CBR-150 Vs YZF-R15, BATTLE OF THE FUTURE

Yes, Battle of The Future (bukan Battle of The Furniture lho ya :mrgreen::mrgreen: ). kenapa saya sebut Battle of the Future ??? Ya karena kemungkinan kedua motor ini bakal ditelorin masing-masing pabrikan di masa mendatang, entah kapankah itu.

VS


Honda yang tidak tinggal diam saja ketika barisan motor sprot-nya mulai dilibas Yamaha dengan V-ixion-nya, Tiger dan Mega-Pro yang sudah lebih dari 1 dekade beredar di Indonesia sepertinya sangat berat ubtuk menandingi keganasan V-ixion yang menyajikan fitur-fitur lebih komplit dengan harga yang relatif lebih murah. Nah, senjata apa yang bakal dilakuken AHM buat merebut kembali kasta motor sprot kedepannya makin berdarah-darah saja. Mmmmmm, kalo menurut ilmu sok tau saya sih, kemungkinan AHM bakal “terpaksa” nerjunin motor yang sudah ndak asing lagi di mata kita, yup CBR-150 lah jawabannya, motor sport tulen yang selama ini seliweran di jalanan tanpa embel-embel AHM. Tentunya kita semua udah pada tau kan, gimana performa Honda CBR di dunia persilatan permotoran Indonesia.

Trus, gimana dengan YZF-R15 ??? Nah, karena AHM udah ngeluarin senjata barunya, YMKI pun bakal merasa terancam dengan kehadiran CBR yang powerfull itu, kalo emang YMKI berani head to head di kelas yang sama, YMKI pasti bakal nurunin R15 buat ngelawan CBR-150. Tinggal ambil aja dari R15 yang ada di Indihe sono yang udah lama keluar, ya kayak FZ16 yang masuk kesini jadi Byson, tapi dengan catatan, YMKI kudu upgrade performa R15 biar ga kalah ama CBR-150.

Nah, Sekarang tinggal nunggu aja ya, biarkan waktu yang ngomong, saya mah cuman sok tau aja, kalo CBR-150 sepertinya peluangnya 75% nih buat masuk sini, di blognya Mas Tri juga udah disinggung kalo AHM bakal ngeluarin motor sport di tahun 2010 di artikel ini, CBR-kah itu??? yeee, saya juga ndak tauuuuu… hehehe…
Sementara buat YZF-R15 tergantung YMKI berani kagak buat kepala ke kepala ama CBR-nya AHM, kalo berani ya turunin tuh R15, kalo kagak yaaaa paling nyari strategi lain (nurunin Fazer 250 mungkin???)

Soal jalannya peperangan ntar dan siapakah yang menang, yaaaa, banyak juga hal yang mempengaruhi penjualan, termasuk penempatan harga, bisa jadi YMKI bakal ngasih harga YZF-R15 lebih murah dari CBR-nya AHM yang bermodalkan nama besar dan bukti kedahsyatan mesin CBR yang emang udah lama menapakkan rodanya di hati bikers negeri kita tercinta ini.

Akhir kata, sekali lagi biar waktu yang ngomong, Wait n see aja dahhhh, sekedar opini sok tau saya, kalo ada opini lain ya monggo… Oret!!??

48 responses to “CBR-150 Vs YZF-R15, BATTLE OF THE FUTURE

  1. Siapakah yang pertamax bergerak

  2. layak ditunggu.

  3. Yang pertamax njenengan bro M.R

    IMHO ya, Kalo head to head d jalan sih mgkn menang CBR apalagi mesi DOHC nya,pzt menang bwt speed,tp trgantung jalanx sepi apa rame?
    Kalo rame,mungkn R15 yg menang,cz karakter msin SOHC tuh agresif d putaran bawah
    CMIIW

    @ mas adi
    Fazer 250? Dari zaman q SMP mas,smpe skrg g ada juga, xixixixi

  4. @kentaro
    bener bgt bro. kabar mau dikeluarinnay fazer 250 udah dari taon kapan sampe sekarang juga blom ada titik terangnya.

