Suzuki TS 125, Ketika Si Jangkung 2-Tak itu Makin Dirindukan…

Halooo, sodara sebangsa setanah air… Semoga semua dalam keadaan sehat walafiat, aman, tentram, sejahtera lahir dan batin.

Entah kenapa tiba-tiba memory dalam otak saya mem-flashback masa lalu ketika saya masih menimba ilmu di bangku sekolah STM… Mmmmmm, ngomong-ngomong masa Sekolah STM dulu, saya jadi ingat tunggangan teman satu kelas saya yang waktu itu bener-bener lain dari yang lain di parkiran sekolah kami waktu itu. Motor apa sih emangnya? Gak perlu penasaran wong sudah tak sebut di judulnya kok :mrgreen: Yup, adalah Suzuki TS 125 yang merupakan salah satu motor eksotis yang pernah dibawa oleh Indomobil Suzuki ke Indonesia. Wahhh, Mantap sekali selera teman saya waktu itu ya (sekitar tahun 2005an), kalo gak salah dulu dia belinya 17jutaan, maklum dia anak juragan jamu di Sukoharjo. Sayangnya saya belum sempat ngicipin Si Kuning Jangkung itu karena waktu itu belum pede naik motor kopling, apalagi minjem motor orang, takut2 malah nyungsep. :mrgreen:
TS125_top_450
pict from http://www.suzukicycles.org/TS-TC-series/TS125.shtml‎

Suzuki TS 125 kalo tidak salah diproduksi terakhir sekitar tahun 2004-2005. So, berarti waktu itu teman saya beli sisa-sisa terakhir produksi nih sih jangkung. Membawa genre motor trail, Dipersenjatai dapur pacu mesin 2-tak berkapasitas 125 cc, tentu tenaga dan torsi yang dikeluarkan pun tidak main-main karena nih motor memang dirancang buat menerjang ganasnya alam liar Indonesia. Seingat saya, Suzuki TS125 teman saya masih menggunakan sistem pengereman drum brake alias rem tromol di kedua roda depan dan belakang. Yaaa mungkin karena rem tromol lebih aman dari lumpur daripada rem cakram kalo diajak berlumpur ria.

Kaki-kaki jangkung, setang lebar serta ban dengan profil kotak-kotak pun seakan menegaskan bahwasanya TS125 adalah motor yang diciptakan untuk penggemar medan liar. Karena Suzuki TS125 yang dipasarkan disini masih memegang aspek funsionalitas sebagai motor harian, so kelengkapan motor harian seperti lampu depan, lampu sein, spatbor sampai jok tebal pun masih menempel dengan manis di motor ini, yang membuat pada waktu itu saya menilai tampilan standar TS125 ini nampak “cupu”, kalo kia sering lihat motor-motor trail Spesial Engine yang tentu cakep dan serba lancip khas motor kompetisi.
suzuki-trail-ts125-2-330873163
pict from : http://bursamotorbekas.com/2009/12/03/suzuki-trail-ts-125-2003/

Kalo dirunut dari sejarahnya sih, dulu TS125 lahir pada tahun 1971 di luar sono, namun saya gak bahas sampe situ, karena saya cuman bisa menyaksikan dengan mata kepala sendiri si TS125 model terakhir, si Suzuki TS125 yang dijual oleh PT.Indomobil Suzuki Indonesia dulu. Oiya, Suzuki TS125 dulunya juga merupakan kuda besi andalan para aparat dalam bertugas, seperti Polisi dan TNI lho. Selain karena ketangguhannya di berbagai medan, saat aparat bertugas, yaaaa, karena waktu itu gak ada pilihan lain untuk genre motor trail yang dijual oleh pabrikan motor tanah air selain Suzuki TS125 ini.

