Supra-X 125 R 2005, Keren di Masanya Berkat Sedikit Sentuhan Racing…

Kembali bernostalgila pada masa di kala saya masih duduk di bangku sekolah… Bagi pengunjung lama blog ini, pasti pernah membaca artikel lama saya tentang versi spesial editonnya Suzuki Smash, yaitu Suzuki Smash SR yang muncul di tahun 2004. Yap, Ketika itu Suzuki dan Yamaha lagi asik ngeluarin motor berdarah racing, aggresif dan berkesan “anak muda”. Tapi dari pabrikan yang lain terlalu lelap dengan produk yang desain dan strippingnya masih konservatif, yaitu Honda, dengan Honda Supra X125 -nya.

Well, pandangan orang tentang Honda Supra X125 dan bahkan nama Honda (AHM) secara keseluruhan waktu itu adalah “motornya bapak-bapak” yang gak mewakili jiwa muda yang sporty, aktif dan agresif. Kesan seperti itu itu tidak ada pada produknya honda saat itu, terutama yg bebek lho.
veooPx
pict from http://archive.kaskus.co.id/thread/13817455/0/share-serba-serbi-honda-supra-x-125-all-variants—ver-40—part-2

Eittt, tapi Honda gak tinggal diam kok, meski telat pada akhirnya di tahun 2005 mereka sadar untuk membikin sebuah diferensiasi produk dengan aura racing. Honda Supra X125 yang tampil konservatif itu akhirnya diberi sentuhan minor sodara2, iya cuman sentuhan minor pada tampilannya tanpa menyantuh area mesin ataupun kopling. Cuman dengan permainan warna dan stripping ber-aura racing serta aplikasi velg racing di kaki-kakinya. Meski dengan modal ubahan minor, tapi hasilnya, mayor sodara2, image Supra X125 yang ditambahin “R” di belakangnya pun seketika berubah 180 derajat dari motor konvensional dan kalem menjadi lebih muda, racy dan agresif.

Supra X 125R muncul dengan 3 pilihan rasa, eh warna, yaitu merah hitam, biru hitam dan tricolore ala Honda Racing. Seketika Supra X 125R langsung booming dan menjadi idola waktu itu, Supra-X 125 saja yang konservatif udah laris manis oleh kalangan “Bapak2”. Nah dengan sentuhan racing gini, anak muda jadi gak malu lagi naik Supra karena udah sesuai dengan jiwanya, berkat kecerdikan Honda membalut image racing dengan bintang iklan seorang anak muda di iklannya, pun dengan taglinenya “Xpresi Muda, Xpresi Racing”. Ditambah lagi dengan iklannya yang dikemas menarik, yang digambarkan seorang yang mengendarainya berimajinasi seolah sedang berkendara di sirkuit .
Photo0318
pict from http://forumjualbeli.net/showthread.php?t=11069

Secara performa, saya gak berlebihan untuk ngasih jempol buat performa Honda Supra-X 125R yang mesinnya gak beda sama Supra-X125 hasil keturunan mesin seri C yang memang terkenal bandel dan uiiriitt. Soal tarikan memang tak segesit motor2 Yamaha dan Suzuki, namun kalo napasnya itu, puanjaaaaang masbro, trek lurus jadi makanan lezatnya. Waktu dulu saya masih sering lajo keluar kota magang naik Suzuki Raider 125, penunggang Supra-X125 series sering pede bejaban saya, meski tetep akhirnya menang Raider 125. Hehehe… minimal gak ketinggalan jauh lah.

Yeah, dengan sedikit rangkuman saya di atas, saya berani masukkan Supra-X 12R5R versi pertama sebagai salah satu motor yang berkesan di masa lalu. Supra-X 125R menjadi obat jenuh para penggemar Honda yang sudah bosan dengan tampilannya yang selalu konservatif, yang akhirnya menjadi gerbang pembuka buat versi racing2 produk bebeknya Honda yang lain, seperti Honda Fit-X, kemudian produk fenomenal, Honda Revo 110, yang totally berani tampil beda secara desain dari produk2 sebelumnya.

Untuk yang pengen meminang Supra-X 125R versi pertama ini, saya rasa cukup menjadi pilihan bijak, namun memang perlu merogoh kocek cukup dalam, karena pasarannya masih cukup bagus untuk tahun segitu. Yang perlu diperhatikan adalah kelemahan dari produk AHM taun segitu, termasuk Supra-X 125R ini adalah bodinya yang gampang sekali patah alias getas hingga menyebabkan bodi getarrrr membahana ketika dikendarai, apalagi kalo jalannya rusak.:mrgreen:

Berikut spesifikasinya :

Panjang x Lebar x Tinggi : 1.889 x 702 x 1.094 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.242 mm
Jarak terendah ke tanah : 138 mm
Berat kosong : 105kg
Tipe rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dan peredam kejut ganda
Ukuran ban depan : 70/90 – 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang : 80/90 – 17 M/C 44P
Rem depan : Cakram double piston
Rem belakang : Cakram single piston
Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 liter
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm
Volume langkah : 124,8 cc
Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1
Daya Maksimum : 9,3 PS / 7.500 rpm – 9,18 PS(Injeksi)
Torsi Maksimum : 1,03 kgf.m / 4000 rpm – 0,99 kgf.m / 5000 rpm(Injeksi)
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,7 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Otomatis sentrifugal
Gigi Transmsi : Kecepatan bertautan tetap
Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4-N (rotari)
Starter : Pedal dan elektrik
Aki : 12 V – 3,5 Ah
Busi : ND U20EPR9 / NGK CPR6EA-9
Sistem Pengapian : Carburator – DC CDI / Full Transistorized (Injeksi)

Salam Coolrider Fixer

11 responses to “Supra-X 125 R 2005, Keren di Masanya Berkat Sedikit Sentuhan Racing…

  1. yup..bener..pernah punya..irit..awet..nafas panjang..cuma ya itu geter2 body2 nya…belin2005 saya jual 2010 masih laku 10.250…km baru 25000…
    di pakein cdi racing + porting dikit + jetting karbu…lari cepet dah bisa 125 km/h (speedo supra) cuma yg paling2 parah…shock blkg nya mantul2 ga karuan…terlalu empuk gilak buat cornering bahaya…
    btw counter masbro dkt bengkel knalpot laskar ya?

  2. nah, ini artikel keren..:mrgreen:😎

  3. huahahahaha.. tricolore termasuk ki walau 2006 tapi isih gen 1.. wis nggleleng dewe..:mrgreen:
    iyo sih mas jujur nek nggo tarik-tarikan sampe jumping start supra 125 cen uangel.. tapi nafase cen gendheng kok.. jaman ban standar mbiyen gear 3 iso > 100.. ya dengan penyimpangan speedometer sih..:mrgreen: wis 8 taun tapi kilometer motorku lagi 10 ewuan iki.. :p bensin 1 : 50 an lah..🙂
    melu nampang..:mrgreen:

  4. ehehe, au yo pernah mancal supra om. tapi supra lawas 110 cc. supraku itu hobi tabrakan😆:mrgreen:

  5. pernah punya suprax fi 2009 kalo ga salah . irit banget lama yg beli bensin . tapi perfoma nya kayak nya biasa aja entah kenapa

  6. memang sih sebelum lahir suprax125R motor honda itu kesannya bapak-bapak. tapi setelah supraX125R lahir dan laris manis, kesan bapak-bapak itu hilang.:)
    supraX125 memang top speedny kenceng, saya saja pake shogun125 kalo udah trek lurus kalah bae jeh…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s