Monthly Archives: April 2011

Hasil Kualifikasi Motogp Estoril 2011, Lorenzo Pole, Supersic Kedua

Kualifikasi Motogp Estoril 2011 usai sudah, starting grid pun sudah ditentukan dan sebagai peraih pole position untuk race besok adalah pembalap Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo yang berhasil mencatat waktu 1’37.161.  Lorenzo berhasil merebut pole dari Simoncelli yang begitu dominan di Latihan hari Jumat, sebenarnya Simoncelli berpeluang mengambil alih pole lagi, namun sialnya doi mengalami malah crash saat sedang di atas angin, jadi Super Sic kudu puas start tepat di belakang Lorenzo. Posisi ketiga ditempati pembalap Spanyol, Dani Pedrosa dengan catatan waktu 1’37.324, disusul rekan setimnya, Casey Stoner.

Continue reading

Laser Bisa Gantikan Busi Pada Mesin Lho…

Yap, selama ini kita tahu di dalam suatu mesin, baik pada mobil maupun motor (berbahan bakar bensin) terjadi sebuah pembakaran, dimana langkah-langkahnya dibagi menjadi langkah isap, kompresi, usaha dan buang. Dalam langkah usaha diperlukan suatu pemantik api untuk membakar campuran BBM (udara+bensin). Nah, yang kita ketahui selama ini komponen yang bertugas memantik api tersebut dinamakan Busi atau spark plug.

Ngomong-ngomong soal busi, saya baca dari BBCnews, para peneliti mengemukakan bahwa pekerjaan busi sebagai pemantik api pada mesin bisa digantikan oleh sebuah laser! Sebuah tim di Conference on Lasers and Electro-Optics akan memberikan laporan bahwa mereka telah merancang sebuah laser yang dapat membakar campuran udara dan bensin pada sebuah mesin pada tanggal 1 Mei mendatang. Mereka yakin dengan laser efisiensi pembakaran mesin akan meningkat, serta dapat mengurangi polusi dengan kemampuan membakar lebih banyak campuran BBM. Sedangkan jika memakai busi, busi hanya dapat memercikkan api di celah busi saja, sehingga mengurangi efisiensi pembakaran, serta material logam dapat mengikis busi secara perlahan seiring usia pemakaian.

Nih, percikan api pada busi cuma di celah busi aja

Sebuah tim khusus dari Jepang dan Rumania telah mendemostrasikan dalam sistem tersebut dapat memfokuskan dua atau tiga sinar laser ke dalam silinder mesin pada suatu kedalaman variabel. Namun perlu diingat juga bahwa untuk melakukan pembakaran juga diperlukan sinar laser yang tinggi, seperti halnya pada busi yang juga memerlukan energi yang tinggi untuk melakukan pembakaran.

Kini Tim ini sedang dalam diskusi untuk mengkomersilkan teknologi laser ini dengan salah satu perusahaan busi mobil ternama, Denso. Nah, sekarang tinggal kita tunggu saja perkembangan selanjutnya, akankah motor-motor yang kita pake kelak bakal memakai teknologi laser juga untuk menggantikan busi sebagai pemantik api?

Semoga bermanfaat
Salam coolrider fixer 🙂

First Sight Suzuki Hayate 125, Cakep Euy…!!!


Kemarin sore saya diajak seorang teman saya ke dealer utama Suzuki Jajar Solo untuk berli spare part Satria FU-nya. Nah, kebetulan sekali saya pengen sekali melihat secara langsung matic terbaru Suzuki yang diiklankan oleh si tampan Irfan Bachdim. :maho: :mrgreen: Okey, saya pun cabut dari konter menuju dealer Suzuki naik Satria FU teman saya sekalian nostalgia sama mtoor ayam jago Suzuki, kebetulan saya yang jadi rider di depan.

Setelah sampai dealer, teman saya langsung menuju bag spare part dan langkah saya tertahan oleh pemandangan line up motor-motor Suzuki yang dipajang di dealer tersebut. Hmmmm… Perhatian saya langsung tertuju ke unit tes ride Suzuki Hayate warna biru yang dipajang disitu dan dengan gaya sok-sokan ambil gambar via kamera hape butut saya.


