Category Archives: tips

Ckckck… Seorang Biker Kecelakaan dan Tewas Sewaktu Konvoi Anti-Helm…

Ada-ada saja nih dapet berita dari salah satu portal berita otomotif. Ketika komunitas-komunitas biker pada menggalakkan aksi safe riding dengan selalu menanamkan kesadaran untuk memakai peranti keamanan kepala alias helm buat bikers, bahkan sebagian pabrikan juga turut menyelipkan pesan untuk selalu memakai helm saat riding. Eh, di Amerika sono malah ada komunitas Anti-helm yang menentang peraturan untuk memakai helm buat pengendara sepeda motor, yaitu Onondaga chapter of American Bikers Aimed Towards Education (ABATE) yang menentang peraturan pemakaian helm dengan alasan penggunaan helm adalah secara sukarela.

Continue reading

“Safety Riding Adalah Cara Pintar Untuk Aman Berkendara”

Masih ingat kan tulisan saya beberapa waktu lalu yang mengkritik penempatan iklan pesan safety riding yang mengganggu pandangan?

Continue reading

Oalah, Meresize Ukuran Foto Ternyata Mudah Banget…

Dalam dunia perbolggeran maupun perfacebookan, tidak akan lengkap kalo gak ada gambar atau foto. Seandainya suatu artikel dalam blog tanpa disertai foto, sepertinya akan menjadikan artikel kurang menarik pengunjung. Sebagai contoh saat kita membuat artikel mengenai suatu motor, maka kurang menarik jika kita hanya menampilkan tulisan saja, akan lebih menarik jika kita memasukkan gambar motor yang sedang kita bahas tersebut. Yang jelas, keberadaan gambar sangat signiifkan pengaruhnya buat menarik pengunjung blog. Apalagi kalo blognya spesialis menampilkan gambar-gambar pedes (hot) :mrgreen: .

Continue reading

Install GPS Garmin Mobile XT di HP Nokia Symbian (N78)

Dasar saya ini wong ndeso, baru tau hape bisa diinstall GPS juga baru-baru aja. hehehe…
Beberapa bulan silam saya disuruh nyariin hape buat tetangga saya, yaitu Nokia N78, setelah nyari-nyari di kaskus tiba-tiba ada orang Jogja yang nawarin saya N78 yang udah terinstall GPS Garmin Mobile XT (perlu diketahui, gak sembarang Hape Symbian bisa diinstal garmin, tapi cuma yang udah integrated GPS bawaan hape). Setelah ketemuan dan lihat barangnya, saya langsung terkesima dengan aplikasi Garmin XT di hape tersebut plus hapenya yang masih mulus kunyuz-kunyuz. Singkat cerita, sejak saat itu saya jatuh hati pada Nokia N78 dengan faktor utamanya karena sudah built in GPS (sebenarnya juga saya jarang bepergian jauh sih, cuman pengen nyoba aja sekalian buat gagah-gagahan aja :mrgreen: ).

Setelah ngumpulin duit akhirnya pada Hari Minggu lalu (sehari setelah ultah saya :mrgreen: ) saya janjian ketemu dengan seller dari Jogja yang jualan Nokia N78. Dengan semangat 45 saya Solo High Speed Riding ke Jogja (beuhhhh, high speednya RK-Cool cuman seberapa coba) tepatnya ke daerah Seturan. Setelah bertemu dan lihat barangnya, tanpa babibu langsung saja saya ambil aja karena udah buta dengan spek hapenya.

Akhirnya Nokia N78 sudah di tangan, saatnya megnadakan ritual instalasi GPS Garmin Mobile XT. Setelah googling sana-googling sini, akhirnya ketemu blog yang ngajarin nginstall Garmin di HP Symbian macem N78 yaitu DISINI. Setelah baca baca dikit akhirnya saya beranikan diri buat praktek langsung, pertama saya siapkan sebuah menyan,kembang,air putih Laptop, Hape N78 dan sebuah kabel data. Setelah itu download aplikasi Garmin Mobile XT DISINI (17 MB), kemudian jangan lupa Download Keygen buat bobol Key-nya DISINI (544 KB saja), terakhir yang paling jumbo file-nya update Map Indonesia DISINI (166 MB).
Continue reading

Menjelang Lebaran, Berhati-hatilah Dengan Banyaknya Jambret Bermotor..