  5. @ dian
    Bner bro
    Thunder 150 injeksi jg g ada kenyataanx

  6. @kentaro
    nah, kalo urusan performa kemungkinan Cbr lebih superior..
    tapi yen murah R15 piye jal?
    Soal Fazer ya siapa tau malah yang mau diturunin yang All New Fazer 250 buat nandingi 250cc-nya Honda, Fazer lawas 11-12 kali ama Scorpi

  7. Pingback: NGENET PAKE HAPE MODEM SMART, MURAH COY !! « THE COOLRIDER'S GARAGE

  8. @ mas adi
    Lha kalo urusan menang penjualan yo mboh,hhe
    Aplg klo r15 lbh murah,n org sini pzt bosen sm cbr yg dh wara wiri d sini
    Kalo ahm g mlakukan facelift,pzti r15 lbh laku
    Masalah fazer 250, kalo ahm ngluarin VTR 250 py jal? Genah luweh sangar,hehe

  9. cbr vs R15? gak imbang bro!
    ahm ngeluarin motor ini sama aja harakiri, secara perporma R15 memang kalah powerpul, tapi perporma R15 sudah cukup buat memenuhi hasrat ngebut riders indonesia (lagian mau ngebut dimana jalanan rata2 pada jerawatan, tambah macet lagi). secara desain R15 jelas lebih fresh dan lebih sporty, secara dimensi juga lebih gede dibanding cbr. banyak riders yang mengkritik desain cbr yang terlalu cungkring (termasuk saya, maklum pengidap obesitas bro), bahkan dibanding dengan ninja R, cbr masih kelihatan lebih cungkring.
    ngomong2 perporma cbr itu seprti apa sih?, belum pernah coba soalnya. kalo diadu dengan perporma satria 150 setara gak?.

    • soal bukti performa CBR, coba cek disini saja bro honda-cbr-150-ternyata-emang-dahsyaaaaat, CBR mampu ngimbangi ninja 250R di kelas FFA
      kalo di Solo mah, masih banyak tempat buat test top speed buat macu adrenalin…
      hehehe…
      kalo keduanya gak hadir sini berarti judulnya ganti Battle of the dream…
      Xixixi
      :mrgreen: :mrgreen:

      • FFA yang disentul itu yah?
        kayaknya gak fair deh kalo mengukur perporma dari situ, soalnya motor yang ngikut kan sudah diobrak-abrik habis2an, malah diblognya mas 3 ada yang bilang modifnya habis puluhan juta. lagian waktu itu yang bisa ngimbangin cuman 1 motor, bahkan Ninja RR juga takluk. tapi di next series podium 1-3 diborong semua sama RR. dari sini saja bisa dikatakan asumsi cbr 150 bisa mengimbangi ninja 250 tidaklah sepenuhnya tepat.

    • di sirkuit mas.. temapatnya ngebut sepuas hati.

  10. @ mas adi
    Iya mas, solo masih lengang, kalo malem asik bwt test ngebut,xixixixi
    Solo the spirit of java

  11. Yamaha tampak lebih sporty bro. bagian depan cbr kurang sporty.

  12. cbr lebih cocok utk orang indonesia soalnya karburator bukan injexsi yg serviosnya kudu di bengkel resmi

  13. bro lo lihat lagi kerenan yzf r125 so kalau mau nandingin cbr 150 mending ymki pakai yzf r125 sama sa sporty

  14. klw mo nandingin CBR 150 punyany AHM yah diadu sma yamaha YZF R15 yg pke ECU upgrade dari YMKI (kemampuan sperti ECUny punyanya daytona), gwe lihat d youtube RPM bsa teriak smpe 12.000 rpm baru seimbang, klw lbih ekstrim YMKI berani pke sistem DOHC full injection, performa pasti di atas CBR, stuju ga bro? 🙂

