Hari minggu kemarin saya nemenin nyonyah di acara perkenalan produk terbaru Suzuki, yaitu Suzuki Axelo di Wonogiri. pada kesempatan tersebut saya mencoba bebek yang diiklankan oleh pelawak yang tengah naik daun, Andre Taulani.
Setelah muter-muter stand, akhirnya saya mampir ke stand test ride dimana disitu disediakan 2 unit motor test ride Suzuki Axelo yang non-kopling warna item dan biru. Setelah nembung sama penjaga standnya, saya langsung dikasih kunci Suzuki Axelo warna item untuk dites. Yang saya pertanyakan adalah, kelengkapan safety untuk test ride seperti helm dan jaket tidak disediakan ole panitia, sehingga dengan terpaksa saya mengetes dengan kondisi 4L4Y mode, tanpa helm!
Langsung saja saya hidupkan mesinnya, lampu depan nyala secara otomatis menandakan bahwa fitur AHO berfungsi dengan baik. Suara mesin halus, suara knalpot juga halus, seperti sodaranya, Suzuki Titan. Masukin gigi satu, dan jalan beberapa meter dannnn sluruuuuut… apa yang terjadi? Hampir saja saya jatuh karena kondisi medan areal tes ride becek dengan sangat parahnya karena malam harinya turun hujan. Dengan hati-hati dan pelan-pelan saya naik bebek 125cc ini di area tes ride yang cuma seluas 20m persegi ini, pas mau puter balik, lagi-lagi ban belakang selip dan motor jadi tidak seimbang. Akhirnya saya mutung dan sudahkan sesi tes ridenya karena memang kondisi area tes ride tidak memungkinkan untuk mengetes performa motor.
areal tesride sempit dan becek polll
becek parahhh
Tapi dari sesi yang sangat sebentar itu, saya bisa merasakan tarikan dari motor ini kalem dalam artian kurang begitu menghentak. Mungkin karena memang karakter mesin Axelo yang bertipe overstroke yang kurang galak untuk berakselerasi. Tapi untuk top speed, saya perkirakan Axelo bisa dipacu sampe 120kmh (versi speedo), memang seperti itu karakter mesin overstroke, okelah buat trek-trek panjang. Kemudian untuk riding positionnya juga cukup nyaman buat saya, tidak ada kendala berarti saat menekuk setang di tengah becek gak ada ojek. Selebihnya saya kurang bisa merasakan secara maksimal Suzuki Axelo ini, dkarenakan kondisi medan yang sungguh parah beceknya. Untuk penampilan saya kurang sreg dengan beberapa bagian dari Axelo, seperti footstep boncenger yang masih model lawas (tidak menggantung) dan keseluruhan desainnya yang sekilas mirip Absolute Revo.
Spesifikasi Suzuki Shogun Axelo
Dimensi dan bobot:
* P: 1.895 mm
* L: 715 mm
* T: 1.075 mm
* Wheelbase: 1.220 mm
* Ground clearance: 135 mm
Mesin:
* Mesin: 4 langkah, SOHC
* Jumlah silinder: 1
* Diameter silinder: 53,5 mm
* Langkah piston: 55,2 mm
* Kapasitas silinder 124 cc
* Daya maksimum: 9,6 PS @ 8.000 rpm (Axelo standar dan Axelo S), 10 PS @ 8.500 rpm (Axelo R)
* Torsi maksimum: 10 Nm @ 6.000 rpm (Axelo standar dan Axelo S), 9,9 Nm @ 6.000 rpm (Axelo R)
Sekian laporan tes ride Suzuki Axelo dari saya, semoga bermanfaat 🙂
Salam coolrider fixer.
sertamak lagi…
aku dapat bajunya…
parah, itu sih bukan tes ride, cuma nyicip 😆
masak pelit banget treknyaa
Hahaha… iya con, helm aja gak dikasih pinjem 😛
dalane mblekuk
mbruokkk
salah jalan tuh! 😆
salah ban yae
mas bukanya over stroke galak di putaran bawah???
Kalo napasny emg agak panjang coz limiterny di 9500rpm
tak tambahi potone yo mas,….
yang becek kan enak om
Panitiane ngiawur

Emang test ride motor trail apa wkwkwkwkwk
Pingback: Suzuki Axelo, Kemana Aja Looo…??? | THE COOLRIDER'S GARAGE