Monthly Archives: May 2011

Yamaha SR400, Si Klasik 400cc dari Jepang

Jalan-jalan ke webnya Yamaha Jepang, ternyata eh ternyata saya di line up produknya ada sebuah motor Yamaha yang menarik perhatian saya. Bukan motor sport atau supermoto, tapi sebuah motor dengan desain klasik ala tahun ’70-an dengan kapasitas mesin lumayan gede, 400cc.

Continue reading

Suzuki TL1000, Simbahnya Suzuki FXR 150 yang Usianya Pendek

Lhoh, simbah kok usianya pendek, gimana tuh? Baca dulu… 🙂

Ngomong-ngomong soal tunggangan saya, Suzuki FXR 150, ternyata ada salah satu moge keluaran Suzuki yang desainnya ya sealiran dengan FXR 150 lho, yaitu Suzuki TL1000s. Lekukan bodi yang masih membulat, serta headlamp dengan 2 lampu mirip FXR, kemudian fairing setengah telanjang, alias half fairing membuat beberapa pemilik FXR menyebut FXR merupakan mini TL1000s. 🙂

Continue reading

TVS Tormax 150, Kalo Saja Desainnya Ayam Jago…

Yup, akhir-akhir ini dunia roda dua dihebohkan dengan kehadiran bebek yang katanya disebut Super karena mengusung teknologi-teknologi diluar konvensional untuk ditancapkan pada seekor bebek, dialah si TVS Tormax 150. Pabrikan asal India ini mencoba merayu konsumen (rakyat Indonesia) dengan berbagai macam fitur yang belum ada pada motor lain sekelasnya, bahkan yang di atas kelasnya sekalipun. Apa saja emang fitur-fiturnya? Tidak perlu saya sebutkan secara detail karena di blog lain sudah rame-rame dikupas fitur-fiturnya sampe tuntas, cuman ya katanya engine-nya pake 3 klep (2 in, 1 ex), speedometer canggih yang belum ada tandingan di Indonesia, Knalpot dengan fitur unik dengan 2 pilihan suara (yang tentu diskai para 4l4y).

Nah,dari seabrek fitur yang dibawa oleh TVS ini ada yang harus mengurangi kesempurnaan motor ini sebagai motor bergenre bebek, Apa itu? Secara subyektif saya kurang cocok dengan desainnya, bener kata orang yang nyebut kalo desainnya terlalu berkiblat pada Jupiter MX. Genre desain yang dianut Tormax sepertinya berkiblat pada MX, dengan desain bagian depan headlamp di setang, sein di dada serta dengan pemanis sirip-sirip udara di ujung tebeng, serta spatbor yang dipakai adalah spatbor ala motor sport yang jadi ciri khas MX sejak pertama keluar.

Kalo boleh berimajinasi sih, sepertinya TVS Tormax lebih pantes didesain dengan genre Ayam jago dengan kiblat desain ayago legendaris Suzuki, Satria FU150 yang sampe sekarang masih jadi idola para biker (terutama ABG) meski harganya sejajar dengan motor sport. So, jika pengen tampil beda sebagai sebuah motor bebek dan desainnya masih berkiblat pada desain pabrikan lain, mendingan desainnya mengambil kiblat Satria FU dengan genre Ayam Jago saja. Sehingga citarasa fitur-fitur wah yang dibenamkan di motor ini pun lebih terasa, kegarangan mesin 3 vave pun menjadi cocok dengan tampang garang ala ayam jago. Maklum juga karena menurut saya konsumen masih mengutamakan penampilan dibanding fitur, isitlahnya “buat apa fitur-fitur wah tapi tampilan biasa-biasa saja?”

Jadi, Kalo saja TVS Tormax dibikin desain ayam jago pastinya lebih sering dilirik di jalanan plus bisa jadi idola alternativ para 4l4y yang gak kesampean beli FU. Tapi kalo TVS sudah milih untuk memakai desain bebek seperti Jupiter MX ya sudahlah, ini juga cuman pendapat saya. Wong saya juga gak bakal beli kok. Hehehe… Tapi lain cerita kalo ntar ada yang jual rondonya seharga 4 juta seperti kata mbah Bons… xixixi :mrgreen:

Salam coolrider fixer 🙂

Oleh-Oleh Dari Magelang @Syukuran Nikahan Mas Ady Dhuwur

Hari Selasa kemarin saya menghadiri pernikahan salah satu anggota KOBOYS yang berasal dari Magelang. Saya berangkat sama UG setia saya bareng-bareng sama rombongan KOBOYS Solo, bersama Bro Kentas+Ai, Mas Jahe Sigit, Lekdjie dan Mas Yudo Speed Driver. Setelah semua ngumpul di checkpiont 1 barat pertigaan bunderan Kartosuro, jam 8 start perjalanan panjang ke Magelang dengan rute Kartosuro-Boyolali-Selo-Magelang alias naik turun gunung legendaris di pulau Jawa, Merapi.
Continue reading

