MY RK-COOL !!! COOL, MAN !!!

Hehehe.,
Berhubung kemaren ada yang request artikel soal RK-cool saya (bro obeth), akhirnya saya putusken untuk memajukan peluncuran artikel soal teman baru saya ini.,
Jadi gini..

Akhirnya setelah mencari-cari dan cari, ketemu juga pengganti almarhum Raider 125 yang dah pergi entah kemana..halah..
Yupz, dialah SUZUKI RK-COOL alias RK110-SCZ tahun 2002 warna biru-putih khasnya..
Cieeeeelah..
DSC02317
Hmmm.,emang sih ada sisi buruk dan sisi baiknya ketika saya putusken untuk kembali make motor 2-stroke..kenapa saya nekat meminang nih motor??

Jawabannya dari hati yang paling dalem bro, Saya suka motor yang tidak pasaran, seperti dulu saya lebih pilih Suzuki Raider 125 daripada Satria FU.,yaaa,karena itu, bukan motor sejuta umat bro.,
Lanjut ke RK-Cool saya aja deh.,
Pada tanggal 29 Juli 2009, akhirnya saya pinang tuh Cool dgn kesepakatan harga 6jeti plus saya ngasih upah 100 ke makelar, tanpa banyak cing-cong, karena saya udah ndak sabar lagi buat nunggangin si kul, motor yang pernah jadi angan2 waktu saya masih SMP, ndak peduli ntar spare partnya bikin kantong kurus, ndak peduli asepnya yang ngebulin belakangnya, ndak peduli borosnya apalah, ndak peduli antar susah ngejual kembalinya, ah, yang penting hati sreg, bayaaaaar, bungkuuuus gan (kaskus mode: on).,
DSC02266

Sampe rumah langsung saya bawa ke bengkel buat menjalani servis total, abis selesai, saya ndak kaget sewaktu disodori nota sebesar 94rebu..
Tak apalah, namanya aja motor idaman, berapapun aja, kasih daaaaagh..

Setelah keluar dari bengkel, langsung dicoba, jrenggg, masuk gigi 1, lepas kopling, kok jadi loyo ya tarikannya, kata bengkelnya kampas kopling dah aus, yahhh, musti keluar biaya lagi dah, tapi tak apalah, kampas kopling diganti ntar dulu abis THR-an, yang penting bisa jalan n putaran tingginya tetep ganas.wueezz..

DSC02265

Gimana nih performa mesin Cool??
Ternyata gak salah dugaan saya, walopun cuman berkapasitas 110cc, yang namanya 2 tak tetep 2 tak, powernya saya perkirakan lebih gedhe dari raider yang 125cc, putaran bawah loyo (mungkin karena kampas kOPling aus) tapi putaran atasnya tetep ganas, hampir saya ngimbangin vixy di jalan solo-jogja, padahal dulu raider aja ngos-ngosan ngejar vixy.,
Tapi sayang Untuk ngelibas tanjakan ndak kuat, naik ke atas parkiran mall gak kuat, padahal cuman masuk 2, di gigi yang sama, raider 125 dengan mudah ngelibas tuh tanjakan.,
Overall : power garang tapi terlalu banyak dimakan reduksi dari kampas kopling yang aus tadi, jadi saat ada beban lebih (saat akselerasi) tenaga serasa lemot..
Top speed sekitar 120an, truz konsumsi bensin sekitar 1:25 km lah buat ngebut, kalo santai mungkin bisa 1:30 km-an..

Soal penampilan gimana?
Ini nih yang bikin kepincut ama RK-Cool, bener-bener cool dah seperti namanya.,
Walopun emang udah lecet sana-sini, udah ndak muluss lagi, tapi tetep aja cool.,
Shock belakang udah ganti YSS, jadi agak nungging dari biasanya.,
Di dasbornye menempel speedometer (mati, mau saya idupin kapan2), indikator BBM, indikator sein, indikator oli samping, dan yang menarik, ternyata ada indikator gigi-nya, bagi saya yang katrok ini, saya lumayan terbantu ama ni indikator (raider tidak ada).,rencana mau saya tambahin takometer digital ntar kalo dapet THR.Hehe..

