Yamaha Tiara 120, Si Ayam Jago Sexy nan Garang dari Yamaha, Sayang Mati Muda…

Bener2 kesibukan dunia nyata bikin blog ini gak keurus, makin tenggelam tentunya dibawah blog2 yang menggebu2 bahas motor baru pabrikan. Wait! Motor baru? Kenapa tak sejenak kita bahas motor nggak baru, bahkan bisa dibilang langka, yang pernah sempat sekedar mencicipi kerasnya aspal tanah air kita?



Kebetulan saja kemarin saya ketemu teman saya yang masih menyimpan seekor ayam jago sexy namun memiliki power dahsyat ala mesin 2 langkah. Beruntunglah bagi pemilik motor ayam jago berlambang garputala yang bernama Yamaha Tiara 120S, karena Tiara merupakan satu motor yang masuk ke tanah air dengan populasi yang sangat terbatas. Bukan itu saja, Yamaha Tiara yang dipersenjatai enjin 2-tak 120cc terkenal memiliki power dahsyat untuk ukuran motor ayam jago.
image

Yamaha Tiara S 120 di Thailand dikenal dengan nama Yamaha Speed MX 120. Masuk ke negeri kita di awal era 2000-an, tepatnya sekitar tahun 2001. Turun denga n platform ayam jago, Yamaha Tiara dibekali mesin 2-tak berkapasitas 120 cc, pembulatan dari 119.0 cc. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 17 PS di rpm 7500, 😯 cukup badak untuk ukuran bebek. Penyaluran tenaga dibantu dengan sistem transmisi manual 6-percepatan. Power gede harus diimbangi dengan peranti pengereman yg mumpuni, maka sepasang disc brake pun diaplikasikan di roda depan dan belakang Tiara. Untuk mendukung performa dan penampilan racing, Tiara juga udah memakai peredam kejut belakang type monoshock. Dengan desain sexy, fitur oke dan mesin garang untuk ukuran tahun 2000-an, dipastikan Yamaha Tiara begitu menggoda bikers tanah air untuk memilikinya.

Kata sesepuh blogger maniak 2-tak, mas babad, Yamaha Tiara seperti korban regulasi road race. Demi meniru langkah suzuki yang boleh menurunkan RG-Sport ke kancah balap road race kelas 2-tak 115cc. Nah, Yamaha mencoba menjual Tiara disini untuk kemudian diturunkan di arena road race dengan “bore-down” kapasitas mesinnya menjadi 115cc seperti yang dilakukan suzuki. Namun, sayangnya, setelah terlanjur memenuhi stok Tiara di dealer-dealer, ternyata IMI tidak mengijinkan Yamaha untuk menurunkan Tiara di kancah road race, dikarenakan basis mesin dan rangka Tiara sangat jauh berbeda dengan jagoan yamaha sebelumnya, Yamaha F1ZR. Walhasil, akhirnya Yamaha langsung menyetop impor si Tiara sehingga otomatis dealer2 cuma ngabisin stok yang terlanjur dipajang. So, bisa disebut si Tiara ini merupakan motor eksotis yang harus mati muda, padahal kalo saja Yamaha masih mau meneruskan jualannya disini, Tiara bisa jadi idola di kalangan maniak kecepatan, apalagi kalo liat facelift Yamaha Speed MX di Thailand, New Speed MX yang desainnya lebih modern dan aduhai lagi dari Tiara.

Namun, justrulah “nasib malang” Tiara yang mati prematur tersebut menjadi berkah tersendiri bagi pembeli Yamaha Tiara waktu itu. Yaaa, seperti yang udah saya sebut di atas, populasi Yamaha Tiara menjadi sangattt langka di Indonesia. Tentunya suatu kebanggaan tersendiri bisa memiliki satu dari segelintir populasi ayam jago legendaris Yamaha, Yamaha Tiara S 120.

Jujur saya dulu sempat hampir meminang seekor Yamaha Tiara kalo saja saya gak kalah cepet sebelum akhirnya saya cari pelarian ke ayam jago sexy dari Suzuki, Suzuki RK-Cool ysng jadi cikal bakal blog ini. Hmmm, pelarian yang jadi berkah karena saya bisa kenal dengan Coolrider (sebutan saya untuk pecinta RK-Cool) dari seluruh pelosok negeri. (Hayah, malah curhat) :mrgreen:

