Sopan Bertanya Saat Di Jalan

Sebagai seorang biker yang sudah mengalami perjalanan ratusan hingga jutaan kilometer selama hidup, tentunya kita sudah pernah mengalami suatu keadaan dimana kita tidak mengetahui arah jalan atau alamat yang akan kita tuju.

Nah, kali ini saya coba membahas interaksi kita sebagai bikers dengan lingkungan sekitar jalan dimana kita tidak mengetahui arah jalan yang kita akan kita tuju, atau alamat seseorang yang akan kita tuju. Dalam kondisi tersebut, kita harus ingat kata pepatah “Malu bertanya, Sesat di jalan” Besar kemaluan, susah berjalan. Ya, kata-kata itu memang benar adanya, saat kita tidak mengetahui arah atau alamat yang kita tuju, kita harus berani bertanya kepada warga sekitar yang kita lewati saat perjalanan agar gak terjadi kejadian keblusuk atau tersesat yang bikin boros waktu dan boros BBM.

Tapiiiii, Meski kita harus memberanikan diri untuk bertanya kepada warga, tapi tidak langsung asal kita tanya pada warga tersebut. Tetapi harus dengan tata cara yang baik dan sopan agar warga yang ditanya tidak tersinggung dan merasa dihormati. Karena pada beberapa kasus, ada orang yang bertanya dengan cara tidak sopan kepada warga, si warga tidak menjawab ataupun menjawab “tidak tau”, padahal dia tau arah jalan atau alamat yang dimaksud si penanya. Bahkan kalo ada warga yang “tega”, si penanya bisa dikasih pelajaran dengan diberitahu jalan yang salah!

Nah lo, makanya di artikel ini saya pengen ngingetin supaya kita berlaku sopan saat kita bertanya pada warga. Gimana caranya? Menurut versi saya sih seperti ini :
1. Ketika sedang ragu-ragu dengan arah jalan, segera carilah pemukiman warga untuk mencari warga yang bisa ditemui.
2. Usahakan cari warga yang tidak sedang sibuk, agar mereka tidak merasa terganggu dengan pertanyaan kita.
3. Berhentikan motor di tempat yang aman dan nyaman, jangan menghalangi jalan atau mengganggu orang.
4. Matikan mesin
5. Lepas helm (kalo perlu, tapi lebih sopan banget kalo buka helm) 🙂
6. Turun dari motor
7. Bertanyalah dengan sopan, jangan lupa ucapkan salam dengan kepada orang yang kita tanya. Kalo di Jawa biasanya “Nuwun Sewu, Pak / Bu, Badhe nderek tanglet… bla bla bla”, kalo dalam bahasa lain ya pasti sudah tau bahasa masing-masing kan. Hehehe.. 🙂
8. Setelah jelas dengan jawaban warga, jangan lupa ucapkan terimakasih beserta senyuman tulus, kalo perlu jabat tangan agar warga merasa dihargai atas bantuannya.
9. Pake helm
10. Hidupkan motor
11. Sebelum menjalankan motor lagi, jangan beri salam lagi pada warga berupa anggukan ataupun kata “Pareng Pak / Bu” atau “Mari Pak / Bu”.

Nah, itu tadi sedikit tips dari saya saat kita menemui masalah dengan kekurangtahuan dengan arah jalan atau alamat seseorang. Kenapa saya bikin artikel ini? karena saya masih melihat sendiri ketika saya sedang main kerumah teman, pas nongkrong di depan rumah kebetulan ada orang yang bertanya alamat seseorang kepada teman saya tanpa mematikan motor, tanpa melepas helm, tanpa turun dari motor. Teman saya yang merasa tersinggung karena tidak dihargai pun hanya menjawab tidak tau, bahkan nyuekin si padahal alamat yang dimaksud si penanya itu satu RT dengan teman saya! Tuh kan…

Sebagai bikers yang baik, kita harus selalu ingat sopan santun di setiap kondisi, apalagi kondisi dimana kita sedang membutuhkan bantuan orang lain…

Sekian aja tips ringan dari saya, semoga bermanfaat. Kalo ada yang punya tips lebih bagus dari saya silakan share disini agar yang lain bisa mencontohnya. 8) Terimakasih

10 responses to “Sopan Bertanya Saat Di Jalan

  1. beda daerah beda adat. Tp sing apik yo sing sopan kaya neng Solo ngono kuwi.

  2. nice tips…ane jarang nanya..jd sering nyasar :mrgreen:

    • @Maskur
      Inggih pakde, apalagi kita kan yang minta tolong, mosok gak sopan yo kepriben..nggih to…

      @nunoe
      Hehehe…makanya jangan ragu2 buat tanya warga, tapi tetep kudu sopan 🙂

  3. kalo ane yg pertama di tanya yah sama cewek dong……cari yg cantik…kalo pada ngk tau yah tanya orang aja….xixixix :mrgreen:

  4. mantap……solo banget…!!!!

  5. Asik, bener banget Mas, ini bukan tips lagi, bahkan ini udah harus disebut sebagai “panduan wajib”. 😀 Saya rasa saya bisa mengerti gimana rasanya ditanya tapi tidak dihargai dan gak “disopani”. 😐

    • @asmara
      Heleh, isih sempet2nya mikir cewek cakep lho ki, namanya wae dewa cinta yoo :mrgreen:

      @junpyo
      Inggih mas jun, wong Solo kudu menjunjung tinggi sopan santun 🙂

      @Asop
      Alhamdulillah ada yang setuju… Kan kalo kita sopan yang ditanya pasti juga dengan senang hati mbantu kita to mas… 🙂
      apalagi yang namanya orang kan beda-beda, ada yang mudah tersinggung juga 🙂

  6. Pingback: Silaturahmi Sragen With Mas Ari Purnomo, Juragan Spare Part Suzuki « THE COOLRIDER'S GARAGE

  7. Pingback: Install GPS Garmin Mobile XT di HP Nokia Symbian (N78) « THE COOLRIDER'S GARAGE

Leave a comment