Kalo ngomongin transmisi rotary, pasti erat hubungannya dengan transmisi pada motor bebek dengan 4-percepatan maju-maju-maju dan maju. Ya, saking malesnya oper gigi mundur, jadinya dibikin rotary transmission biar netralinnya juga maju terus alias dengan cara nambah gigi. Wah, betul-betul uenak ya pake motor bebek. hmmmmm… Tapi ngomong-ngomong soal rotary transmission, sebenarnya saya kurang begitu suka dengan transmisi kayak gini. Kenapa? Kan enak tinggal injek depaaaaaan terus… Ya, bagi saya yang terbiasa pake transmisi ala mongtor sprot (meski mongtor saya juga bebek), yang gak pake rotary-rotary-an, malah saya terganggu dengan transmisi rotary ini.
Begini, kalo transmisi rotary kan tidak ada mentoknya, jadi kalo mau diinjek maju terus ya sudah sampai telapak kaki sampeyan ngapal tetep aja gak mentok-mentok, namanya aja rotary, ya muteeeeer terus. Nah, masalahnya, kalo aki sampeyan tekor utawa indikator gigi mati atau malah gak ada indikator giginya (emang ada motor kayak gitu? ). Nah, kalo lumayan ribet kalo sudah gini, mau nyari titik netral motor aja kadang butuh waktu lama, ibaratnya kudu grayak-grayak. Apalagi buat tukang parkir yang mau mindahin motor yang gak dinetralin dulu pemiliknya, itu baru satu motor, nah kalo motornya ratusan? Ribet lahhh…
Nah, itu tadi sekedar intermezzo dari saya… Hal ini juga tergantung kebiasaan kok, misal orangnya terbiasa pake bebek kemudian tiba-tiba pake mongtor sprot kadang juga bingung waktu nyari titik netral pada transmisi ala sport, sampai telapak kaki gratil-gratil gak ketemu-ketemu. Kalo saya sih jujur saja kurang suka dengan transmisi rotari. Hehehe… 🙂
Udah lah, Mau rotari apa cut tari yang pengting keep brotherhood saja lahhh 🙂
permemek
celengan mind detected… huahahahaha……….. 🙂
ane ngk pernah pakai tuh rotary…ribet ah..pakai yg normal2 aja….
Sprot sisan lahhh…
Heheheh bener juga, dulu pertama kali bawa Prima (biasa bawa Alfa) agak kagok, ini kok nggak netral-netral…
tapi yaaah teknologi memang perlu edukasi dalam perawatannya
Iyo to pakde, aku yen pinjem Supra125 we sering anyel yen pas mindah motor 👿
urun rembuglah…. ada kurangdan lebihnya ..*menurutku
Yoi om, makanya saya bilang tergantung kebiasaan juga 🙂
Tapi jujur aku gak nyaman 🙂
enak metic,
haha
Pake matic, dandan aja yang cantik…xixixi
fitur rotari gak pernah aku pake,kalo lampu merah mau netralin jg tetep injek mundur giginya 😀
Podo djie 🙂
Lah makanya rawat motor supaya semua indikator di dasbor terus jalan. 😎
Hehehe… Iya masbro… tapi buat tukang parkir gak ngaruh tuh indikator mau idup apa gak…xixixi
mau tanya dong? jupiter z 2008 sdh rotary,tapi py temen jupiter z 2009 kok blm rotary.knp begitu ya?
terimakasih
jiah ada yg ganti pertamax jadi perme2x 🙂
transmisi rotary terbukti inovatif, tuh Y juga ikut-ikut, walau gue gak punya motor bebek, ada setara bebek tapi honda win
wes biasa makai rotary mas bro. wes 10 tahun pakai Prima 89. skr barang masih mulus dan terawat.hehehehe
Kalo sampe fighter chicken & sport bike pake rotary system, apa kata dunia??? hehehe…
Biker serius gak bakal demen sistem rotary, demennya injek 1 kali + nyongkel 5 kali, yoi gak bro? 🙂