Honda Tiger 2000 New Super Cruiser (2002-2006), Si Macan Tua Pun Belum Kehilangan Pesona…

Ngomong2 soal motor sport dari pabrikan sayap kepak, tentu saja kita tidak bisa melepaskan ingatan kita pada satu motor yang selama hampir dua dekade masih rajin mengisi line-up motor sport Honda, yaitu Honda Tiger. Berbagai komentarpun muncul mengenai motor ini, mulai dari cibiran sampe menebak2 calon generasi terbaru si Macan tua. Alih-alih bahas saya isu-isu yang gak jelas ato saya sok2an 2 jadi detektif yang mencoba mengungkap setrategi2 pabrikan, mendingan saya bahas aja tentang masa lalu si macan, yaitu Honda Tiger 2000 yang pada masanya adalah motor sport terkeren rakitan pabrik dalam negeri di jagad permotoran tanah air.

Memang, AHM sukses “panen” cibiran gara2 masih kekeuh mempertahankan generasi Honda Tiger tanpa ubahan berarti baik di sektor tampilan maupun mesin. Namun ingatlah kala itu, ketika era Tiger 2000 New Super Cruiser, yaitu generasi kedua facelift dari versi sebelumnya Honda Tiger 2000 Super Cruiser yang muncul dengan kode GL-200S pada tahun 2002 dengan beberapa perubahan, yang paling terlihat adalah desain buntut dan stoplampnya yang lebih cakep. Tiger 2000 New Super Cruiser saat itu menjadi idola kaum lelaki yang mendambakan tunggangan gagah, tangguh serta nyaman dipakai touring.

Pabrikan lain? Memang saat itu belum ada lawan signifikan di kelas motor sport 4-tak, karena pabrikan lain masih asyik dengan motor sport 2-taknya, macem Yamaha RX-King, Kawasaki Ninja. Sementara Suzuki malah mendatangkan Thunder 250 CBU yang menyebabkan harganya dibanderol tinggi, sehingga kurang diminati saat itu. So, Gak heran Honda Tiger jadi rujukan nomor satu untuk penggemar motor sport touring, sampe2 komunitas Tiger pun tumbuh jadi komunitas besar yang disegani di jagad permotoran.

Dari sisi dapur pacu, mesin 200cc Tiger 2000 memang sering dicibir sebagai mesin jadul, miskin fitur dan teknologi terkini. Namun pada kenyataannya hal itulah yang membuat Tiger masih disukai beberapa kalangan, karena dengan mesin “apa adanya”, Tiger 2000 dipuja karena kemudahan perawatan, kemudahan suku cadang, serta yang penting adalah ketangguhan enjin Tiger tidak perlu diragukan lagi untuk dibawa berpetualang jarak jauh alias touring.

Dan gimana nasib si Macan tua sekarang? terlepas dari versi faceliftnya yang revolusioner hingga disebut Tiger Revo, saya masih sering lihat Honda Tiger 2000 New Super Cruiser berkeliaran di jalan, bahkan dengan sedikit sentuhan modifikasi dan perawatan intensif oleh empunya (apalagi kalo udah dimodif shock belakangnya jadi monoshock) Si Macan Tua pun masih tampak gagah bersanding dengan motor-motor keluaran baru. Jujur, sampe sekarang pun pesona kharismatik dan berwibawa motor 200cc masih belum luntur dari sang Macan.

Segitu aja dongeng si macan tua, intinya, terlepas dari segala komentar negatif kalangan yang entah fansboy pabrikan lain ato memang kurang suka dengan si Macan, Honda Tiger 2000 New Super Cruiser pernah menjadi motor sport paling disegani di negeri ini. Semoga bermanfaat.

Salam Coolrider Fixer

gambar ambil dari bikepics.com

52 responses to “Honda Tiger 2000 New Super Cruiser (2002-2006), Si Macan Tua Pun Belum Kehilangan Pesona…

      • Saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH JENGGOT atas bantuan MBAH saya sudah bisa membayar semua hatang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya usaha kecil2an sendiri itu semua berkat bantuan MBAH JENGGOT yg telah memberikan anka jitunya kepada saya dan alhamdulillah berhasil,,ramalan MBAH JENGGOT meman memiliki ramalan “GHOIB” yang dijamin 100% tembus,jika anda mau bukti bukan kata2 silahkan anda hubungi MBAH JENGGOT di 0852=9982=9111 silahkan anda buktikan sendiri.

  1. sayang..kuharus melepasmu.karena usiamu yang tua membuatmu sakit2an…
    *sayonara macan rongewu 2002..waktu melihatnya terakhir kali rasanya kaya kehilangan sesuatu yg sangat berharga

  2. ndisik th 95an termasuk motor larang. GLPro 5.350.000, Tiger 7000.000, NSR 9.000.000
    astrea grand? 3.500.000

  3. extraordinaryperson

    mesin sederhana, harga sparepart selangit

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  4. kelingan jaman SMA iki motor punya magnet tersendiri untuk menarik kaum hawa :mrgreen:

  5. gambar tiger silver stripping item bring all memories motor kawan di Caltex Duri – Pekanbaru.. Dulu kami sering turing Riau-Sumbar..

    Apalagi background di photo itu mirip sekali dengan ruang tengah di wisma-bachelor di Caltex Duri..

    Salam dari negri padang pasir..

  6. si tiger memang sering sakit”an seiring umur nya yg uda renta,,, tp loyalitas pecintanya tetep masih hidup.