Saya cukupkan dulu perkenalannya, kesimpulannya saya puas ama RK-cool, di jalanan jarang ketemu kembaran, cocok dah di hati saya sebagai pecinta motor yang ndak pasaran, murah pula.,hehe..

Viva, 2-tak, viva, Suzuki, viva kosmetik (lhoh !!??)

Maturnuwun.,

GROUP KOMUNITAS RK-COOL DI FACEBOOK KLIK DISINI

GROUP KOMUNITAS RK-COOL DI KASKUS KLIK DISINI

LAPAK SPARE PART ORIGINAL SUZUKI SGP KLIK DISINI

101 responses to “MY RK-COOL !!! COOL, MAN !!!

  1. naahh gitu dong bro… baru ajiib. BTW gw juga pake stang jepit-nya RK Cool atw Raider 125 di FU gw.. enak buat nyelip-nyelip… lebih membumi…( waaalllaaahh..)

  2. sorry lupa nambahin FU gw juga warna biru putih bro.. (ciri khas Suzuki..) hehehe….


    • Wew, sesama pecinta ayam jago suzuki neh bro..hahaha..
      Iya,tuh, setang satria ketinggian ah, mending ganti raider 125 ato cool (kebetulan pernah make semua) pas deh ama postur ane.,
      Btw blm sempet ngadu ma FU neh.hehe..
      Ntar de, si cool blom fit.,

  3. weh keren mas…Cool….
    dulu sempet kepincut sama Cool sih tapi berhubung motor CBU, takut susah kalo gimana2 jadinya “cinta kandas di rerumputan”…
    eh sekarang malah ngambil Apache…

  4. Iya,mas fander.,
    Ni motor impian dulu semasa smp.,hehe..
    Saya sih, positip thinking aja soal spare part, Dulu saya juga pake motor CBU, Raider 125, kebetulan spare partnya masih bisa pesen di beres.,
    Btw apache jg macho bgt mas.,mantafff..

  5. yang jual onderdilnya si mna aku butuh gigi kick stater RK-cool

  6. tian rahmatullah p

    platmu AD tow bos????
    q jg pny si cool neh,bkn club cool djgj yuk…


  7. @tian
    Aku sih setuju aja bro, tapi yen di jogja aku jarang bisa ngumpul donk.,
    Biar rame gabungin skalian wae bos ama club raider jadi ntar CRC (Cool-Raider Comunity).hehehe..:):)
    Btw lagi puyeng ni, pistonku jebol!

    • tian rahmatullah p

      blh jg thu,tp ngumpule neng ndi?????????q asli klaten bos>>>>>>kwe wng ngendi bos???????????????


      • Klaten???
        Wah,kebetulan banget bos..
        Aku wong Colomadu tapi magang di Klaten, jadi sering ke Klaten, sering ketemu cool juga, gek2 dirimu kuwi bro..
        Lha piye community-ne? golek konco sik no.?
        Pistone aq wis tuku punya’e cool oversize 50 bos.,
        Trus tak gawe full shock deh.,
        Ki lagi reyen

    • tian rahmatullah p

      gnti gone satria wae bos…..cocok og………q wngi nyow bar gnti piston,tak gnti satria 120.

    • salam knal bro…. eh piston jebol y? ganti az ma pny tornado. punyaku jg gt….

  8. ane juga pake cool nih, posisi di jakarta…jangan takut ngk ada spareparts aslinya bro…ada yang bisa pake satria 120 / tornado punya..kalo ngk bisa pake, tinggal pesen orinya aja. pasti ada, klo gak tinggaknitip aja, paling 2-3 minggu barang dah nyampe…harga parts emang lumayan…kalo plat kopling cool emang cepet abis nih…katanya bisa diakalin pake rxz punya biar lebih awet, tapi blom sempet coba..tapi ngk semuanya mahal kok…cuman sampe sekarang bolm nemu knalpot racing yang pas nih…hehe..
    bro sekalian ada yg tau forum yg membahas cool gak?klo ada tolong info dong haha…pm aja ke putra_g82@yahoo.com
    thx bro..

    • mas tau yg jual stripping cool g? pny ku br dipake jtuh, jd lecet2 gt….. coz di malang uda muter2 g dpet2.


