Kembali lagi di gelaran Race Motogp 2010, dimana seri ke-4 ini diselenggarakan di Italia, tepatnya Sirkuit Mugello. Di Balapan Kali ini kita bisa melihat ada sesuatu yang beda, yaitu untuk pertama kali sejak pertama kali kelas Motogp digelar, kelas Motogp tanpa kehadiran Sang Legenda dan Sang Raja Mugello, Valentino Rossi yang harus absen lantaran kecelakaan hebat saat Free Practice 2, Jum’at lalu.
Pedrosa yang menempati pole position langsung melesat bak anak panah ketika start, memasuki tikungan pertama dengan mulus di posisi pertama, Lorenzo menguntit di belakangnya disusul Dovizioso di posisi 3. Di lap 1 banyak pembalap saling tukar posisi, Ben Spies yang start di posisi 7 berhasil menyodok ke posisi 4 di belakang Dovi, sementara Simoncelli yang berusaha mencari celah justru melebar hingga ke gravel, beruntung dia masih sanggup menguasai motornya dan melanjutkan lomba.
Sepanjang balapan hampir tidak ada suguhan pertarungan seru memperebutkan posisi paling depan, karena Pedrosa yang nampak sangat perkasa dengan RC212V-nya selalu mampu melebarkan jarak dengan Lorenzo. Justru Lorenzo yang harus meladeni perlawanan Dovi yang kali ini juga tampil impresif dengan motor Honda-nya, tampak sekali Honda lebih superior di sirkuit ini. Tapi Lorenzo memang lebih matang dari Dovi, sehingga walaupun sempat berhasil mencuri posisi kedua, Dovi harus kembali rela dibelakangi buntut YZR-M1 Lorenzo. 🙂
Pertarungan sengit justru pada perebutan posisi keempat, dimana Stoner dihadang 2 pembalap “gila” dari pasukan Honda, yaitu Melandri dan Randy De Puniet, dimana 2 pembalap tersebut sering melakukan manuver-manuver gila untuk saling overtake satu sama lain. Ben Spies yang sempat menyodok hanya mampu jadi penonton di belakang mereka di posisi 7, mungkin memang Mugello bukan sirkuit buat Yamaha, karena terlihat Spies kepayahan untuk mengejar pembalap di depannya. Sementara pembalap spesialis nomor 4, Nicky Hayden mengalami crash dan tidak dapat melanjutkan balapan.
Hingga bendera finish berkibar, Pedrosa jadi juara sirkuit Mugello tanpa gangguan sama sekali sejak bendera start, disusul Lorenzo di posisi kedua dengan selisih 4 detik dan Dovizioso di posisi ketiga. Perebutan posisi keempat akhirnya dimenangkan oleh Casey Stoner melalui usaha kerasnya di lap terakhir dengan melewati 2 pembalap Honda, Marco Melandri dan Randy De Puniet harus puas menempati posisi 5 dan 6, disusul Ben Spies yang melewati garis finish di urutan ke-7. Aleix Espargaro juga tampil baik dengan finish di posisi 8 disusul Simoncelli yang tadi sempat masuk gravel di urutan 9.
Sekian laporan Motogp Mugello dari Coolrider’s Garage, semoga bermanfaat 🙂
Untuk hasil lengkapnya Monggo disimak yang di bawah ini. 🙂
Pos. | No. | Pembalap | Pabrikan | Waktu | Selisih |
1 | 26 | Dani PEDROSA | HONDA | 42’28.066 | |
2 | 99 | Jorge LORENZO | YAMAHA | 42’32.080 | 4.014 |
3 | 4 | Andrea DOVIZIOSO | HONDA | 42’34.262 | 6.196 |
4 | 27 | Casey STONER | DUCATI | 42’53.769 | 25.703 |
5 | 33 | Marco MELANDRI | HONDA | 42’53.801 | 25.735 |
6 | 14 | Randy DE PUNIET | HONDA | 42’54.031 | 25.965 |
7 | 11 | Ben SPIES | YAMAHA | 42’56.872 | 28.806 |
8 | 41 | Aleix ESPARGARO | DUCATI | 43’08.238 | 40.172 |
9 | 58 | Marco SIMONCELLI | HONDA | 43’09.460 | 41.394 |
10 | 65 | Loris CAPIROSSI | SUZUKI | 43’10.173 | 42.107 |
11 | 7 | Hiroshi AOYAMA | HONDA | 43’11.161 | 43.095 |
12 | 40 | Hector BARBERA | DUCATI | 43’11.429 | 43.363 |
13 | 5 | Colin EDWARDS | YAMAHA | 43’42.459 | 1’14.393 |
14 | 19 | Alvaro BAUTISTA | SUZUKI | 43’52.455 | 1’24.389 |
Tidak Finish | |||||
36 | Mika KALLIO | DUCATI | 15’06.148 | 15 laps | |
69 | Nicky HAYDEN | DUCATI | 9’24.063 | 18 laps |
absen pagi
Wah, Kang Hadiyanta esuk-esuk wis mampir…
wilujeng enjang kang… 🙂
starting gridnya tinggal 16 rider aja yah 😦 makin sepi aja nih kelas para raja..
salam kenal mas adicuzzy
Iya, moga2 taon depan banyak yang minat ikut Motogp…
Salam kenal juga bro
hoammm…rak seruu…si Dani membosankan…menang kok cuma dada doang….koyo cah umur setahun we…xixiixi
Yo ngono kuwi to yen gak ono Rossi 😥
Gak ada selebrasi unik dari Pedrosa, padahal selebrasi itu penting buat hiburan penutup.
Begitulah kalo gak ada entertainer, harusnya pembalap bisa memberi warna lain selain hanya pelintir gas aja
ha2..
nasib2..
(http://rior06.student.ipb.ac.id)