  7. jaman mbiyen, nek ora anake wong sugih ra kuwat tuku…
    jan paling gagah sak dusun…

  8. paling suka tiger ya pas keluaran ini… kalem n elegan gituuu….

  9. wueee…. motorku. klo brani masih kuat nyentuh 135 KPJ nih. he3……

  10. salah satu motor idaman,,,
    dulu… biarpun temen muka nya amburadul, tp tetep kyk primus aj dimata cewek2 ……
    ;D

  11. klw awal2 keluarnya ini motor emang termasuk bagus, tapi dari AHM untuk seri selanjutnya tidak ada peningkatan teknologi misal dibuat ada radiatornya, atw dibikin injeksi makanya jadi kurang laku smpe sekarang, tapi klw next tiger sih nggak tahu klw mesin masih kyak penggorengan jangan harap laku banyak… 😆

  12. jujur saja, engine si macan terlihat kecil dibandingkan penampakan keseluruhannya.. beda dengan binter merzy 200 yang enginenya segede gaban. itulah faktr apresiasi saya terhadap binter merzy 200 (KZ-200) dibandingkan Tiger.

    Oya lampu buritan Tiger tetep suka yang keluaran pertama, kalau sekarang ketemu dijalan susah ditebak antara tiger atau ninja KRR150. Itu yang menurut saya bikin bagus.

  13. harga pasarn Kediri sekitar 8-9jutaan. modelnya masih up to date.

  14. seneng rasanya klo msh liat tiger 2000 ttp terawat mulus..

    motor impian jaman disit..

  15. ini bentuk macan yang paling ku suka..sampe sekarang masih lebih sreg bentuk ini daripada facelift setelahnya..apalagi yang item biru CW.. 😀

  16. Tiger 2000, Tiger terbaik dan patut diakui ketangguhan, performa, serta daya tahannya…………..

    Tiger sekarang? pada ngerti sendiri lah 😆

  17. Punya ane 2OO2 MASIh ngengsreng…

  18. Rider Tiger Mmcb

    ..melu ah !! Tiger jadulku lansiran pertengahan 2005 Black blue pelek racing ,handling masih muanteb je ..baru 2bulan kemarin ganti seker dan ring seker !! mlayune bro isih banter…ngga kalah karo tiger revo sing anyar …Siti (Si Tiger) ..Sang legenda di dunia touring .

  19. memang ada kharisma tersendiri ketika menaiki honda tiger..

  20. aku malah br beli TiRev 2011 kmrin….
    Tiger = Legend

  21. tiger mau modif sport atau touring ttp OK..

  22. Agung TIGER2000

    udh tua tapi kecepatannya ga kalah sama motor keluaran sekarang2.. mantap.. tiger 2000… !!

  23. kulo pejah gesang….madep mantep tiger 2000….. rakitan 04…… bagai bini kedua….

  24. numpang tanya nih, dulu.. di tahun 2002 harga new honda tiger 2002 berapa? makasih atas jawabannya

  25. tiger gw th 2005 hitam kemarin baru ganti tankki jadi mulus lg kaya motor baru lg….

  26. mtorku,scorpio,beat,rx king,shogun,tp yg paling kukagumi adalah naik tiger revo 2007 hitam,yg kubeli saat pertma kterima krja,
    krena saat naikinya mbuat stress krena shrian krja jd hilang,skrg aku pingin jual si scorpio dan uangny akan kublikan honda tiger merah maroon kluaran 94 (prtama) i love tiggy

  27. dan aku suka tiger kondisi standar dgn perubhan minim,sprti gnti plek ukuran 17.dan monosok saja,…

  28. Macan tua masih tangguh ga ada lawan.

  29. Gan ane punya tiger 2000 (GL 200) thn 1999 sdh oversize 25 (OS 0.25) mau ganti ke piston Scorpio gimn apa aja yg perlu di rubah ?
    Dari oversize 25 masuk piston scorpio standart jd oversize brp yah gan ?
    perlu dana sekitar brp yah mail gan much.arief@yahoo.com

  30. Ibarat Oldsong..makin tua makin kece,slm bravo (y)

    • Makin cinta aja sm Tiger 2000 gue..gak salah pilih 8 taun yg lalu milih ni motor utk ditunggangi…
      klo di gas kenceng respon msh kyk baru dibeli….irit tetep….gagah tetep…..anteng aja daah monster dijalan juga klo ktemu gua kebut…

  31. ody tiger touring

    Salam Saudara jalanan tiger touring…

    2003 Tiger ane menemani lintas Pantura…

    Salam Anak Tiger Solo

  32. joss, ane klw ad rjeki mau restorasi engine deh kayanya.
    klw udah trus klistrikan, electric starter, aki dll.
    angel yen di selah bos. luwih abot timbang GL Pro Genjot Langsung Prothol (sikile dudu mesine)
    haha

  33. Thank you very much for posting and sharing this great article. It is so interesting for me http://kadopasutri.com/ alat bantu sex and beneficial to all people who read

  34. jadi hayang boga tiger deui euy…hadeuh

  35. Pingback: tiger 2000 edisi 2002-2006, generasi macan dengan desain paling mantep | kankkunk - blognya nbsusanto

  36. Mantappp!!!…..tiger 2000 kepunyaan ane ditahun ini msi 6123 km asli…pasalnya pemilik pertama cma jadiin ni motor buat pajangan dirumah,jd ga pikir dua smpe ribuan kali…langsung ane pinang aj deh si macan 2005, tenaga msih top banget….macan 2000 juoozzzzzzz gandozzzz dahhh….

Leave a comment