  9. Thankz bro for info.,
    Kemaren udah dapet piston cool ovrsize 50+ring, harganya bro, 289rb!!Truz di full shock mesinnya.,
    Fyi, kemaren pistonnya jebol gara2 udah diganti piston satria R tapi squishnya tidak dicoak ama pemilik lamanya, Jadinya overheat,piston numbuk kop silinder.,
    Saya belom nemu forum yang bahas Rk-cool ni bro.,
    Sementara kita sharing disini dulu aja gak papa, nih saya gelarin tikar deh buat lesehan.hehehe.,

  10. woww,,,aku pecinta 2 tak bgt,,,mtr ku skr stria lansiran 01 warna biru putih..

    pkknya setelan balap drag abis walo blm d ayago…

    udah ganti stria 3x..rgr1x,honda nsr 150r,trus fiz-r….walopun tu motor nurun dari kedua kakak cowo yg gila balap….asik lo dgn stria ,,pokoknya 2 tak…

    oia,, aku nyari stria hiu sulit ya>>/??tu mtr limit edisi bgt…

    sial ,di cilacap mtr itu laangka bgt…

    mknya aku pingin beli itu mtr…sayangnya hiu agresif taun06 ku ,aku jual 9 wkt taun 2008….tau gini ga jadi jual d…..maju 2 tak!!!

  11. tian rahmatullah p

    lha kwe magange neng ndi boz,kncq sing dwe cool wng 2 boz,asline daerah q akeh le dwe cool,pi q do ra knal jwe………..

  12. wadoh,,gigi 2 gga bisa naik tanjakan..?
    rk-cool gue ajah gigi 4 gampang naik tanjakan..
    mungkin tu karna kampas kopling nya dah aus kali..!

  13. gw br mo beli ni mtr bro, gw lg cari info tentang kelebihan n kekurangan ni mtr, klo ada ksh tau gw y bro, tp bnr bngt kata lo tu bro mang rk cool tu mtr unik, keren, ga pasaran, n yg pasti gw tu pecinta 2 tak dr dulu…

  14. Sala kenal para pecinta RK cool sedunia

    sy punya RK cool dah 6 Th cuma sekarang lg ada masalah dengan pengapianya .semenjak cdi gw ganti sama punya smes terus coil gw ganti sama satria hiu motor gw jadi berebet , sama di ruang pembakaran selalu basah kl busi gw buka. ada yang punya saran ?
    Thaks buat semuanya

  15. tian rahmatullah p

    bgi pecinta cool djogja,tar mlm tak tggu ddepan kampus tercnta STTNAS.hehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehe

  16. Wah,dengan sangat menyesal aku gak bisa ikut ngumpul bro.,hehehe..
    Salam buat yang pada datang ya.,


  17. Wew,maap saya kurang tau ni bos, saya termasuk jemaah baru RK-Cool..
    Coba bawa ke bengkel spesialis 2-tak mungkin bisa menangani.,

  18. Akhirnya gw dpt jg bro ni motor,nawar iseng,thn 2003 gw beli murah cm 3 jt, mesin msh oke,msh standar, cm cat body aja ud agak kusam n lis stripingnya ud ga ada,rencana ni motor pengen gw cat ulang n langsung gw modif biar enak diliat…

  19. tian rahmatullah p

    ayo ko bengi ngumpul neh….tak tggu neng kost q.

  20. Halo semua .. we pengen beli nie baru2.. we sama bukan pecinta produk pasaran, pengenya bukan pasaran kaya dukati tapi warisan bokap nyokap dijual juga masih belum dapet gimane ya..heheh..
    mau beli rk cool ada saran? perawatanya gampang pa susah ?


    • Kalo mau nyari yang gak pasaran n harganya murah ya gak salah bro pilih cool..
      Kalo perawatan ya standar lah kayak motor 2tak biasanya paling service 1-2 bulan sekali buat bersihin kerak-kerak sisa pembakaran ama oli samping jangan sampe telat ya bro.,
      Spare part yang fast moving biasanya masih tersedia ato kalo gak ya bisa pesen di deareh suku cadang suzuki ama sebagian part bisa dikanibal dari motor laen dengan sedikit diakali..
      Thanks bro, atas kunjunganya semoga cepet dapet motornya..

