Sepanjang hidup saya memang gak pernah punya pengalaman riding jarak jauh entah itu Solo riding atau Touring bareng (relatif sih penilaian jauh-dekat orang beda-beda). Paling mentok sih, Solo-Jogja atau Solo-Magetan, selebihnya paling cuman masih sekitar lingkup karesidenan Surakarta aja. Nah, ini dia yang bikin saya berinisiatif untuk nyari pengganti Cool di tanah Ibukota agar nanti waktu bawa pulangnya bisa sekalian saya tunggangi buat pengelaman riding jarak jauh untuk pertama kalinya buat saya. Saya selalu ketawa tiap ada yang tanya kenapa gak diangkutin ke kereta apa dipaketin saja? Duhhh, Lha wong tujuan nyari motor luar kota tuh biar bisa diunggangin langsung sekalian tour! Gak seru lahhh, jauh-jauh kesana kalo cuman mau maketin motor…
Dan setelah saya resmi dapet si Fixer, satu obsesi saya sejak dulu pun sepertinya bakal terwujud. Setelah Kamis malam saya prepare-prepare riding jauh, entah persiapan barang bawaan, riding gear (yang kebetulan saya dihibahi jaket biker cap sayap kepak), kemudian yang paling penting mempersiapkan fisik dan doa. Jum’at pagi saya bangun pagi dan bersiap berangkat dari rumah kakak saya, Inilah petualangan pertama riding Bekasi-Solo dimulai, sekalian test long journey gacoa baru saya tentunya, Suzuki FXR 150. Start dari kediaman kakak saya di Bekasi pukul 05.15, saya diantar kakak saya ke jalan menuju jalan raya Bekasi-Kerawang, entah daerah mana, yang jelas deket Kalimalang. Dari situ saya pamitan untuk kemudian dilepas sendirian untuk melanjutkan perjalanan. Bye bye Bekasi!
Sebelum langsung ke Solo, saya memang mau mampir ke kontrakan kakak saya, Kerawang untuk menjemput co-rider saya, Mas Prawiro. Perjalanan saya dari Bekasi ke Kerawang lumayan menyenangkan, apalagi jalanan masih lumayan sepi. Saya bisa menggeber Fixer sampai gigi 4-5, mungkin berada di sekitar kecepatan 80-100KMH, saya juga tetep berhati-hati karena banyak yang bilang pengguna jalan di ibukota suka ngawur. Akhirnya sekitar pukul 7 pagi saya sudah sampai kota kelahiran pacar saya, Kerawang. Hehehe…
Setelah bercengkerama sebentar sekalian sarapan, pukul 07.40 saya lanjutkan perjalanan untuk pulang ke Kota Solo, hmmmm, bayangan hamparan aspal membentang begitu jauh dari Kerawang – Solo pun menghampiri, pokoknya nekat gitu aja lah, meski kami sama-sama buta rutenya. Dari Kerawang saya mampir ke Cikampek untuk ganti oli buat jaga-jaga ntar daripada Si Fixer kenapa-kenapa di jalan. Saya lanjut lagi perjalanan, sampai Subang indikator bensin seperti sudah mepet, mampir dulu ke SPBU buat ngisi Pertamax, saya isi hampir fulltank 73 ribu. Setelah BBM penuh, lanjutkan perjalanan dahhh.
Sekitar hampir jam 10 saya sudah sampai Indramayu dimana ada view menarik ketika melewati tepi Pantai Utara.
Satu jam kemudian, masuk ke kabupaten Cirebon
Beautifull Pantura view, 2 gunung
Di Cirebon kota, posisi saya digantikan oleh co-rider Prawiro. Di tangan Prawiro, Fixer digeber abis, bahkan sempat meladeni 4L4y naik V-ixion yang sudah diganti setang jepit dan knalpot yoshimura. Walhasil, si 4L4y yang sepertinya kurang mental, malah mengalami missgear saat pindah gigi, mesinnya pun meraung tanpa bisa lari. Waaaaa, malu abisss… Beberapa saat kemudian, saya ambil alih posisi sebagai rider lagi ketika beranjak dari Cirebon kota.
Jam 1, makan siang dulu di Kota Brebes, nampang dulu ahhhh dengan Kaos KOBOYS utangan (belum lunas) .
