Suzuki Raider 125, Saudara Kembar RK-Cool

Okey, setelah membahas satu motor eksotis dari Yamaha kemarin, Yamaha 125Z alias Si Kuning, saya jadi teringat dengan Si Kuning lain yang dulu pernah saya tunggangi selama 2 tahun lebih. Dia juga termasuk salah satu dari banyak motor eksotis atau eksklusif yang pernah mencicipi aspal Negeri kita tercinta, Indonesia selama periode 2002-2004. Dimana saat itu doi muncul bebarengan saudara kembarnya, Suzuki RK-Cool, yang sekarang saya tunggangi ini (Jadi ingat masa jaya-jayanya Suzuki deh), dimana keduanya diturunkan ke sini dengan sistem CBU alias Completely Built Up. Bedanya, Rk-Cool berkelamin 2-tak sedangkan nih motor berkelamin 4-tak. Yup, Dialah Suzuki Raider 125 alias Suzuki FU125.

Menurut hemat saya, Mesin 125cc yang dicangkokkan di Raider 125 adalah Penerus generasi sebelumnya FX125 yang juga merupakan downgrade dari FXR 150, karena teknologi yang disematkan pun hampir sama, contohnya DOHC , 4-valve (2 in, 2 out), Oil-Cooler, TSCC dan dilihat secara kasat mata pun enjin yang dipakai pun hampir mirip, kekar, padat berisi :mrgreen: Perbedaan antara Raider 125 dan FXR hanya pada kapasitas mesin dan jumlah percepatannya saja yaitu 5-speed pada Raider 125 dan FX125 serta 6-speed pada FXR. Jadi bisa saya bilang ketiganya masih merupakan saudara seperguruan.

Satu lagi, kenapa saya sebut Raider 125 adalah saudara kembar beda kelamin dengan RK-Cool? Karena keduanya muncul di Indonesia dalam periode hampir bersamaan, sama-sama CBU dan sama-sama membawa bendera spesies ayam jago “Ayam Jago” yang pada saat itu seperti masa penjajakan oleh pabrikan-pabrikan untuk memunculkan tren motor ayam jago disini. (contoh : Honda Sonic, Honda Nice, Yamaha Tiara, dll). Bahkan di blog Indobikers, keduanya dibilang motor transisi, alias kelinci percobaan sebelum akhirnya keluar Satria FU. Dari sisi spare part pun, antara Raider 125 dan RK-Coool, ada beberapa spare part yang sama persis dan bisa saling tukar, seperti shock depan, setang (ini nih yang sering diburu FUers), Kampas rem, velg depan belakang, cakram depan belakang serta handle rem (beda lhoh ama FU).

twin rooster

My Testimoni
Testimoni saya selama 2 tahun memakai FU125, saya cukup puas dengan Suzuki Raider 125. Dari sisi penampilan, Raider 125 cukup mencuri perhatian saat berada di lampu merah maupun saat parkir. Maklum populasinya di daerah saya cukup sedikit, jadi bikin orang-orang penasaran, bahkan tak segan-segan untuk bertanya-tanya kepada saya. Desain bodinya yang setengah naked, seolah pengen mamerin kekarnya mesin seri F ini. Lampu sein belakang yang terpisah dengan stoplamp jadi ciri tersendiri bagi Raider 125. Jadi bisa saya tarik kesimpulan, Kalo pengen tampil beda di jalanan, Raider 125 bisa jadi pilihan hemat daripada maksa beli motor sport nanggung (harga pasaran seken cukup bervariatif, mulai dari 7-11juta tergantung kondisi).

Dari sisi performa, enjin Suzuki Raider 125 yang didukung teknologi DOHC 4-valve cukup untuk sekedar bermain-main dengan adrenalin. Tercatat rekor top speed yang pernah saya capai adalah 130 Kmh sendiri dan 120 Kmh berboncengan dengan teman saya (versi speedometer) di Jalan sepi Solo-Jogja. Dalam kecepatan tinggi, motor tidak goyah dan tetep stabil, mungkin karena desain rangkanya yang begitu kokoh. Sayang, Untuk akselerasi masih kalah dengan saudara mudanya, Satria FU. Hal ini dikarenakan Raider 125 menggunakan 5-percepatan rasio panjang, sedangkan FU yang menggunakan 6-percepatan rasio rapat. Untuk konsumsi bensin, saya dulu sekitar 1 : 30-35 km, gak terlalu boros lah buat saya.

Untuk urusan spare part, Hmmmmmmm, jadi gak enak nih ngomongnya… hehehe… Kalo soal ketersediaannya sih, saya masih yakin Suzuki masih nyediain kok, seperti di lapaknya Mas Ari. Cuman ya ituuuu, harganya lumayan bikin kantong bolong. Pengalaman saya dulu ketika kampas rem belakang saya habis, saya harus menebusnya di dealer resmi suzuki dengan harga 82ribu rupiah! kemudian gear depan (saja) harganya 73ribu dan balancer setang harganya 50ribuan. Hmmmmm… Tapi ya maklumlah, namanya saja motor eksklusif, wajar kalo harganya lumayan mahal. (menghibur diri :mrgreen: )

Berikut sedikit fiturnya yang saya dapat dari forum motor Filipina
-125cc
-DOHC (Double Over Head Camshaft)
-4 VALVE
-10.4:1
-OIL COOLED
-5 SPEED
-TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber), semacam fitur di intake untuk membuat efek pusaran Bahan Bakar ketika masuk ruang bakar.
-MIKUNI BS26SS
-MONO SHOCK
-DISK BRAKE F/R
-13.3 HP

Dah, itu tadi sedikit informasi dari saya seputar salah satu motor eksotis Suzuki yang pernah merasakan kerasnya aspal Indonesia. Semoga bermanfaat, oiya, ngomong-ngomong ada salah satu blogger yang sampai sekarang masih miara Suzuki Raider 125 di garasinya lhoh, monggo mampir aja ke warungnya masbro Obie.