  21. salam knl aje ze… ae anak solo COOL abissssssss……..

  22. ane pecinta suzuki juga ni…tapi tunggangan ane shogun SP…cm penasaran aja ma RK-cool..hm…pengen juga nyoba…cm d medan ada yg jual gak??

  23. keren bro
    q aslix anak madiun trus w kerja di smda pas d sna ternyata w nemu speda yg w idam2in dr dlu yaitu RK110scz di sana bnyak bgt bro speda ky model ayam jago gt d nova dash ampe tiara masi ada. w belix 6 jt pas. trus piston w ganti punya satria oversize 0,5 plus knalpot kolong bekas rx king lumayan bro jarak 500 meter bisa tembus sampi 130+ km/h itu pun gas lom mentok gara2 setang w uda g center, maklum sering nyungsep. pas di jalanan w pernah nyoba d trek lurus ma sonic n satria f lumayan lah dah bisa ninggal 2 bodi bis, wkkwkkwkkkwkk. ok bro maju terusssss….

    • emang bener kalo Cool udah diganti piston Satria larinya jadi nggilani.. hehehe..
      Yang penting ati-ati bro di jalan, safety riding aja, kalo nyungsep kan rugi sendiri, kasian Badan ama kasian Cool-nya.. Hehehe..
      salam Cool ya bro..

  24. bro skalian pecinta cool diseluru indonesia,,gw dpekanbaru riau gw mw jual cool gw gw jamin mulus hrg 6jt nego hub 085365044428

  25. mantap gan… gw juga rider rk cool 110cc domisili di jogja… boleh donk kapan-kapan tukar info buat ngupdrade motor kesayangan gw ini gan.. oke….

  26. ms di jogja ada toko yg jual onderdil rk cool, aq nyari kampas kopling rk cool

  27. Cari seher rk cool dmn??tu rk cool pnya saya dh dbengkel sebulan,blm dpt jg…

  28. Aku juga pake RK Cool. Alasannya sama seperti penulis tadi. sedikit comment aja ya…

  29. Salam kenal smua, mo ikutan gabung bro….

    Posisi di semarang, aku beli RK Cool 2002 seken tahun 2008 seharga 5 jeti, dipakai sampe sekarang gak ada masalah, cuman ya itu, tarikan bawah lemot banget. Penyebabnya mungkin kampas kopling yang abis ato memang karakternya cool emang begitu….

    Spesifikasi naik sedikit : cuman ganti karbu pake satria 120 trus gir belakang ganti 32, top speed nyampe 130 km/jam…..tapi gir depan udah mulai runcing n belom dapat penggantinya yang ori…..
    adanya yg kw 2 seharga 8 rebu yang sementara ini dipasang, takutnya malah gampang rompal…..

    kalo cari gir depan yang ori dimana yah…..
    mohon bantuannya……

    thanks……

    • wah, berarti sama donk bro tarikannya lelet, dulu pernah saya tanyain bengkel katanya bukan karena kampas koplingnya tuh bro, katanya setelannya kurang pas, kebanyakan oli samping, tapi ampe sekarang juga sama aja…

      gear depan saya juga udah runcing-runcing, mau beli belom ada dana, dulu pas saya masih pake raider, saya pesen di Bengkel Resmi Suzuki seharga Rp.73.000,-, tapi itu buat raider, gak tau kalo buat Cool cocok gak…

      Sekali lagi coba tanyakan ke Bengkel resmi terdekat aja bro…
      🙂 🙂 🙂

      • Barusan dapet gir depan SGO pas untuk Cool di Suzuki Pusat Semarang, teryata girnya sama aplikasinya untuk Tornado, Satria RU, RC Bravo…..
        Emang kalo kita waktu nyarinya nyebut gir depan untuk RK Cool…pasti disuruh inden….tapi pas aku bawain contohnya, ternyata sama plek dengan bebek 2 tak Suzuki lainnya….cuman Rp. 37.000 aja….

    • bro ada yg tau dimana beli stripping rk cool g?