Tak ada pilihan lain? Yeah, bisa dibilang begitu, emang mana produk lain yang bergenre motor sport trail waktu itu? Yamaha DT100x? Iya sih dulu sempat nongol, tapi udah koit kan… Kawasaki KLX150? Woooh, ini masih belom jadi janinnya alias belom lahir kaliiii… Oiya, kan ada produk-produk tirai bambu yang bikin trail, seperti Loncin Sparta dll itu??? Kalo ini gak usah diomongin lah, kalo untuk pemakaian pribadi okelah, tapi kalo buat tugas aparat? Gak main-main lahhhh…

Tapiii, meskipun waktu itu Suzuki TS125 seperti melenggang sendirian di kelas trail, namanya gak setenar motor-motor konvensional di negeri ini dan hanya terkenal di kalangan pecinta garuk tanah, penjualannya pun terbilang biasa-biasa saja. Karena memang, selain desain Suzuki TS125 yang terlihat klasik itu kurang diminati masyarakat biasam, Setan yang namanya TREN itu sangat berpengaruh pada penjualan motor, gak seperti sekarang ini yang dituai oleh Kawasaki melalui KLX150-nya. Boro-boro beli motor trail buat gaya ataupun hobby, udah bisa beli motor bebek kreditan cap Kang Rossi aja udah berasa paling kueren kok waktu itu. :mrgreen:

So? Kalo menurut TREN sekarang ini gimana? Nah, ituuuu dia… Lagi-lagi setan yang namanya TREN itu paling buahaya masbro semua. Apapun bisa terjadi kalau tren masyarakat mulai menggeliat entah kemana. Kawasaki yang mereguk manisnya penjualan KLX150-nya berhasil menyalakan TREN atau kalo boleh dikit hiperbol, sampai “membakar” TREN motor trail itu, menjamurnya social media juga turut mencetak mindset motor trail itu keren, jantan dan gagah, lalu hobby berpetualang di alam bebas pun makin menggoda saja.
1326713801_280713227_4-Jual-Motor-Trail-TS125-Th-2002-kondisi-mak-nyoss-Kendaraan
pict from : http://jakartacity.olx.co.id/jual-motor-trail-ts125-th-2002-kondisi-mak-nyoss-iid-280713227

Trus apa hubungannya sama Suzuki TS125? Lhah jelasss, harga sekennya jadi melambung tinggiiii… Ketika orang mulai menyadari bahwa si jangkung 2-tak ini adalah motor yang bener2 tangguh buat diajak melampiaskan hobby berpetualang di alam liar, maka hukum ekonomi pun berlaku, para pemilik TS125 yang tau value nih motor pasang harga tinggi untuk si jangkung 2-tak ini. Buktinya? Dulu sekitar tahun 2006-an Suzuki TS125 teman saya yang masih tergolong “muda” itu dijual “cuman” laku kalo gak salah 10juta. Sekarang? Cek di tokobagus ato FJB Kaskus, Rata-rata para penjual memasang harga di atas 15juta untuk tahun 2000an. 🙄

So, Suzuki, berminatkah buat reborn Sang Legendaris Suzuki TS125-mu? 150cc 4-tak mungkin cocok buat nemenin Kawasaki KLX150 yang melenggang sendirian.

Salam Coolrider Fxer

34 responses to “Suzuki TS 125, Ketika Si Jangkung 2-Tak itu Makin Dirindukan…

  1. setuju…. pernah pake dulu….. tnga lbh ajib dr klx…..

  2. iki motor opo tho bro.. kok bentuke lucu ngono.. gek ra ono rem e po? kok piring cakram e gak ono?

  3. bntuknya elegan bgt, satu famili dg motornya kamen rider J

  4. cakep… dulu kawan di Riau ada yg punya TS125.. asli montor jangkung euy..

  5. ada temennya dulu punya yamaha namanya YT115 basic enginenya RX special, dulu waktu saya STM thn 98 ni YT115 sering dipake orang Kodim waktu ngebubarin anak2 STM tawuran :mrgreen: coba dicek lagi deh

  6. Genre trail sekarang juga mewabah lagi Mas,Banyak motor biasa dimodif jadi “trail look” 🙂

  7. extraordinaryperson
  8. saya pernah coba berbagai motortrail modif tapi begitu coba ts 125 saya langsung jatuh cinta.dengan sekuat tenaga saya berusaha untuk memilikinya .Dan ALHAMDULILAH saya bisa memilikinya.

