Jalan-jalan ke webnya Yamaha Jepang, ternyata eh ternyata saya di line up produknya ada sebuah motor Yamaha yang menarik perhatian saya. Bukan motor sport atau supermoto, tapi sebuah motor dengan desain klasik ala tahun ’70-an dengan kapasitas mesin lumayan gede, 400cc.
Yup, dialah Yamaha SR400 yang merupakan salah satu line up produk Yamaha Jepang selain Moge-moge keren lain seperti YZF-R1, XJR1300, FZ1, V-Max dan lain-lain. Dengan mesin silinder tunggal 4-tak 400cc (pembulatan dari 399cc) dan 2-klep SOHC, SR400 mampu mengeluarkan power sebesar 19 KW atau 26 HP di rpm 6500 dan torsi sebesar 29 Nm di rpm 5500, sudah terbilang cukup lah power segitu untuk sebuah motor klasik. Perbandingan kompresinya pun juga cukup bersahabat buat rakyat, cuma 1:8,5, jadi cukup aman untuk minum keremium. Hehehe, maklum juga karena sistem starter mesinnya cuman kick starter jadi kalo kompresinya tinggi-tinggi bisa bikin betis jadi kentjang.
Eittt, tapi jangan salah, klasik-klasik gini sistem pengabutan bahan bakarnya sudah canggih lhoh, pake injeksion. Sistem transmisinya seperti kebanyakan motor laki lah, 5-percepatan dengan kopling basah. Meski kapasitas silinder terhitung gambot, konsumsi bensinnya masih terhitung irit lhoh, menurut klaim di tabel spesifikasi 1 liter bahan bakar sanggup menempuh jarak 41 Km. Pengereman depan dipercayakan oleh disk brake serta rem belakangnya ternyata masih dipercayakan pada teromol, khas YMKI nih
Tinggi jok si klasik satu ini hanya 790 mm, jadi buat rata-rata postur Asia motor ini cukup bersahabat dan tidak menyebabkan “dingklik detected”, karena pada simulasi riding style terlihat bikers bertinggi 171 cm dapat dengan mudah menjejakkan kedua kaki di tanah. Hmmmm… Mantappp… Oiya, kalo dilihat secara sekilas kok mirip sang Legenda 2-tak Yamaha ya, Si RX-King? Apa ini merupakan versi 4-taknya RX-King dengan cc gambot? Tapi kalo dilihat ada tulisan “since 1978” alias “sedjak 1978” berarti ini bukan keluaran baru, tapi memang motor “never dies”-nya Yamaha Jepang.
Nih, Spesifikasi Yamaha SR400

Type approval / type motor stamping | EBL-RH03J/H329E |
---|---|
Dimension | 2,085 mm × 750mm × 1,110 mm |
Seat height | 790mm |
Center distance | 1,410 mm |
Minimum ground clearance | 140mm |
Vehicle weight | 174kg |
Fuel Consumption | 41.0km / L (60Km / h) |
Engine type | 4-stroke air-cooled two-valve SOHC ·C |
Cylinders | Single cylinder |
Total Engine Capacities | 399Cm 3 |
Bore × stroke | 87.0mm × 67.2mm |
Compression ratio | 8.5:1 |
Maximum output | 19kW (26PS) / 6,500 r / min |
Maximum torque | 29N · m (2.9kgf · m) / 5,500 r / min |
Starting method | Kick type |
Lubricating method | Pressurized dry sump |
Engine oil capacity | 2.4L |
Fuel tank capacity | 12L |
Fuel supply | Fuel injection |
Ignition | TCI |
Battery capacity / Type | 12V-2.5Ah (10h) / GT4B-5 |
Reduction ratio primary / secondary reduction ratio | 2.566/2.947 |
Clutch | Wet multi-plate coil spring |
Transmission format | 5-speed constant mesh equation |
Transmission gear ratio | 1st gear 2.357 2nd gear 1.190 3rd gear 1.555 4-speed 5-speed 0.916 0.777 |
Frame format | Semi Double Cradle |
Caster / Trail | 27 ° 40 ‘/ 111mm |
Tire size (front / rear) | 90/100-18M/C 54S (tube type) 110/90-18M/C 61S (tube type) |
Brake type (front / rear) | Hydraulic single disc / drum (leading trailing) |
Suspension system (front / rear) | Telescopic / Swing arm |
Type headlamp | Halogen Bulb / 12V, 60W/55W × 1 |
Riding capacity | 2 people |
Sekian sedikit share dari saya semoga bermanfaat 🙂
Salam coolrider fixer
Pertamax dulu 🙂
cc gede kok irit yh, mntap… perlu diaplikasiin di vixion nih biar tmbah irit vixiny…
Coba dikasih bensin campur mas, irit ntar (campur dorong maksudnya
)
klasik dan modern…. kolaborasi yang mantep…
nitip bro.. ::
http://agoey.wordpress.com/2011/06/01/update-warna-biru-putih-suzuki-satria-fu-2011/
Pistone gembrot tenan..
model mesine plek koyo nggone Yamaha XS 650
masukin sini dilabelin New RX-King..josss..FXR kepentut2..xixiiix
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/06/01/eh-kawasaki-dan-keweseki-sodara-jauhkah/
Gledekanmu mengko termencret-mencret 😆
wah, lanjutannya SR500 nih Bro, motor Yamaha sejuta umat jaman dulu.. nitip ceritanya nih ah hihihi:
http://motorklassikku.wordpress.com/2009/08/06/yamaha-sr500-back-to-jadul/
Oooooo,, baru tau aku mas..hehehe,,,
knapa sih ngga ada yg berani jual motor sport bergaya klassik gini??
banyak tau yg doyan -_-‘
klo boleh tau SR 500 kisaran harga berapa yaah, klo minat kudu nyari kemana? oh yaah, ada yg carburator ga? thx – farel-
mantep nie motor th 70an buat koleksi motor antik
barang bisa dapat dimana to
klo ada yg minatunitnya ready yah contack person 081387373999
gw sudah punya nih SR400 custom, alhamdulillah 😀
Sangarr tenan