    • @a’iling
      namanya aja balapan mas, ya kudu diobrak-abrik lah, kalo sama-sama standar ya kalaaah, 4tak diadu 2tak..
      ya bukan ngimbangin ya, tapi hampir ngimbangin aja deh istilahnya…
      walopun saya juga belum nyoba ngadu CBR ama satria, tapi saya yakin koq performa CBR masih diatas FU, ama R15? saya tetap pegang CBR untuk masalah performa mesin…
      soal penampilan? relatif lah, selera masing-masing rider, but, keduanya sama2 cakep…

      @parlan
      iya bro, mahalan YZF R125 bangettt…

      @Arif v-ixion
      wah, kalo udah menjamah soal DOHC kudu riset mesin lagi donk pabrikan…

      • bedany SOHC sma DOHCkn noken asny, klw SOHC nokenny 1, klw DOHC nokenny 2. Yah emng sh mngkin riset lgi tpi mnurut gwe sh bsa, karena gwe prnah bca website (gwe lpa di blog mna) sdh ad yg brhasil bikin CS 1 & supra 125 jdi DOHC, brati bsakn? yh itupun klw YMKI mau, ya klw mo jadiin R15ny jdi produk premium mreka, mnurut adicuzzy gmna?

    • R15 di bikin DOHC?? wah, riset lagi donk pabrikan..OK mari kita mimpi..R-15 DOHC Full Injection, ..nah Gimana Klo Honda Thailand, tune lagi mesin CBR, perlu diingant mesin CBR 150-R itu sdh ada dr tahun 2002, templokin ajah Fuel Injection sekalian jelas jauh lbh murah di banding riset mesin DOHC…OK teriak sampe 12 rb Rpm, nah mesin CBR itu bisa teriak sampe 14 Rb Rpm, bukti sdh banyak…Melihat karakter serta dimensi Teknis mesin R-15 (yg notabene sama kek Vixion) dan CBR-150 sih…Klo buat adu kebut saya masih pegang CBR..ruang bakarnya jauh lbh effisien, kompresi mesin lbh tinggi serta, gasingan mesinnya juga entengan CBR kemana-mana even cuma pake Karburator!!!!

  15. hmmmmm… menurut saya sih bisa aja bro, gak ada yang gak mungkin di jaman sekarang, tapi gak semudah itu bro kalo buat suatu pabrikan, banyak banget pertimbangan untuk bikin suatu sistem pada mesin.,
    sepertinya memang perbedaan sepele, hanya 1 camshaft dan 2 camshaft, tapi di dalemnya pasti butuh banyak banget perhitungan yang bisa bikin biaya membengkak lagi, baik biaya riset maupun biaya produksinya…
    menurut saya pihak Yamaha pasti udah memperhitungkan hal itu kenapa gak sekalian bikin mesin DOHC aja, kenapa cuman SOHC, mungkin karena alasan biaya produksi ato karena alasan lain…
    kalo soal CS1 yang dibikin DOHC itu karena udah ada basic mesinnya dari CBR150 (bener kan), trus Supra DOHC itu kalo gak salah bikinan orang Jepun ya?harganya juga selangit kan?

    • Saya setuju dengan analisis mas Adi…Keliatannya sih emang mudah, cuma beda 1 am ma 2 cam…tapi di atas kertasnya jauh lbh rumit, dan bener perlu riset panjang buat cuma ganti dr 1 cam ke 2 cam…dan Trendnya saat ini malah balik lagi ke satu cam..Liat ajah Honda CBR 250R yg baru, yg akan di launching di spanyol…itu cuma 1-cam…tapi tenaganya 40 HP!!! jauh ninggalin Ninja 250R

  16. Bkn bro, cs1 tuh dari cbr125
    Tp kalo mu DOHC, tgl comot silinder headx cbr150, tp masih ada yg perlu disesuaikan
    Kalo yg supra itu,kalo g salah DOHC kitx mpe 17jt, weleh2 bs bl supra seken 2 biji

