat motogp 2012 sampe 2014 , masa ngak bisa ? bukan motor touring atau bebek lagi yaaaaaaa?Di tunggu serius respon pabrikan

  11. aduhh….. amit2 deh punya thunder, itu thunder motor kaga laku, model nya ikut2 an motor tiger, scorpio, dll. malu tau beli motor gituan. skr gini aja klo emang pada PD & bangga2 in thunder…..buktikan klo memang thunder motor yg laku dipasaran?? gw rasa cara ini cukup FAIR tp gw jg yakin klo bro2 ga ada yg bisa buktiin. secara modal 4jt udah bs beli thunder, masa harga sama spt motor bebek, wuahahahahahaha……..

    • Bingung mau sedih, prihatin, apa malah ketawa…
      ini Suzuki FXR 150 mas, FXR, Ef Ex Er 150cc, bukan thunderrrr,,,,
      makanya jangan cuman nonton tipi doank yang cuman nampilin suzuki bebek apa mentok2nya thunder, ini motor built up Malaysia masbro, buka mata donk…

  12. sedih bgt ngeliat FXR yang lain masi bagus2, coz FXR saya body depan n sampingnya uda hancur, ketabrak sapi, hiks……………….., yang bikn bangga kan bodinya itu,hiks……………….,

  13. keliahatannya “cost” terlalu mahal untuk mengembangkan “fx-r” yang baru

  14. emang mesin fxr sama fu beda ya? maap saya noob di bidang ini 😀

    • btw fu yg mn neh?, 125 apa 150? yang jelas klo pada mesin fxr 150 ada teknologi tscc (twin swirl combustion chamber) dan ngga make scem kelihatnnya sama sama ky raider 125 (fu 125)/ fx 125, klo satria f (150) masih abu2 pake tscc apa ngga (kelihatannya sih enggak) tp udah make scem dan bore x stroke antara fxr 150 sama sama fu 150 keknya jg beda

      cmiiw

  15. emang ada FU 125? ngaco nih… dari dulu FU 150 kali.. awkkawkaw

    • ada mas itu yg disebut raider 125 ya aslinya FU 125 thailand,di surat2 FU125,di mesin FU125<di knalpot FU125,sy sendiri pakai FU125 alias Raider dari taon 2003

Leave a comment