Co-rider saya biar sekali-kali nampang, nih Mas Prawiro…
Setelah kenyang, kami lanjutkan perjalanan, satu jam kemudian saya nyampe di Tegal, dimana lagi-lagi saya disuguhi view Pantai Utara yang lumayan bikin segar mata. 😎
Coolrider on Fixer
Lho kok jaketnya Honda? (Maklum cuman hibah dari kakak ipar yang kerja di AHM)
FXR @Pantai Tegal
Setelah mampir terakhir di pantai Tegal ini, akhirnya nyadar juga kalo kebanyakan mampir ntar bisa-bisa pulang kemalaman. Maka dari itu dari Tegal saya mau perjalanan nonstop aja biar cepet sampai, target jam 4 sampai Semarang. Sampai di Batang, mampir ke SPBU untuk ngisi BBM lagi, kali ini cukup premium, karena SPBU lumayan kecil, gak ada pertamax, ngisi 10ribu saja.
Lanjutin perjalanan, nyampe daerah Kendal saya ketemu penunggang motor impian Mas Rozzi, CBR150, sepertinya doi lagi ngetrek karena jalan lumayan sepi. Ini saatnya test performa dengan lawan sepadan, saya kejar doi dengan perlahan, mungkin saat itu masuk kecepatan sekitar 130-140kmh. Setelah saya berhasil menjejerinya, sepertinya kecepatannya emang berimbang, dalam jarak sekitar 100 m dua motor CBU 150cc ini berjejer berdamping sebelum akhirnya masuk tikungan, saya ngalah karena saya belum nguasai keseimbangan Fixer saat cornering, lagian saya juga lagi boncengin orang.
Akhirnya target jam 4 masuk kota semarang terpenuhi, sayangnya dapat sambutan pahit gara-gara saya belum mengenal karakter indikator BBM-nya, walhasil kudu dorong dulu sekitar 500m buat nyari SPBU lagi, dan lagi-lagi terpaksa minum premiyum karena gak sedia pertamax, ngisi 20ribu doank disini.
Setelah masuk Kota Semarang, saya pilih mengambil jalur alternatif menuju Solo, karena dalam pikiran saya ntar bakal lebih cepat buat menghindari kemacetan di jalur utama. Dari sini saya digantikan lagi oleh co-rider Prawiro. Sepanjang perjalanan saya SMS-an sama juragan celengan, Lingga Asmarantaka, siapa tau beliau bisa menyempatkan diri untuk kopdar walaupun sebentar saja. Tapi karena waktu yang mepet, takut telat nyampe Solo akhirnya rencana kopdar akhir tahun saya urungkan. Kapan-kapan ya masbro 🙂
Lepas dari kota Semarang, dibumbui gerimis menembus kemacetan Ungaran, kemudian di Salatiga, Mas Praqwiro yang jadi rider kali ini mengendarai dengan cukup agresif karena mengejar waktu, beberapa kali terlibat manuver-manuver yang bikin saya deg-degan. Akhirnya perlahan-lahan makin dekat saja dengan Kota Solo, ketika masuk Kota Boyolali tersenyum saya sudah bisa tersenyum. Perjalanan panjang melelahkan tapi menyenangkan tinggal sebentar lagi sampai di tujuan, yaitu Kota Solo, meski sebenarnya rumah saya pinggiran, Colomadu.
Alhamdulillah, Tepat pukul 19.45 WIB saya sampai di rumah tercinta, rasanya pengen teriak lega setelah menempuh ratusan kilo bersama motor impian, FXR. Langsung saja saya disambut pelukan hangat Ibu saya yang memang begitu mengkhawatirkan saya sepanjang perjalanan (dasar anak mami) 😛
Data perjalanan :
Rider : Adi Coolrider
Co-rider : Ivan Prawiro
Jarak tempuh : Bekasi – Solo (sekitar 477 km)
Total waktu tempuh : 14 jam (total istirahat 2jam)
Konsumsi BBM : Pertamax 70ribu + Premium 40ribu
Top Speed : 140 kmh
Sekian laporan perjalanan jarak jauh pertama saya. Jangan kaget kalo saya sampe girang begini, lha wong lagi pertama gitu… 🙂
Semoga bermanfaat 🙂
pertamax
weh iso imbang lawan CBR 150 R dalam keadaan boncengan?