  30. slm knal bg para pcnt mtr SUZUKI t’utma yg 2tak mtr sy suzuki satria hiu 2004 rx king standr tews lah
    hehe

  31. bro.. mau tanya gear belakang n depan bawaan rk cool no brp yah?? trs bisa d kanibalin ga sama yg satria 2tak coz gear depan n blkng ane udah aus hehehhe… thx

  32. kmaren lalu baru ganti klu ga salah kampas kopling sama kaya punya shogun or satria gtu uda vesukj biar ku tanyain lagi ke bengkel. kalo piston q masih pinya satu yang oversiza 0,5 alias 50 tapi klu boleh nyaranin ganti aja pake punya satria tarikan n top speed ngerrriii…. seng ada lawan…..
    gear pake punya shogun or satria az bisa koq bos
    stay cool bro

  33. spa yg mow ikt club suzuki rk-cool jogja community hub numb ney 085729353234


  34. @brothercool ari post + vxx
    Ane juga abis ganti gear set + rantai pake ind*p*rts habis 120rb bro, ternyata emang bener sama plek ama bebek suzuki macem tornado ato rc

    @yugo
    Satria hiu emang pemangsa jalanan bro

    @brothercool ega STK
    Dulu pas seher ane masih pake punya satria lawan vixion aja bisa nguntit, mx kelibas jauh..
    Tapi sekarang dah balik ke os 0, top speed cuman dapet skitar 110-120, lumayan buat maen2 ama megapro di perjalanan..
    :mrgreen:

  35. bro mau tanya kemaren ganti blok seher sama seher+ring nya habis brp??
    coz yg saya jg dah bunyi nih sehernya… yg saya os 50 mending pake yg os100 ori ato pake yg seher satria??? thx…


  36. Mending sabar dulu pake yang os50 bro, bertahap gitu aja, soalnya sayang linernya, harga blok silinder lumayan mahal, 440rebu pesan dulu nunggu 2minggu..
    Harga seher 130ribu + ring seher 150ribu, mungkin kalo belinya yang paket seher+ring bisa lebih murah, 190an mungkin..

  37. boss.. gw ada rk cool di rumah tp gak pernah gw pake….. masalahnya bnyk bgt… paking yg di blok ancur trus jadinya ada bunyi jangkrik mulu.. udah bolak bali bengkel.. tris taw ga bwat footstepnya pk apa ya?? yg trakir gw pake anjur gara2 jatoh.. sama yg standartnya ilang…. thx atas infonya yaaa

  38. bRo,, motor gw rk cool juga ni tpi dah naikin kompresi exhaust di cium tuner tampilan gaya standart racing stang pake stang drag tdr trus pelek udah jari”sama knalpot pake ahm malaysia..
    top dapet 150km,, rx king standaran lewat hehehehe…

  39. Salam kenal,
    Gw pecinta cool jg nich,asli cah klaten. Dah 3x gw ajak PP Jakarta-Klaten,n slama di jalan gak ada masalah. Ngaciiir trs,meskipun bbm ny sedikit boros tp tetep puas makai ny..
    Bravo cool…

  40. @Isa
    Wah,sayang ya bro..coba dibawa ke suzuki aja sekalian tanya soal pemesanan spare part, sukur2 masih bisa pesan, dulu tmen saya juga pesen di suzuki kok footstepnya

    @faldo
    Mantab bro,itu konsumsi bensin nyampe berapa bro?
    Saya sih standar2 aja bro, buat harian soalnya..

    @udien
    Klaten-nya mana bro?
    Saya tiap hari lajo solo-klaten soalnya, siapa tau sering ketemu..
    🙂

    Salam Coolrider all

  41. Sebenarnya aku mau gabung ama club motor RK Cool. Tapi di salatiga belum ada. kalau ke jogja jauh…….

  42. to all cool rider indonesia bs ga ya qta bkin ni smua jd resmi?? jd qta bs tkeran info truz sesama cool rider

  43. mau tanya nih bisa ga yah rk cool pake speedometer satria fu???
    thx

  44. Salam kenal Kang.
    Saya pemilik RK Cool th 2002, tinggal di Solo tp kuliah di Jogja.

    Mau tanya apa ada yang tau bengkel servis suzuki 2 tak yang bagus di daerah Solo atau Jogja? Makasih.