37 responses to “Suzuki Raider 125, Saudara Kembar RK-Cool

  1. mantep mxku kalah :mrgreen:

  2. Wuih manteb ni,,,saingan ma sonic di jamannya
    Tapi sonic yg masi 2klep kok bisa mpe 13.5hp ya?
    Emng kencengan n iritan mana ma sonic?
    Klo ama cool knceng mana mas? Khn cool 2tak,,sbg pmbanding satria ru 120cc tenaganya 13.5hp tp masi lebih galak dari fu yang 16hp

    Thank u mas adi,,,

  3. podiuum…
    wihh. akhirnya dapet spek lengkapnya mas bro? saya berhari hari ngubek2 forum filipina nggak nemu.. bahasanya aneh juga..hehe..
    klo mau nostalgila sama raider mampir ke rumah…hehe

  4. Thn 2007 pernah tergoda dgn motor satu ini, ditawarin 8,5jt pas.
    Sayang kalah cepat, skrg mlh udh ga minat :mrgreen:

  5. Kerennnn…..dulu sempat berkhayal suatu saat memilikinya……..tapi kalo sekarang ya mending Satria FU sekalian………..

    Mek tekok, amben weruh Raidr 125 ki mesthi wernane kuning.adakah warna lain?

  6. ah gledekanku juga exclusif kok :mrgreen:

  7. tapi satri fu itu masih tetep banyak yang minat , ?
    berarti peroduk , berhasil

  8. bener2 motor exsotis…mantab nihhh, ulas juga testimoni rk-coolnya donk… 😀

  9. ojo di eleng2 masbro, si raider (melu nelongso aku)
    hehe,
    ^_^V piss

    LANJUTGAN..!!

  10. wuih performanya mantab ya mas bro.. sayang, partnya yang mahal ya.. emang suzuki sekarang aga menurun katanya gara2 di masyarakat, udah terset di pikiran pelanggan, krn partnya mahal..

  11. performanya mangtabs.. sayang partnya mahal ya.. emang suzuki aga melemah sekarang, krn katanya orng beranggapan part suzuki mahal.. padahal belum tentu juga loh kalo dibandingin..

  12. Pingback: Suzuki Raider 125,RK Cool nya 4 Tak « ninja150r

  13. mantap gan..krim 1 k tmptq ya..

  14. asameko pade semu disini kawan nak mintak tolong kat lu orang semua sudi tak tolg untok mendapat kan beberape barabg!untok rider 150r

  15. Ane juga pernah make Suzuki Raider 125 gan, bahkan tu motor menemani saya selama hampir 7 tahun dari tahun 2003-2010. Sekarang tu motor uda di lego, karena sudah kekecilan buat ane….memang ni motor mantab abis, cuma yaitu spare part nya susah nyarinya….terakhir dulu ane ganti kampas rem belakang yang harga nya lumayan mahal 100 rebuan klo gk salah….

  16. Berapa jumlah unit suzuki raider yang beredar di indonesia gan? Ane punya atu yg warna kuning-hitam, mau ane jual neh..hehe^^

  17. slmt brgbung mas bro sma sy pny suzuki raider th 2005 ad yg pny bering counroud/bering bambu soalnya setang mtr sy kn . . trims bg yg sedianya ngsih info dmn sy bs cr soalnya sy pesan d dealer suzuki inden n g mau benerin . .. . lokasi jakarta . . thank sma .

  18. info spare part raider 125 donk bos, susah jg nyari nya…

  19. Minta informasi kalau jual part gear depan suzuki raider 125 dimana ya….?

  20. Pingback: Baby Satria FU « Sugiyanto Kenz's Blogs

  21. buat yang nyari part buat raider di bandung hanya ada 1 toko yg nyediain semua part kecuali body aja yg gak ada ada di pungkur broo,cuman 11nya di bandung yg nyediain part buat raider..ane juga masih pake ini motor hhehhehe

  22. agan” ada yg tau ga monoshock yg cocok buat rider biar aga tinggi pake apa ia???soal’y kalo pake monoshock FU ketinggian….

  23. agan” ada yg tau ga monoshock yg cocok buat rider biar aga tinggi pake apa ia???soal’y kalo pake monoshock FU ketinggian….

  24. arriezt cillughbha

    ak jugak nunggangi raider125 masbrow. built up thailand pasti nya.. pkok e I LOVE RAIDER 125…

  25. tanya donk aGan2… kalo mau beli shock belakang raider 125 di Jkt dimana ya ? Tq

  26. Emang cool bner raider.. kecil” buas…

  27. mas pesen lampu stop belakang sama manipol karburator RK COOL DI mana ya mas. udah cari keliling gak dapat dapat. sama ring piston nya juga. tolong hubungi ni saya mas jika ada yang punya. seken pun gak apa yang penting masih mulus kacanya. di fb aja hubgi saya. andre hellfiend.

  28. Kalau satria raider begini biasanya kruk as nya yg di pake buat satria Fu untuk khusus drag race.. karena kruk as satria raider dan kruk as satria Fu lebih berat kruk as satria raider jadi buat motor lebih kencang dan maximal tenaga 3x lipat dari satria Fu zkrg..

  29. Saya juga masih punya gan tarikanya masih mantap aja

Leave a comment