Bearti top FXR to.
wah kalo CBR dijual di sini, FXR juga harus, biar ada lawan sepadan..
tentang CBR :
http://maskurmambangblog.wordpress.com/2011/01/08/honda-cbr-150-r-fitur-automatic-light-on-bagaimana-dengan-ini/
Hemmmm, ya begitulah kenyataannya pakdhe, entah ada faktor apa dibelakangnya saya kurang tau 🙂
Suzuki kudu bikin mini GSX 150kali ya 😕
PREMIUM!!!
mantaff euy..CBR di jejerin..boncengan pula
langsung gotong neng jogja mas, kene tak genteni wae
Nyang Solo kene wae 😛 Mau jadi kilaubiru part.2 yo mas?
mudah2an FXR nongol Facelift, biar nyaingin CBR
Setujuuuu, tapi ntar FXR-ku gak eksklusif lagi donk
regone ko rung dilansir ? Plat B bekasi po?
Data perjalanan :
Rider : Elsabarto aka Zoli
Co-rider : –
Jarak tempuh : Sukabumi Bogor – Solo (sekitar 600 km via jalur selatan)
Total waktu tempuh : 12 jam (total istirahat 3 x 10 menit)
Konsumsi BBM : Pertamax 4 x 15 ribu
Top Speed : gakpernahliatspeedometermengganggukonsentrasi
selamat mas Adi, sing sabar ngrumate
bener2 motor exotic, mantap… 😎
Wah, pamer ki…
Percaya deh mas, sampeyan kan sudah pengalaman bertahun2, lha saya baru sekali, baru kenalan sama motorya juga 🙂
WUIH!!! motore MANTAP JAYA!!! Jokine pun juga MANTAP JAYA!!! Congratz!!! rawat yang baik masbro! motor impian ane nih
Siap brooo, eman2 buat ngebut di atas 100 ni, jalan gigi 4 aja di dalam kota 🙂
gaspoll masbro…!!!
puanjangggg dan lammmmaaaa
enak kan touring
Mak nyusss mabro 🙂
Kapan nyang Solo?
wis asik yo touring jarak jauh… lebih seru kalau rame2… tapi lebih bebas kalau sendiri…
Iya mas, mbuh sendiri mbuh bareng yang penting asyik 🙂
eh crita vixinya gmn tuh kok bisa mpe miss gear?suruh naik matic aja alaynya gak bakalan mis gir
wkwkwk
mantafff jayaaaaaa
btw,,denpasar purwodadi 668km,,bawa fxr plg ga nyampe 12jam
prikittieuww
Hahaha… dia panas gara2 co-rider saya agak agresif ridingnya..

Lhah tiba2 geber2 gas di samping FXR saya pake knalot Yosingmurahnya…. Eh, pas diladenin doi malah missgear pas masuk gigi 4
saya langsung ketawa sama co-rider saya… 😆
Yoi, yang bikin lama perjalanan tuh sering berhenti buat foto-foto, dasar narsis
regane pm an wae xixixiixixi
hmmm…jadi pingin memperkosa nich motor aq 😀
Asal ojo merkosa sing duwe lho mas
Oiya, FXR power puncaknya berada di RPM 12500, jadi pindah giginya biar enak kudu di RPM tinggi 🙂
berarti koyo ninja 150 donk, musti dipanteng di RPM tinggi dulu biar enak masuknya, wahhh dadi pingin nyoba 😀
Wah gak mampir nang Jakarta…
ohhh susi asli sunda toh,,hmmmm makanya cantik ya? *OOT!
pantura, rute ku biasane kui , favorit ku Loh bener indra mayu, beda ne mbek awak mu, aku belok selatan arah bumiayu- purwokerto
nek awakmu lurus, arah semarang……
FXR????? hhmmm wis tau mbongkar komplit engine e!, ati2 mas dab, sparepart e luarang (mirip2 paijo) + tapi langka puoll, melebihi langka ne CBR 150 R / paijo
next testing with my paijo 150kpj?????
mantap gan….. itu gakbawa tas apa?
@ tafri, maklum first touring
@cool, karawang e endi?.., teluk jambe, johar, karang pawitan???, lhooh takon opo aku iki?.. 😆 ketularan OOT kang jahe
paling enak trek pemalang batang kendal semarang..wah,kudune kontak karo om yudibatang…
Kelingan mudik pertama,kentekan bengsin ning bangjo boyolali arep kartosuro kae..
@om mit
Maap om, waktunya mepet nih.hehe..
@mas sigit
iya mas..hehe..maka dari itu mas..
@azizy
Wuaaaaa, akhirnya nongol juga yg punya cbr, hihihi…
Ampun mas, aku gak seneng kebut2an, tapi ya bolehlah sekali-kali sparing coba2, hehe..