  17. tul2,coba ad produsen indonesia yg khusus bikin smua jenis motor trutama motr jepun dibikin DOHC,asal biaya ga lbih dri 5 juta, gwe rasa psti laris, bner ga bro? 🙂

  18. udah taun 2010~ kapan keluarnya tu R15 yg bohayy bin seksi~

  19. bro gwe ad modif bwt naikin tenaga vixion, pke kapasitor 4.7 mF diseri pke kabel dngan koil, yg negatif (bgian kaki yg pendek dari kapasitor atw biasany ad tndanya yg negatif atw bergaris putih) terhubung ke ECU, yg positif (bagian kaki yg panjang dari kapasitor) yg ke koil, tarikan enteng bro penangpianny jdi gede aplagi pke busi platinum (nh yg gwe pke) klw lbih gila pke busi iridium, cma modal 5rbu performa mendekati koil racing…, padahal gwe pke ban gede dpn 100/70 blkang 120/70 serasa pke ban yg ukuran stndar, ngacir abiss, rpm mtor stabil bnget trus naikny cepet klw mtor dibejek..murah abiss modifny.. 🙂

  20. klu ad vixion terbaru ditampilkan za.

  21. n vixion tu mesinny g ditutupi pa g beresiko kalo banjir………….trus gmn ngatasinya?/

  22. Justru krn v-ixion itu injeksi,bro..jadi gak usah kawatir banjir.
    Saluran injeksi & injektor tu sangat rapat,shg susah tertembus air. Bahkan saluran udara/filter udara posisinya jg tinggi (hmpr sejajar tangki…jadi aman.

    Andai vixi kenebanjir macet maka bebek2 lain dah pada macet duluan. injeksi tu aman bro. gak kaya karbu. karbu bisa ngembun, bisa banjir & cepet kotor. Kalo injeksi gak bakal kaya gitu.

    Kelemahan vixi cuma 1 yaitu tidak tersedianya part ECU programmable di pasaran indonesia.

    Kalo part tsb dah ready dipasaran indonesia,maka dgn mudah vixi tembus 13.000 rpm alias lari 170-180 km/j….tentusaja diimbangi dg penggantian stang seker…

    mantep kan bro….

    • Mas Joki
      Tul Injeksi (injector) itu aman dari aer…tapi justru ECU yg ga aman dr aer, pan dia elektrik, lah orang kita khan klo banjir maen hajar ajah, eh kelelep deh tuw ECU, langsung modar…gw dah ngeliat beberapa kasus kek gitu dr mulai Supra-X sampe Vixion…heheehh.. Kudu di mengerti, karbu kena air motor masee batuk2x baru mati, Injeksi kena aer (biasanya ECU yg kena aer), langsung modar..benerinnya juga lbh rumit dan mahal.

      BTW alat seperti itu mah dah ada..namanya Piggyback (bukan ECU programmable which is artinya ECU stabd alone). Silahkan beli (yg bagus) Power Commander, lumayan banyak naiin torsi di Vixion.

  23. @A’illin
    yg namanya balap, ya mesin hrs diobrak-abrik. mana ada balapan standar mesin pabrik…..
    kalo motor mo kenceng hrs diobrak-abrik…. motor supersport and superbike aja diobrak-abrik apalagi motor2 yg seliweran di jalan2 di Indonesia….

    FU….ya\\jelas msh dibawah CBR. Gw punya dua2nya…

  24. Kenyataannya: CBR 150R mempunyai performa yg lebih baik dari R15. Kalo kebanyakan berandai2 kesana kemari bisa2 Vixion lebih kenceng dari Kawasaki ninja 250R……jika ini itu…. andai kata ini itu…. misalnya ini itu…. ahhhhhhhh yg kalah udah kalah akuin aja… ya ga bro. Sekarang gw udah beli CBR 150R krn performanya jelas yg paling top di kelas 150 cc 4 tak. Suatu hari nanti (cieee)bila vixion atau mega-pro punya performa mampu mengalahkan performa CBR 150R, CBR gw jual trus beli vixion atau mega-pro….. kok ribet…

  25. aduh…..kok AHM susah bangets sie… ngluarin cbr 150r nya??? padahl dah taw klo cbr laku di pasaran..!!!