  9. polisi tidur pun ngga kerasa kalo pake TS……sungguh

    *ya iyalah :mrgreen:

  10. Yamaha punya senjata melawan TS125 ini yaitu YT-115 berbasis mesin Yamaha RX Special, kalo Honda jaman itu sempat menjual Honda Win 100 versi offroad dengan slebor ala trail, biasa dipakai di perkebunan, jadi pada jamannya memang motor ini tidak melenggang sendirian

    Tag Line TS125 ini adalah “YELLOW MAGIC FORCE”

    • vladimir b yulianovski

      nasibe pada karo new vespa px tahun 2003, regane murah mung 15 jutaan pas wis ilang digoleki dadi rega sekene duwur nganti 30 juta, sing anyar.? waaah nduwure seket. byuh byuh

      • Lhah, YT115 & Win offroad kalo di mataku beda kelas masbro, saya lihatnya TS125 kelasnya di atas kedua motor itu, dari segi kapasitas mesin dan desain (TS udah monoshock)… Kalo lihat motor offroad yg masih dual shock kok taste offroadnya masih kurang…
        mindset orang tetep nganggep motor trail itu = Suzuki TS125 🙂 bukan YT115/Win offroad itu

    • Kalo YT115 itu cuman x-over saja masbro,sama halnya Win spatbor trail(instansi kehutanan bisa pakai dulu).Sedangkan TS125 emang trail asli,karena seri TS emang line up trail Suzuki sejak era 70an.

  11. dobel drum break, halah..

  12. waktunya buat buktikan kekuatan sang legendaris…..bos

  13. Ts 125, emang ni motor berkelas beud di jamannya. Sampai sekarang pun masih mendunia. Settingan yang pas buat ni motor maunya nampol aja, mau standing aj… Waladala… NGASEM.

  14. Ya,ya…emang mantap TS125 ini,saya pernah pakai tahun 1999 silam.

  15. paling cinta sama bentuk tanki nya berow,,, berkarakter,,,,

  16. didik cah gedhe duwur

    tidak ada bandingannya di kelasnya no 1 tetap ts 125 untuk kelas extrem

  17. tu anaknya bakul jamu kawan smp ane gan ane pernah ngetes motornya rem depannya tromol tapi jauh lebih pakem daripada cakram heheheh

  18. ada yg punya striping ori ts 125 tahun 2000 ga? atau yg jual tangki dan cover samping ts isi stiker ori tahun 2000
    bisa hub sy di 081236466461 trims

  19. waktu zamannya bebek masih populer sih ni Ts125 kaya motor babe-babe/ motor jambret.

    tpi entah kenapa kalo skrng kyaknya keliatan keren 😀

    ohhh iya saingan Ts mungkin pada zamannya motor c’dull 100cc yg bnyak dipakai camat/pemda 😀

  20. Ane pernah nunggangin nih si TS 125 gan. Mantap ulasannya gan.

  21. Mas bro ….. Mau nanya persamaan bosh monoshoc ts125. Coz punya saya dah ancur.,, makasih sebelumx….☺😇😇

  22. Ass. wr.wb,saya BAPAK JOKO seorang penjual sate di bogor jawa barat ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada KI RANGGONG atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI RANGGOG pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 300 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI RANGGONG saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI RANGGONG di nomor 082-317-779-848 dan ramalan AKI RANGGONG memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus. KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUMKAN DI INTERNET…

  23. …..untungnya si Onta masih setia hingga kini…. menemani tugas dari taun 2003……tapi jangan coba-coba dibuat terbang kalau segalanya masih standar…hehehe

  24. 2011 saya beli ts, krn ada yang nawar lbh tinggi, saya jual. nah krn desakan tmn2 saya pengguna klx, akhirnya saya beli juga tuh klx. ga sampe 1 taun saya jual lg, harganya-pun terjun bebas dan kaki2nya jauh lbh enak ts. dan skr saya kembali lg pake suzuki ts 125 taun 2002.. joss

Leave a comment