Kurang afdol kalo belom saya kasih spesifikasinya yg saya ambil dari grup TZT kaskus.
ENGINE TYPE : 2 STROKE CRANKCASE REED VALVE
AIR-COOLED 119.0 CC.
BORE AND STROKE : 54.0 X 52.0 MM.
COMPRESSION RATIO : 6.8:1
HORSE POWER : 17.0 PS/7,500 RPM
TORQUE : 1.55 KPM./7,000 RPM
CARBURATOR : MIKUNI VM22 S.S.
TRANSMISSION : 6 SPEED
SPARK PLUG : C7HSA (NGK)
IGNITION : CDI. DC.
CLUTCH SYSTEM : AUTOMATIC DOUBLE CLUTCH
START SYSTEM : KICK START
FUEL CAPACITY : 6.5 L.
AUTOLUBE CAPACITY : 0.95 L.
DIMENSIONS : 630 X 1,864 X 968 MM.
WHEELBASE : 1,230 MM.
FLOOR HEIGHT : 139 MM.
SEAT HEIGHT : 765 MM.
DRY WEIGHT : 100 KG.
FRONT SUSPENSION : TELECOSPIC
REAR SUSPENSION : MONOSHOCK
FRONT BRAKE : DISC BRAKE
REAR BRAKE : DISC BRAKE
FRONT TIRE : DUNLOP TT900 2.25-17
REAR TIRE : DUNLOP TT900 2.50-17

Saya juga sempat test ride Yamaha Tiara milik teman saya, ntar saya ulas di lain kesempatan aja yah.

Salam damai persaudaraan Coolrider Fixer 🙂

Pict dari : mas babad n mas dwinugros

64 responses to “Yamaha Tiara 120, Si Ayam Jago Sexy nan Garang dari Yamaha, Sayang Mati Muda…

  1. Petromax sik ahhh..
    Bahas honda nice u-box dunk..

    • Saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH JENGGOT atas bantuan MBAH saya sudah bisa membayar semua hatang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya usaha kecil2an sendiri itu semua berkat bantuan MBAH JENGGOT yg telah memberikan anka jitunya kepada saya dan alhamdulillah berhasil,,ramalan MBAH JENGGOT meman memiliki ramalan “GHOIB” yang dijamin 100% tembus,jika anda mau bukti bukan kata2 silahkan anda hubungi MBAH JENGGOT di 0852=9982=9111 silahkan anda buktikan sendiri.

  2. pertama kali kenal dan jatuh cinta motor ayam jago
    yha dari tiara ini. . . sayang faktor fisik gak mendukung naik motor cungkring 😦

  3. lebih enak naek mtr lngka drpd motor yg banyak populasinya.

  4. mbiyen nek esuk sering kejar-kejaran karo MXku (MX kalah 😦 ) tapi saiki sing ndue wes ganti athlet. koyone tenagane memang mantep

    minerva X-Road 150 s, semestinya…

  5. spare partnya gimana mas,ditempatku pernah nemu beberapa unit juga

    (Sedia Payung Sebelum Hujan) Pompa Portabel Untuk Darurat

    • kalo punya motor langka emang wajib deket ama komunitasnya om, biar bisa sharing part2 ori maupun kanibal dari motor lain…
      Dan syukurlah kata teman saya yg punya tiara, part2nya mayoritas bisa subtitusi dari motor lain, baik sesama yamaha ato bahkan pabrikan lain.. gituuu…

  6. 17 ps di 7500 rpm????, cadassss
    blum dash, scagiva stella, sama leo

  7. Ada yg jual rondonya nih, warna merah
    Kemarin liat ℓαƍΐ di display depan konter pulsa di dekat sekitar Jl.Sumur Batu
    Gw kira FU, pas baca stripingnya Tiara
    Msh mulus pula tuh rondo
    Sayang 2 tak yah 😦

  8. Ada lagi yang langka….Yamaha Touch 150
    keluarnya hampir sama di tahun 2000an juga…heheheh
    salam kenal

  9. Yamaha Touch itu 125 cc, mas. Keluarnya memang bareng sama Tiara CMIIW

  10. achmad sya'roni blog

    kalo saya lebih sreg sama 125z yang pure bebek

  11. enek sek adol yamaha tiara/touch ra’ pak……?
    kat ndekmben ngempet ra’ etok”………..

  12. klw bodi yamaha tiara pake mesin 4tak pasti keren tuch
    tapi yamaha mau ngga yah

  13. .sayang mas jagoan saya hrus terpendam kni.. cari”partnya nggak ktmu”,,. kira” yng sama partnya sma tiara apa aja??? khususnya di prov.bengkulu …

  14. wiihhh gila, klo masih ada bisa saingan sama FU tuh,, Tiara salah satu ayago terbaik setelah nova dash.

    http://zrriders.wordpress.com/

  15. Tiara mmng mantap Mas Bro……skrng sy lg nunggangin Tiara Tuh !!! mantap Bnget pke mtor Langka…

  16. gw punya wearna merah manntab,,tarikan ampe jantung kerasa…gasss polllll

  17. 16juta waktu baru dulu.saat itu tiger cast wheel 18,5jt

  18. mas coolrider,

    aku msh nyimpen satria ru 02,
    Kl tes performa tiara vs satria ru, ato tiara vs cool gmn yah..??