  45. di solo ada brad. di daerah UMS, abakura 210M ..tanya aja, banyak yang ngerti kok.

  46. permisi agan2…
    mw nnya ney…
    speedonya rk cool bisa d masukin speedonya stria F g y?
    coz aq sdh ganti kpalanya stria F…
    cm g ad speedonya….
    ad saran g????

  47. ass permisi baginda2 rk cool, q keph dari malang q baru dpt motor 3,3 jt tapi ring sehernya bunyi apa bbisa d kanibalin trus apa ada yang harus di ganti n ada yang jual ring seher aslinya gak? q tgu yah 087859825585

  48. mas punya spesifikasi lengkap raider 125? mau tak masukin blog saya
    kalau sempat monggo mampir
    fu125.blogspot.com

  49. permisi brother rk cool yg plng cool.q mau tanya knalpot racing harian merk apa ya yg co2k buat rk cool q??klo pake ahm punya satria bisa ga?

  50. salam cool

  51. ada info rk-cool yg mo dijual gak bro ? diutamakan posisi di semarang.
    kalo ada ym ke willy_prass .thx

  52. atau suzy raider juga boleh

  53. para master, mau nanya nih, cool sy udah 8 taon umurnya, trus skrg tuh cool udah full tune up, tapi skrg stang pistonnya udah aus batang bawahnya, mau diganti tapi gak ada yang jual(stang pistonnya) dicoba pake satria pen atas bawah sama, laher kruk-as sama, cuman eh punya satria stang pistonnya kependekan(kira2 setengah diameter pen piston atas) kira kira bisa dikanibal gak sama motor apa gitu?….plis……

    speknya: bore up:126,62 cc(piston satria oversize 50)
    karbu :RX-King
    kopling set(rumah, pelat, sama kampasnya,+per):satria
    F.Gear:15-43
    Full porting and polish
    Head:satria, kompresinya sekitar 7,5:1(stdnya kan cuma
    6,5:1)
    Top Speed : 130 kpj-an(berat saya 85kg…hehehehe….)

    • Kalo setang seher beli aslinya aja bro, coba tanyaken lapaknya mas ari di kaskus link-nya di atas itu… 🙂
      Pasti ada kok, kemaren ada yang pesen sekitar 300 an

  54. Pingback: Catatan Setahun Perjalanan Bersama Suzuki RK-Cool « THE COOLRIDER'S GARAGE

  55. Salam kenal br0, ane c0ol rider’s fr0m malang…
    Numpang tanyak, ventilat0r standardnya ntuh bs kanibal pake ventilat0r apa br0?
    Punya satria120 kuk kebesaran?
    BTW berbahagialah yg punya RK 110 SCZ, karena dari ke3 tipe RK-Cool : RK 110 Z, RK 110 SZ, RK 110 SCZ, RK 110 SCZ lah yg versi racing, p0rtingnya agak alus+landai n udah pake katalizer…
    S0, check ur c0ol type br0, heheE…

  56. mantaf om
    salam kenal dari sesema rider suzuki neh fufufu

  57. gan sekalian dimana ane bisa tnya jawab soal motor tercinta nech…?????
    rk cool ane lagi kacau bget nech gan,,,,,,,
    udh kagak terurus…..
    no hp ane 0852 1120 6464
    tolong bantuanna ya gan……

  58. Broooo…, gua jg dah lama bngt cinta ma tu ayam jago yg coooooll. tp, susah nyarinya…,klo da yg mo jual murah, hub gua ni di facebook, namanya adi janoko…., thanks 4u

  59. dmna sih daerah depok yang ada sperpart suzuki RK110 kaki lima kopling ane pda patah niii
    mohon petunjuknya buat pecinta RK110 nya eaah thanks

  60. harris superkips jamers kediri

    MANTAB RK COOL CERITANYA 100 DAH NILAINYA…

  61. Gan mau tanya nih, klo harga stang seher rk cool sktar brpa trus adanya dmna ?
    Tlong kasih info dong agan2 semua untuk daerah bandung.
    Terimakasih

  62. maaf gan di jogja masih ada pecinta cool gak ne,,tolong info

Leave a comment