Saya perhatikan tiap lekuk tubuhnya, eh, desainnya, hmmmmm, ternyata cakep juga nih matic, tidak seperti yang saya bayangkan pada gambar yang terlihat biasa saja, ternyata aslinya lebih cakep! Proporsi bodinya antara depan ke belakang pas sekali. Lampu belakangnya model baru yang inovatif terlihat begitu cantik dan pas dengan bodi belakangnya, menimbulkan kesan modern. Trus lampu depannya juga ciamik, dengan desain menyatu seperti Skydrive, namun tidak terlalu kedodoran seperti Skydrive. Bodinya gambot bin semok dengan lekukan pas dan tidak terlalu memaksa seperti sodaranya, Skywave dan Skydrive. Menurut saya prbadi nih, Desain Suzuki Hayate lebih bagus daripada Skywave, tidak salah Suzuki meluncurkan Hayate kalo buat gantiin Skywave. Tepat!

Coba liat perbandingannya


Ya, itu saja kesan saya dari pertemuan pertama saya dengan Suzuki Hayate 125. Untuk selebihnya saya gak bisa menilai, karena saya juga ndak berlama-lama di dealer tersebut karena teman saya keburu masang part ke bengkel. Untuk selebihnya sekalian performa serta fitur-fitur mungkin bisa masbro lihat lebih lengkap di web otomotifnet saja. Yang jelas nih matic Suzuki cakep banget desainnya, sayang sekali kurang dibekali fitur-fitur penunjang performa seperti kompetitornya, Yamaha Xeon dan Honda Vario yang udah mengaplikasikan sistem pendinginan liquid alias cairan. Tapi kalo lihat dari sisi fungsionalitas serta desainnya saya kira tetep menggoda lah untuk dibeli (beli lagi beli lagi :mrgreen: )

Sekian, semoga bermanfaat
Salam coolrider fixer 🙂

Berkunjung Ke Dealer Minerva : Megelli 250RE, Ada Yang Bisa Jelaskan Ini?

Yup, Hari Sabtu (230411) lalu saya mengunjungi dealer utama Minerva di Solo yang lokasinya deket pusat makanan khas Solo, Srabi Notosuman daerah Sraten, Solo. Saya kesana bersama-sama sedulur KOBOYS yang datang jauh-jauh dari Jogjakarta dalam rangka entah rangka apa, yang jelas atas ide Masbro Ajie Yuda alias Softpack alias Speed Driver buat mempertemukan KOBOYS dengan pihak Minerva Solo. Sayang sekali setelah sampe di dealer Minerva ternyata sang petinggi dealer tersebut sedang ada acara lain, sehingga saya dan sedulur-sedulur hanya kebagian acara “pegang-pegang” produk-produk Minerva yang dipajang di dealer, gak sampe ada sesi test ride yang jadi favorit blogger. Hehehe…

Continue reading

Apakah Iklim Di Indonesia Berpengaruh Terhadap Penggunaan Kendaraan Pribadi Sebagai Sarana Transportasi Utama ???

Ya, judul di atas adalah pertanyaan saya kepada sodara-sodara pengunjung blog ini sekalian untuk meminta pendapat sodara tentang masalah transportasi di Negeri kita ini. Kita tau semakin hari semakin bertambah saja populasi kendaraan pribadi di jalan raya, entah itu mobil ataupun motor. Rasa-rasanya hampir mustahil untuk menyetop pertumbuhan populasi kendaraan pribadi kalo melihat animo masyarakat yang masih sangaaaat tinggi terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh pabrikan otomotif. Buktinya, tiap ada gosip tentang tentang pabrikan A yang mau merilis motor ini, atau pabrikan B yang pamer spyshoot motor itu, pasti diserbu komentator entah itu komentator ternak, komentator tulen ataupun komentator keblasuk alias orang yang sedang cari-cari info produk baru.

Continue reading

Hah, Mekanik Suzuki Tidak Tau Suzuki FXR 150 ???

Ini adalah kejadian nyata yang saya alami sendiri tanpa dibuat-buat sedikitpun dan tanpa rekayasa. halah, kayak apa wae lho… Ya, ini adalah sepenggal kejadian yang saya alami sendiri yang berkaitan dengan tunggangan saya sekarang ini, Suzuki FXR 150.

Continue reading

Hasil Race 1 dan Race 2 WSBK Assen 2011 (+Klasemen Perolehan Poin Sementara)

Selesai sudah 2 sesi race gelaran World Superbike seri ketiga di Sirkuit Assen Belanda dengan menghasilkan Jonathan Rea sebagai jawara di race 1 dan Carlos Checa di race 2, kebetulan keduanya sama-sama mempecundangi sang jawara dunia Max Biaggi melalui pertarungan sengit hingga lap akhir dengan selisih tidak sampai 1 detik.

Continue reading