Klasemen / Perolehan Poin Sementara Motogp 2011 Setelah Seri ke-4 Le Mans

Kemenangan Stoner di Le Mans belum cukup untuk mengembalikan posisinya ke puncak klasemen karena Lorenzo juga berhasil mendulang tambahan poin dari hasil finish keempat di Le mans kemarin. Sehingga Lorenzo masih aman di puncak dengan 78 poin disusul Stoner di posisi kedua dengan 66 poin atau berselisih 12 poin dengan Lorenzo. Meskipun kemarin gagal finish karena keedanan Simoncelli, Pedrosa masih bertengger di posisi ketiga klasemen dengan total poin 61. Dovizioso melengkapi keperkasaan tim Repsol Honda di posisi keempat klasemen dengan 50 poin.

Klasemen Lengkap Motogp 2011 setelah seri ke-4 Le Mans Perancis

1 LORENZO Jorge SPA 78
2 STONER Casey AUS 66 -12
3 PEDROSA Dani SPA 61 -17
4 DOVIZIOSO Andrea ITA 50 -28
5 ROSSI Valentino ITA 47 -31
6 HAYDEN Nicky USA 39 -39
7 AOYAMA Hiroshi JPN 36 -42
8 SIMONCELLI Marco ITA 22 -56
9 EDWARDS Colin USA 21 -57
10 BARBERA Hector SPA 21 -57
11 CRUTCHLOW Cal GBR 21 -57
12 SPIES Ben USA 20 -58
13 ABRAHAM Karel CZE 18 -60
14 ELIAS Toni SPA 17 -61
15 CAPIROSSI Loris ITA 9 -69
16 BAUTISTA Alvaro SPA 7 -71
17 DE PUNIET Randy FRA 6 -72
18 HOPKINS John USA 6 -72

Okey, itu tadi klasemen sementara Motogp 2011 ini, tenang saja baru 4 seri terlalui, masih ada 12 seri lagi yang masih akan dihadapi dalam perebutan juara dunia musim ini, segalanya masih bisa terjadi masbro, konsistensi jadi kunci sukses pembalap disini 🙂

Salam coolrider fixer 🙂

Hasil Race Motogp Le Mans 2011, Stoner Jawara, Rossi Podium, Simoncelli Ngawurrr…

Usai sudah sesi Race Motogo Le Mans 2011 yang diperkirakan bakal kurang seru dengan dominasi sesama Honda dari sesi latihan bebas hingga kualifikasi ternyata agak meleset. Memang benar race sempat dikuasai para “alien” bersayap kepak dengan pimpinan Stoner, namun kecerobohan Simoncelli merubah segalanya.

Continue reading

Hasil Kualifikasi Motogp Le Mans 2011, Bisa Ditebak, Stoner Pimpin Honda Kuasai 4-Besar

Pos No. Rider Bike Time Diff Diff Previous
1 27 Casey STONER HONDA 1’33.153
2 58 Marco SIMONCELLI HONDA 1’33.212 0.059 0.059
3 4 Andrea DOVIZIOSO HONDA 1’33.621 0.468 0.409
4 26 Dani PEDROSA HONDA 1’33.683 0.530 0.062
5 1 Jorge LORENZO YAMAHA 1’33.706 0.553 0.023
6 35 Cal CRUTCHLOW YAMAHA 1’33.804 0.651 0.098
7 5 Colin EDWARDS YAMAHA 1’34.063 0.910 0.259
8 11 Ben SPIES YAMAHA 1’34.206 1.053 0.143
9 46 Valentino ROSSI DUCATI 1’34.206 1.053 0.000
10 69 Nicky HAYDEN DUCATI 1’34.277 1.124 0.071
11 14 Randy DE PUNIET DUCATI 1’34.351 1.198 0.074
12 19 Alvaro BAUTISTA SUZUKI 1’34.513 1.360 0.162
13 7 Hiroshi AOYAMA HONDA 1’34.612 1.459 0.099
14 8 Hector BARBERA DUCATI 1’34.650 1.497 0.038
15 65 Loris CAPIROSSI DUCATI 1’34.866 1.713 0.216
16 17 Karel ABRAHAM DUCATI 1’35.010 1.857 0.144
17 24 Toni ELIAS HONDA 1’35.433 2.280 0.423

ulasan nyusul, mau ndekor di rumah tetangga dulu 🙂

Rossi dan Lorenzo Sama-sama Mumet Sekaligus Puji Kekuatan Honda

Sudah lihat kan gimana hasil 3 sesi latihan bebas di Motogp seri keempat di Le Mans Jum’at dan Sabtu ini? Sudah pasti dan tidak dapat dipungkiri semua mata tertuju pada satu pabrikan yang menguasai 3 sesi latihan tadi, bahkan seri-seri sebelumnya yang begitu dominan oleh pabrikan Honda.