Baru dua minggu lalu pacar saya menjadi korban kejahatan di jalan raya oleh jambret laknat, eh, tadi pagi lagi-lagi jambret laknat beraksi kembali dengan memakai sepeda motor lagi, parahnya, bukan tempat sepi yang seperti biasa dijadikan sasaran aksinya, tapi kali ini jambret nekat ini berani beraksi di daerah perkampungan deket tempat tinggal saya, bahkan depan rumah saya. Kali ini tetangga saya yang jadi korban, seorang ibu yang udah lumayan tua yang mungkin hidupnya juga pas-pasan. Hmmm, jambret memang gak mengenal status korbannya.

ilustrasi


Continue reading

Tragedi 17 Agustus Di Jalan Raya

Mohon maaf karena beberapa hari agak sibuk, jadi baru update blog sekarang… 😦

Sebelumnya saya ucapkan Salam Kemerdekaan buat Negeriku Indonesia yang tengah memperingati hari Ulang Tahun kemerdekaannya yang ke-65 tanggal 17 Agustus 2010, Selasa kemarin. Semoga Indonesiaku semakin dewasa dan semakin kuat agar bisa bangkit dari keterpurukannya. MERDEKA!!! Cukup itu saja doa dari saya, karena selanjutnya saya sekedar ingin bercerita tentang sebuah tragedi yang masih berhubungan dengan 17 Agustus, kendaraan roda dua dan juga jalan raya.

Tanggal 17 Agustus adalah hari yang “keramat” bagi (yang merasa) warga Negara Indonesia. Sebagai warga Negara Indonesia yang baik, seorang gadis cantik asli Indonesia yang bernama Susiana yang tak lain adalah teman terdekat pemilik warung ini (kalo gak mau disebut pacar) 🙂 turut serta dalam upacara bendera yang diadakan di kampusnya. Dengan semangat cinta tanah air sang gadis pergi ke kampus yang berjarak sekitar 10 kilometer naik sepeda motor matic keluaran salah satu pabrikan yang tentunya bukan berasal dari dalam negeri. Setelah sampai di kampus dia pun mengikuti upacara dengan khidmat untuk menghormati negara yang sudah dia tinggali semenjak lahir hingga dia dewasa.

Setelah upacara selesai, sang gadis pun meninggalkan kampus untuk segera pulang, tak lupa dia letakkan tas kesayangannya di pundak kiri. Tak ada firasat apapun saat dia melakukan perjalanan, meski di hari itu jalan dia lewati berbeda dengan hari-hari sebelumnya karena jalan yang biasa dia lewati ditutup. Di sebuah persimpangan, dia berhenti karena lampu merah menyala, di bawah terik mentari dia mengantri di antara kendaraan-kendaraan lain. Selang beberapa detik lampu hijau menyala, dia putar selongsong gas motornya, sengaja dia berakselerasi agak cepat, satu per satu kendaraan di depannya dia lewati, hingga dia berada paling depan jauh meninggalakan kendaraan lain. Dia lewati terowongan yang di atasnya adalah sebuah rel yang kemudian mengantarkan dia ke sebuah ruas jalan yang agak sepi meski di tepi jalan terlihat beberapa tukang becak dan penjaja makanan, daerah Jl. A. Yani, Gilingan, Solo tepatnya.

Sebuah motor lain menyejajari dia yang sedang melaju lumayan cepat dari sebelah kiri, seperti memberi tanda, pengendara asing itu membunyikan klakson. Sang gadis menoleh sekian detik ke sumber suara tersebut yang dia kira seorang temannya yang ingin menyapa. Ternyata bukan! Hanya sekejap dia merasa keseimbangannya terganggu, tubuhnya seperti ditarik oleh sesuatu yang membuat dia oleng dan terjatuh ke kiri! Dia belum sadar kenapa dia bisa terjatuh, yang dia tau hanya tasnya yang dia pegang begitu erat sementara dari sisi berlawanan sebuah tangan turut menarik dengan paksa tas yang berisi barang-barang yang sungguh berharga bagi dia. Dalam kondisi badannya yang sudah terjatuh ke aspal, dia masih coba pertahankan tasnya dari tangan orang jahat tersebut, alhasil badannya terseret beberapa meter dan terhempas hamparan aspal. Saat itu dia baru sadar dua orang lelaki berboncengan telah merebut tasnya dan membawa lari dengan sebuah motor matic juga.