Yen spare part aku dah tanya2 org suzuki ktnya masih bs dpesan
Kerawangnya cuzzy di sumur bandung, tapi yen masku kontrak di tanjung pura dket RSI..
@tafri
tasnya disingkirkan dulu mas, ndak merusak hasil foto..hehe..
@lekdjie
iyo lek, sepi dan berliku, nyenengkeh..
Hehehe..nyurung lumayan adoh no lek, adoh spbu to
mantap 😎
Yen spare part aku dah tanya2 org suzuki ktnya masih bs dpesan
======================================
batas stock spare part di dealer distribusi adalah +7 tahun, semenjak motor tersebut di discontinue! , pesen sik sing kira2 krusial 🙂
wah untung aku ngertine sik tanjung pura, sebelahan rel kereta, arah cikarang,, 😀 sumur bandung ki ngendi MbuuH :mercon mode: xixixi
nitip di:
http://azizyhoree.wordpress.com/2011/01/08/sh-150-i-skubek-matic-honda-ber-cc-setara-cbr-fxr-r15/
Di New Zealand keluar teakhir 2007, itu ngaruh ke part sini gak yo mas?
Hehehe,,, tanjung purane udu daerah kono, tapi sing deket perempatan bangjo Cikarang-Kerawang
@azizyhore
Sumur bandung, kalo dr johar ke utara ke arah lamaran, pas pertigaan lamaran ambil kiri (rawamerta), kalo kanan kearah telagasari, wadas, cilamaya.., 🙂
spare part bs pake punyanya FU ng?
marai pengen! 😥
cleguk..jan marai ngiler tenan..xuixixixixiixixix
canggih itu fxr baran second,boncengan pake premium lagi bisa sejajarin cbr.mantaf fxr.beli berapa bro
wah, ganti fxr sekarang mas bro? tahun berapa itu mas bro? klo raider 150 populasinya gimana y d sini
salam kenal mas
ckckck.. bekasi – solo?? opo ra pegel mas??
wong aku ae krwg – crb lumayan pegel.. hehe
bbm habis sekitar 4 liter.. jarak 199km..
@aziz : sumur bdg klo ga salah tu di deket cikampek mas aziz
pasaran FXR dijakarta brp ms?
turing dengan CBR 2006,spek standar ting-ting
Jakarta – Jogja 25 Desember 2010 (via Semarang-Magelang)
Shell Super 60 ribu full tank (7050/liter)
Premium SPBU MURI Tegal 20 ribu
Premium SPBU ungaran 20 ribu
jarak 619.85km
bbm = 1 : 35
topspeed : 160 km/jam (lingkar karawang)
hehehe…
Fxr??? Motor 4tak 150cc paling muantaf yg saya tau. Dapet yg buatan tahun 2004,kondisi mesin parah kayak mesin giling,tapi pengen tau kemampuannya n sekalian aja kalo emang mau jebol. Eh taunya masih sanggup ngasepin cbr 150 umur sebulan n ampe sekarang masih muantaf neh motor. He..he..hee… tapi sayang saya lagi butuh duit bro,saya terpaksa harus lepas nih motor tercinta. Kalo ada yg minat hubungi saya ya di no. 081385051771 body baru dicat ulang,mesin masih standar dan lumayan bandel,udah pake rante keteng FU 1set. Dah setahun pake ga ada masalah. Cdi,kiprok juga masih ori. Pajak april,udah atas nama sendiri,alamat tambun-bekasi. Saya mau lepas ini motor 12,5jt nego. Kalo ada yg minat telf/sms saya ya bro. Thank’s before.
By:
Rudy Ryanto fxr
sip bro lam kenal, aku jg br dapet FXR dr Cikarang, tapi plat Colomadu. Hehe…. aneh yak.
Cuman tak paketin. salut buat you….
Boleh juga kopdar, posisiku di Kartasura…..
Pingback: When DOHC 4-valve Suzuki Meet DOHC 4-valve Honda | THE COOLRIDER'S GARAGE
Tenan po ura\
Jadi pengen\
gan minta urutan jalurnya dong,aq dari cikarang kebiasaan naeg bis terus,mohon minta pencerahan dong lewatnya mana ajah,aq juga daerah colomadu,belakang bandara adi soemarmo. tolong pencerahannya,contac ane di bloding_angel@yahoo.co.id ato telp 085642058773