Nah, kini dua pembalap yang musim lalu masih berada dalam satu tim, Rossi dan Lorenzo sama-sama mengutarakan kekurangan pada motornya masing-masing.

Di sesi latihan bebas, Rossi selalu gagal masuk ke lima besar dan cacatan waktunya selalu berselisih lebih dari 1 detik dengan pembalap tercepat Honda, Casey Stoner. Rossi mengungkapkan bahwa Ducati memang masih tertinggal jauh dari kompetitor. Doi mengungkapkan kalo masih ada beberapa masalah pada motor Ducatinya, terutama dalam beberapa settingan.

Rossi bilang “Pastinya hasil tersebut tidak positif buat kami. Pertama karena kami butuh lima menit tambahan dalam latihan karena perubahan pada shock belakang memberi saya feeling yang lebih baik tapi saya hanya bisa melahap dua lap. Jadi mungkin kalau ada satu atau dua lap tambahan lagi saya bisa memperbaiki catatan waktu dan posisi saya,” Kemudian “Bagaimanapun, kami masih jauh tertinggal karena kami masih sangat berjuang terkait akselerasi. Motornya terlalu gugup dan banyak bergerak saya pikir kami membuat kesalahan dengan bagian belakang. Kami juga masih bisa memperbaiki sistem elektronik. Jadi kami harus memperbaiki masalahnya karena saya kehilangan banyak waktu,” lanjut Rossi.

Kemudian Lorenzo juga senada dengan Rossi, dia menuturkan kalo motornya yang sekarang ini gak lebih kenceng dari versi 2010 yang dia pake untuk menjuarai musim 2010 lalu. “Catatan waktunya tidak lebih baik dibanding tahun lalu, itu masalahnya. Sedikit-banyak motornya terasa seperti tahun lalu, dan catatan waktu lapnya juga sama,” kata Lorenzo.
“Masalahnya adalah pembalap lain sangat jauh di depan dan mereka benar-benar cepat. Jika mereka punya catatan waktu lap yang sama dengan saya maka itu tak msalah. Tapi mereka terlalu cepat saat ini,” lanjut sang juara bertahan.

Sepertinya doi berkaca pada performa mengerikan para pasukan Honda yang dominan di sesi latihan bebas, karena terlihat dari hasil latihan Lorenzo seperti pembalap biasa yang tidak mampu kompetitif di barisan depan pencetak waktu terbaik, padahal kalo melihat ke belakang, Lorenzo secara beruntun memenangi sirkuit le Mans selama 2 tahun dan dia mengincar hat-trick di Le Mans.

Nah, itu tadi komentar dua pembalap yang tahun lalu sama-sama kuat dan sama-sama sedang mengeluhkan performa motornya sekarang ini. Trus apa komentarnya terhadap Tim yang sedang menguasai Le Mans ini? Nih, simak komentar masing-masing.

Kalo menurut Rossi : “Perbedaan akselerasinya impresif. Selain itu Honda juga menjadi motor dengan set-up yang baik. Motornya stabil, sama dengan Yamaha, tapi dengan 20 tenaga kuda lebih banyak,”

Kalo menurut Lorenzo : “Jelas sekali kalau Honda sangat cepat, tapi kami memimpin kejuaraan ini dan saya pikir kami bisa cepat besok. Kami akan mencoba. Kami ditunggu pekerjaan berat, banyak berpikir, banyak berpikir untuk mencoba besok. Kami akan cukup banyak melakukan perubahan pada motor,”

Memang sih kalo melihat catatan waktu para pembalap Honda itu sepertinya berada di level yang berbeda, di sesi latihan ketiga saja sang pembalap tercepat Honda sanggup meninggalkan pembalap tercepat dari pabrikan lain hingga selisih 1 detik lebih! Gilaaaaa…

Tapi tenang duluuuu, ini baru sesi latihan, segalanya masih bisa terjadi masbro, bisa saja ntar Mas Rossi bisa nemuin wangsit settingan yang pas dan Lorenzo juga mamacu M1-nya sampe di luar batas.. Hehehe… Yang jelas pembalap lain jangan mau kalahhh, biar seru Motogp. Oke 🙂

Salam coolrider fixer 🙂