Meski saya kurang suka dengan motor matic, tapi entah kenapa saya tertarik untuk membahas matic yang satu ini. Ya, Yamaha Mio, sang first mover matic (pabrikan Jepang) yang hingga kini masih saja menjadi favorit di segmen per-matic-an. Meski mendapat serangan membabi buta dengan berbagai amunisi matic dari pabrikan tetangga, tapi tetap saja penjualan Yamaha Mio moncer sampai detik ini. Meski Yamaha hanya bermodal facelift ringan-ringan dari seri pertama hingga kini. Kenapa bisa begitu ya?
Kalo menurut saya sih, Desain Yamaha Mio memang sangat cocok dengan selera kebanyakan masyarakat kita. Desainnya terlanjur mengena di mata masyarakat, meski bisa dibilang minim lekuk-lekukan futuristis khas motor-motor jaman sekarang ini. Simpel, imut dan proporsional, itulah kata yang tepat buat menggambarkan gimana desain Yamaha Mio. Mau dimodif jadi retro bisa, mau tampil feminim juga bisa, mau dimodif jadi racing look bisa saja (bahkan racing kitnya pun bertebaran), fleksibel gitu lah desainnya.
Di daerah saya, Mio masih menjadi primadona untuk kelas matic, kebanyakan sih memilih Mio karena desainnya yang pas, gak neko-neko. Mereka tidak peduli yang katanya orang bilang Mio borosnya minta ampun, bahkan pabrikan kompetitor pun sempat nyindir dengan kata “jyadyul”, hal itu tidak menjadi penghalang mereka untk tetap menjadikan Mio sebagai pilihan pertama di segmen matic.
Jadi kesimpulannya adalah pada desain Yamaha Mio yang lebih merakyat, alias simpel gak neko-neko yang bikin Yamaha Mio gak ada matinye (kalo orang betawi bilang 🙂 ). Oh, iya sedikit saran buat Yamaha, Untuk kebaikan pabrikan dan konsumen, ada baiknya kalo di facelift Mio selanjutnya diberi tambahan perangkat keamanan atau Kunci pengaman magnetis, karena udah gak heran Yamaha Mio jadi salah satu motor favorit, favorit curanmor maksudnya. Monggo dipertimbangkan, jangan cuman maen facelift tanggung kayak di update terakhirnya 🙂
Setelah itu tinggal kita lihat saja, sampe kapan sang first mover matic ini bertahan 🙂
Semoga bermanfaat, salam oper gigi
Permemek
kendaraan favoritku ndisik..saiki wes mbuh dadi duit..xixixiixix
Sak genk karo nick mbiyen berarti?xixixii
untuk kenyamanan…aku masih megang miyoh…….boros?? perasaan gak begitu2 boros dibanding scooter coklatku!!! (begawan bilang motor boros patokannya tetep scooter super 80 ..:mgreen:)
Yoi, pas buat postur Indo, gak kegedean gak kekecilan, makane tak bilang fleksibel…Wah, yen Si Super iku mah, RK-Cool tetep kalah boros…
mio hotpants
Weh, malah lagi nyadar aku
motor matic pertama ane, tapi dihancurin ma bini, terpaksa dilego…
sekarang ganti adiknya aja..si xeon racun…
Waduh, ati-ati aja masbro bininya, kan Xeon tambah kenceng juga… 🙂
nasibnya miyo amphibi gimana ya sekarang?
Wah, yen iku tanya Si Manten anyar, Nick69 wae lek
mio,,, semakin seru
Sing penting jangan semakin saru
Miauw… emang nyokot banget gi hati… *padahal gak penah punya. Pinjem punya ipar aja langsung tak tambahin baling2 kinclong di rodanya… asesorisnya buanyakkk.
yuk Hijrah pakai Mio bisa juga http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/12/06/sejarah-kalender-hijriyah/
Tetp belum tertarik matik masbro
Mmmm MIO SEMAKIN LARIS AJA………….
taetep kurang gedhe rasane
nek kaya kasus HONDA SUPRA 100 atawa ASTREA GRAND piye
Kasus propun pakdhe jadi primadona sampe sekarang gitu?
si jyadul masih laris selain karena first mover juga karena iklannya yg gila2an.
siapa sih yg gak kenal kehebatan tim marketing yamaha?
motor dodol aja bisa laris kok klo ditangani YMKI.
Walah jd inget ni..
Si miyo ini jg Bro yang nunjang”i sipaIJO mpe babak_belur en gagar otak..
Trauma ni liat miyo..
@MzBro Adi
Btw, keknya Bro Adi waktu Ndozor pke ninja jg ke Tunjang Miyo kan Bro..
Hehehe… iya kang, gara2 ngehindarin Mio anak SMA…
kayaknya Ninja agak sensi sama Si Miong nih…hehehe
Maklum kebanyakan yang pake Mio tuh ABG-ABG baru ajar motor utawa Ibu2 yang nalurinya kurang tajem 😕 iyo to kang…
desain? yamaha jagonya…
http://blogpakyo.wordpress.com
Setuju masbro… 🙂 Apalagi mogenya, YZF-R1… hmmm
mio imut n kerenn 😀
ya begitu lah image mio udah kadung mengakar, tapi coba kita liat berapa tahun lagi akar itu bertahan
mantabsss…skutik tik tik…hehehehe…
yg masih suka skutik jyadul, boros, minim fitur ya monggo pilih mio.
Eh, model biru yang di foto kedua boleh juga…. 😳
Saat ini mungkin masih pilih si mio, tapi yakin deh next year bakal dibabat abis…Ini bukan hanya soal borosnya, tapi juga dari fitur2 keamanan dan kenyamanan, mio tuh kurang banget…hanya karena first mover aja, tapi yakin bakal segera lengser kok, hehehe
kesalahan terbesar di iklan honda adalah pake njelek njelekin mio, jadi orang semakin dukung nih motor, alias kurang simpatik iklannya.
dan iklan mio nunjukin hondamatic yang pake banci jangkung dan kakinya mentok hingga lecet, begitulah iklan saling pojok-pojokin mojok terus nyampe hamil, brojol deh produk baru jadi terus aja saling mojok biar makin banyak produk baru…..
Ngalep u mio…..
mio my patner….
buat ngeceng….
mojok uga….
hak..hak…hak…..
di dumai populasi mio meledak….
di banding ma matic ttngga….
suzukri n hondon…