  19. semua tinggal kenangan mas bro, yamaha sekrang juga ngluarin jupiter z1 , power full tercepat dikelasnya.

  20. Ayo gan di adu .
    Honda Nova Dash 125rs vs Yamaha Tiara S J120Z ?

  21. yang jual yamaha tiara hub kipli yah. pokonya motor ayago thailand jg ga pp

  22. misi agan agan.
    Ane mw cr tiara ni. Lokasi kediri
    kalo ada yg jual sktaran jatim tlg sms 088217188567
    .mksih agan

  23. saya baru 2x ktemu ini motor masbro, dua2nya warna biru kondisi gg terawat…yg make org tionghoa, yg 1 lagi msh anak muda.
    tp salutnya raungannya msh halus (knalpot msh std) n kentjaannggg

  24. wew saya masih nyimpen 1 tiara tuh gan……………

  25. Ymki sajikan buat biker2 yamaha kasih 4 tk.jangan kami cuma coment trus

  26. Pukul satria tunjukkan kalo ymki pemimpin sektor seport.kasih adik tiara di era injec.rudh lama satria di tanh air tpi ymki blm ad kbr sajikn ayam jago

  27. saya sedang mencari sebiji injin yamaha touch..sy mahu beli…sesiapa yg mahu jual add facebook sy..
    dekmart foursix..terima kaseh

  28. wah yg langka memang asik

  29. okkk…….mantepp di banyuwangi kira kira ada gakk ya persatuann Tiara…hehehehehe…. pengenn gabung…..

  30. Boyong speed mx.kpn ymki bisa pukul fu.isi motor ymki yg blm ada biar lengkap.

  31. Seharusnya ymki tau ama keluan2 biker udh lama umur si fu di tanah air.tapi ymki gimana ayago sampai skrng tak kunjung keluar

  32. Ayago speed mx giliran ymki boyng setelh ttx

  33. saya ada Tiara 2001 msh mulus. Kalo ada yg minat bis hubungi saya di kawasan jaksel. 0858-1130-8877

  34. mas aku mau bangun tiara yang udah hancur, dimana cari spear partnya ya

  35. motor2 super underbone ky gini lahir prematur alias blom saatny, saat itu masyarakat indo msh blom siap dgn motor2 “canggih” sm ky suzuki FXR 150/TZM150, motor canggih nan eksotik, msh bnyak ktakutan “nanti klo rusak gmn??” cb motor2 ntu dikeluarin jaman skrg ini, sy yakin psti laku bin laris, liet aja HyperUnderbone satria150.. atw ninja krr150 laris manis

  36. bnar jga tu Zaman dulu masih laku mtor yg harga di bwah 15 itu pun sdh kmahalan kalo tiara sdh smpai 20 lbih weh bnyak gk snggup bli,,kcuali yg tajir aj hehe,,mkanya gk lama di produksi ane aja pke satria r dlu,, …

  37. Pernah nyoba dan ternyata bikin sakit hati,,,,,gara” udh gk bsa beli baru

  38. Berarti saya termasuk orang yang beruntung memiliki ayam jago era 2000an, honda nova sonic first gen. Satu angkatan dengan tiara dan sama2 barang langka.

    • Stella Sang Ksatria Putih telah tiba!

      Berarti aq lebih beruntung karena punya Honda Rs Super 2004 Repsol edition yang suuuuuuuuuppppeeeeeeeeerrrrrrr!!!!!! Langka. (kaya nya mah, soalnya ga pernah liat ada Nova Repsol jalan di aspal umum.)

  39. daerah medan ada yg jual spert part g ya????

  40. Stella Sang Ksatria Putih telah tiba!

    Ini mesin yang kalah cepet 1 langkah dari Honda Nova Tena yang legendaris.

  41. Walopun telat buanget ,,ini saya punya yamaha Touch 125cc .. Posisi ada di klaten jawa tengah .. Kalo ada yg minat bisa call 08562849818
    Tp body udah ganti Ninja ,, 9,5jt nego ,mesin masih halus ,geberan jugha mantabbbbb

  42. Misi gan..ane mo jual motor simpean..lagi butuh duit…yg minat langsung aja telpon ke nomer hape ane ya.081233233005.ini daftar motor simpenan ane.:
    1.Yamaha tiara 2001 net 15jt
    2.Yamaha 125z 2002 net 23jt
    3.Yamaha touch 125cc net 15jt
    semua barang lengkap stnk bpkb posisi ada di banyuwangi.mathur tangkiyu sedulur

  43. wah ini benaran ada motor ini? kalo boleh request tolong bikinin artikel spesifikasi new jupiter mx buat nambah wawasan aja.

  44. Necesito los repuesto para la moto tiara y accesorio

Leave a comment