“Buat apa sih spion?” Masih adakah pertanyaan seperti itu ketika melihat suatu bagian dari kendaraan yang sering dipanggil “spion”? Memang sih jarang sekali pertanyaan tersebut terdengar di telinga, karena kemungkinan pada sudah tau apa fungsi spion pada kendaraan. Tapiiiii, pada implementasinya (sok pake istilah tinggi nih), maksudnya pada prakteknya, ternyata spion tidak cuman difungsikan sebagai alat untuk mengintip situasi di belakang kita ketika sedang riding di jalan raya, tetapi setelah saya amati dan analisa di lapangan, eh, di jalan, ternyata banyak sekali yang memfungsikan spion tidak sebagaimana mestinya, malahan mungkin karena saking kreatifnya, spion disini bisa difungsikan sebagai bermacam2 fungsi, antara lain buat menghindari tilang, buat patut2, buat berdoa dll (hehehe… ngaco )
Sebelum saya menjudge salah satu motor “mahal” yang spionnya sering tidak difungsikan. Lebih dulu saya pengen membahas kesadaran pengendara motor disini akan fungsi spion pada kendaraan yang ditungganginya, karena saya kira kesadaran bikers tanah air akan pentingnya spion masih kurang. Ya seperti yang sudah saya sebut itu tadi, meskipun tampak dua buah spion terpasang rapi di kiri-kanan, tetapi ternyata tidak difungsikan secara maksimal. Sering saya lihat arah cermin pada spion tidak tepat, entah itu ke samping, ke bawah, malah ada yang ke atas. Jadi terkesan spion hanya difungsikan sebagai patut2 saja ato sebagai pelengkap biar tidak ditilang oleh polisi.
disinyalir pemiliknya pengen berdoa terus
Ada juga yang memasang spion lengkap di kanan kiri, tetapi spion yang dipasang adalah spion variasi yang bentuknya imut-imut kecil sekali, yang tentu saja secara fungsi paling gak sampe 25% saja. Malahan pernah saya temui, kedua spion terpasang dengan rapi tetapiii ternyata cuman tangkai dan daunnya saja, cermin yang menjadi fungsi utama spion malah tidak ada, mungkin ini karena pemiliknya abis mengalami kecelakaan dan belum sempat diganti ato karena material spion buruk sehingga kaca mudah rusak.
Kalo saya sendiri gimana? Kalo sekarang siiih, sudah sadar tobat walafiat soal penggunaan fungsi spion, terutama spion komplit di kanan-kiri. Sebenarnya sih saya dari dulu sudah terbiasa memfungsikan spion sebagaimana mestinya, meskipun sebelum-sebelumnya cuman 1 spion saja. Karena dulu tiap beli motor seken dari pemilik sebelumnya cuman dapat 1 buah spion, ya udah 1 spion tersebut saya maksimalkan fungsinya, tiap riding selalu saya cek dan betulin arah pantulan spion yang pas. Nah, kalo sekarang pake Suzuki FXR yang spionnya dari bawaan dapet 2 biji dan secara seiring kesadaran saya dalam hal perlengkapan motor, maka saya nyatakan saya fungsikan 2 buah spion kendaraan saya secara maksimal.
=
Bagi saya, sudah terlalu terbiasa pake spion, kalo kebetulan pas minjem motor yang spionnya gak berfungsi dengan baik pasti saya agak kikuk. Rasanya mau nyalip agak ragu takut tiba2 dari belakang ada yang nyosor ato gak sengaja kepotong jalurnya kan bisa berabe. Trus kemudian kalo pas lagi riding tiba2 ada yang bermanuver dari belakang kita gak tau karena spion kita gak berfungsi dengan baik kan juga bahaya kan?
Nah, kalo sampeyan gimana? Buat apa sih spion buat sampeyan? Monggo… 🙂 Kalo bisa sih, spionnya difungsikan dengan maksimal ya om-om, tante-tante, mas-mas, mbak-mbak, adek-adek, jangan kalah sama bakul mi ayam yang satu ini gerobaknya dikasih spion lhoh!
Salam Coolrider Fixer
gambar dari :
om mitra http://blognyamitra.wordpress.com/2011/03/31/yang-unik2-di-parkiran-motor/
om bodats
kango ngaca wes ganteng opo durung)maho,eh pertamax yo
lha piye mas wis ganteng rung? xixixi
Buat ngaca sambil dandan
wahaha…
Sama
Sepakat….
Spendapat
weh, kita sependapat ya pakde 🙂
bener mas, sy jg skr berasa kagok dan aneh kalo naik motor yg ga ada spionnya, berasa ada yg kurang n ngurangin rasa PD saat riding. malah sekarang saya tambahin spionnya jadi 3 (yg cembung buat ngurangin area blindspot di pinggir n blakang badan)
padahal dulu boro2 pengen pasang spion, wong lampu aja pada ga pake semua(korban mode roadrace tahun 2004) padahal dipake siang malem, tapi seiring usia saya rasa akan sadar dengan sendirinya, buktinya saya (pengalaman pribadi)
mantappsss… perlu dicontoh itu om, jalan raya bukan punya mbah jadi harus waspada juga ama situasi sekitar 🙂
ge ngintip cewek neng mburinee… aseeekk
buakaka malah bahaya mas yen kuwi! 😆
。
spion cukup sebelah…
wkwk
yang suka rosi
http://nakawara.wordpress.com/2012/03/16/motogp-gaya-khas-rossi/
mampir ya om…
ra penting,,,,,larang meneh
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/16/honda-akan-segera-injeksikan-new-megapro/
pengilon..
hehe
http://nakawara.wordpress.com/2012/03/17/jupiter-z-sang-pewaris-tahta/
mampir saudara saudara
jangan ngebut di jalan raya,, ngebutlah di sirkuit..
http://nakawara.wordpress.com/2012/03/18/defensif-riding-minimalkan-accident/
spion standar itu wajib.
http://rusmanjay.wordpress.com/2012/03/19/cara-saya-mengatasi-rem-honda-revo-yang-kurang-pakem/
lagi ngiler masang spion bus AKAP buat aplikasi di motor nih
kagok , riding kaga pake spion
Saya lihat mas, di bandung kecenderungan orang2 memakai spion hanya sebelah kanan saja dan itu pun spion variasi yg kecil..
yang ini kereeen…
baca ya .
http://nakawara.wordpress.com/2012/03/21/analisa-spyshoot-new-vixion-2/
sangat setuju.. jangan mengecewakan penemu dan perancang spion..
betul..maksimalkan fungsinya, jangan cuma gaya yg diutamakan..
Saya paling kesel ama rider yg kaga pernah lihat spion, main nyelonong ke kiri/kanan seenak dengkulnya, bikin org kelimpungan menghindarnya. Saya termasuk org yg kaga biasa bawa motor tanpa spion, krn spion itu udah saya anggap kyk nyawa saya sendiri
Pokoknya eneg banget deh ama rider gak berspion!!!
Pingback: Spion Lipat, Inovasi Apa Blunder…??? | THE COOLRIDER'S GARAGE
Fungsi spion di motor sama dengan fungsi spiondi mobil ! Tanpa spion kita gak bs melihat ada apa dibelakang kita. Spion sangat berguna pada saat kita akan melakukan manuver
Betulll sekali om, sayangnya kesadaran bikers sini masih kurang, spion paling cuman buat syarat polisi aja 😦