Tak ada lagi yang dapat dia lakukan selain menjerit histeris, karena kondisinya yang lemah setelah dia terjatuh tadi. Tak ada yang dapat dia lakukan lagi karena jaraknya antara tempatnya berhenti setelah terseret dengan motornya cukup jauh. Benar tak ada lagi yang bisa dia lakukan karena sang jambret telah berlalu dengan kencang berbelok di sebuah persimpangan. Hanyalah bapak-bapak tukang becak yang berhati mulia yang menolongnya, membantu meminggirkan motornya dan merapikan beberapa bagian motornya yang patah karena terjatuh. Dengan sisa-sisa ketegaran sang gadis berusaha bangkit dan kembali pulang menaiki motornya sendiri dengan menahan tangis sedih mengingat beberapa barang penting yang harus amblas dibawa manusia-manusia keparat itu, begitu pula menahan sakit beberapa luka fisik yang dia dapat akibat benturan dan gesekan dengan aspal. 😥

Itu tadi sepenggal cerita nyata yang dialami oleh orang terdekat saya setelah keluarga ini. Saya sangat prihatin dan sedih dengan apa yang menimpanya, Sungguh sulit dipercaya, tak mengira dia mendapatkan musibah yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Saya sangat prihatin dengan keamanan di Negeri kita yang telah 65 tahun merdeka ini, tak hanya mengambil tas dari pacar saya, tapi si jambret laknat juga tega mencelakai pacar saya. Kami masih musti berucap Alhamdulillah karena luka fisik yang dia dapat tidak begitu serius dan masih bisa disembuhkan. Bahkan dari cerita teman saya dan juga seorang polisi, sebelumnya juga ada yang mengalami kejadian yang sama namun dengan kondisi yang begitu mengenaskan, karena sang korban meninggal dunia setelah mengalami gegar otak karena terjatuh saat jadi korban penjambretan. Naudzubillah… 😥 Dalam hati saya selalu berpikir, masihkah si jambret itu punya otak dan hati? Apakah mereka itu binatang? Mereka tidak peduli korban yang mereka mangsa dari golongan berduit maupun yang lagi sulit. Bahkan mereka tak segan mencelakai korban hingga menghilangkan nyawa korbannya. Sungguh saya prihatin sekaligus mengutuk perbuatan bajingan seperti mereka 👿

Semoga di Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Indonesia ini Indonesia segera merdeka dari segala bentuk kejahatan yang begitu meresahkan, sehingga tak ada lagi korban-korban berikutnya. Semoga para korban kejahatan diberi ketabahan dan kekuatan untuk menghadapi cobaan ini dan semoga Manusia bajingan yang bernama jambret itu segera disadarkan oleh Yang Kuasa untuk kembali ke jalan-Nya. Semoga keberadaan kendaraan roda dua bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk hal positif bukan hal yang cenderung merugikan bahkan mencelakakan orang lain. Amin…

Safety Riding, Safety Gear dan DOA …

*Di suatu pagi di Jalan Solo-Jogja
Darah segar bercucuran dari kepala seorang Ibu tua, sepertinya tidak ada pelindung yang menyelamatkan kepalanya dari benturan. Kondisinya sudah lemah tak berdaya, mungkin beliau sudah tidak sadarkan diri. Beberapa orang mengerumuninya, entah itu untuk menolong dia ataupun hanya untuk sekedar terdiam melongo melihat kejadian itu. Seorang berompi ijo pupus memakai KLX-250nya dengan gesit melewati antara celah-celah kendaraan lain dan segera mendekat ke lokasi dimana Ibu tadi tergeletak tak berdaya di pangkuan orang yang menolongnya. Suara sirine Kijang Polisi segera membelah kerumunan penonton penolong Ibu tadi. Aku pun berlalu dengan hati galau sembari berharap Ibu itu tidak mengalami luka yang parah dengan kondisinya seperti itu.
😥 😥


Continue reading

Sopan Bertanya Saat Di Jalan

Sebagai seorang biker yang sudah mengalami perjalanan ratusan hingga jutaan kilometer selama hidup, tentunya kita sudah pernah mengalami suatu keadaan dimana kita tidak mengetahui arah jalan atau alamat yang akan kita tuju.

Nah, kali ini saya coba membahas interaksi kita sebagai bikers dengan lingkungan sekitar jalan dimana kita tidak mengetahui arah jalan yang kita akan kita tuju, atau alamat seseorang yang akan kita tuju. Dalam kondisi tersebut, kita harus ingat kata pepatah “Malu bertanya, Sesat di jalan” Besar kemaluan, susah berjalan. Ya, kata-kata itu memang benar adanya, saat kita tidak mengetahui arah atau alamat yang kita tuju, kita harus berani bertanya kepada warga sekitar yang kita lewati saat perjalanan agar gak terjadi kejadian keblusuk atau tersesat yang bikin boros waktu dan boros BBM.
Continue reading