  26. klo menurut ilmu sok tw sayah…

    untung meningkatkan performa R15 ya tinggal ganti mesin dengan DOHC + gear 6 percepatan….
    wong masih SOHC performa ga jauh-jauh banget ketinggalannya….sama CBR di trek pendek aja masih bisa menang,,,cuma klo trek masih panjang jelas si R15 a.k.a. v-ixion ketinggalan…

    ngerobah ke DOHC + 6 percepatan paling harganya jadi skitar 30jutaan…

    klo bicara nelorin CBU pasti bakal jauh..
    contohnya suzuki satria FU nya CBU dengan CKD jauh beda,,,performa lebih yahud CBU…

    bagaimana dengan CBR CKD?????

    kita tunggu tanggal mainnya,,

    entah kapan….

  27. Fu, CBR, VIXION, sp y juaranya???

    • aditya vixion lovers

      gw pilih r 15….honda cmk punya model2 itu2 aja…..gak kreatif….lihat aja vixion kren abizszszsz…apalagi sodaranya bung….cbr mah kayak kacang…isinya diambil trus dibuang deh…..low r15 kan uda keren teknonya luar biasa.paku injek…karbu buang aja….toh 10 taon lagi ja gak bakal ada yang namanya karbu.karbu.karburator…. r15 is the best

  28. kasih tau dong kapanr15 keluar

  29. tdk di ragukan lg,honda cbr mmg mantab,

  30. aditya vixion lovers

    cbr cupu…. tuh ada sodara elo…minerva 150r….kwkwkwk…

  31. alahhh kalian fans yamaha nie terlalu memmimpikan r15
    padahal hampir mustahil bro….
    coz penjualan vixion masih bagus…..
    takut nanti mengganggu penjualan vixion
    pha lagi klo dengan harga sekitar 25 juta
    itu bisa mengganggu harga yamaha scorpio yang baru bro…
    bisa2 scorpio gak laku….
    klo harga tepat itu sekitar 28 juta..
    klaupun muncul dengan harga 23-25 juta paling udah di specdown
    mending nunggu cbr 150r yang baru harga bakal di jual 30juta
    py lihat specnya tenaga nyampai 19.5 hp… bro…!
    trus injection juga bisa koqh wat putaran rendah…..
    bandingin sama 16.7 hp jauh

  32. Masih mimpiin motor entah itu cbr ato vixion ato megipret ato tiger ato bajaj ato byson…yg penting punya spek :
    * 150 cc ajah
    * DOHC
    * kompresi 9:1 ajah…biar bs pake premium
    * power 27 dk / 13.000 rpm…mimpi kali yah?
    * torsi 20 nM / 5.000 rpm
    * bobot 120 kg ajahhh…
    * ban depan 110 ban belakang 130
    * 0-100 kmj cukup 3 detik ajahhh…
    * 0-210 meter cukup 6 detik ajah…
    harga 35 juta gpp…
    ….
    ….mimpi kali yah??

  33. Pingback: Yamaha YZF-R15 emang WAJIB facelift | THE COOLRIDER'S GARAGE

  34. mw apapun motor lo2 pada,,,NInja paling kenceng!!smua kentutin dulu ahh…pretttt2222

  35. uadah ktinggalan jman bosss skarang dah ada cbr 250 dan ninja 250rr dah tak kalah lagi ninja 1600cc

  36. 2014 , baru R15 V2.0 lokal yang muncul, sementara cbr150r lokal belum muncul

Leave a comment