Berkendara Sambil Merokok, Apa Gak Mubadzir dan Membahayakan Sih?

Halo masbro, lama gak menyapa pengunjung blog yang makin sepi ini… semoga semua dalam keadaan sehat walafiat.. amin
Kali ini saya mau bahas hal-hal ringan aja seputar perilaku berkendara motor di jalan raya. Tentunya banyak kan biker di Indonesia yang merangkap sebagai smoker, bahkan kadang mereka mengerjakan 2 hobbynya ini secara bersamaan alias sambil menyelam minum air, eh, sambil berkendara ngisep rokok. Saya sering jumpai juga biker perokok yang gak mampu menahan hasratnya untuk menghisap rokok saat sedang mengendarai motor hingga akhirnya nekat dengan nikmatnya berkendara sambil menghisap sebatang rokok yang dipegang di tangan kirinya.

Hmmmmm… Sebagai pengendara motor yang gak pernah merokok sambil berkendara karena memang saya bukan perokok, saya menyatakan tidak setuju dengan pengendara yang berkendara motor sambil merokok. Alasannya?

Pertama, Menurut saya kok mubadzir, karena saat mengendarai motor sambil merokok, bukannya rokok bakal terkena terpaan angin secara langsung yang berarti nyala api yang membakar tembakau semakin besar dan mengakibatkan rokok cepat habis??? Mubadzir kan beli rokok mahal2 dihabisin sama angin :roll:

Yang Kedua, bisa mengganggu pengguna jalan lain, percikan apinya terbang diterpa angin bisa mengangetkan dan mengganggu konsentrasi pengendara di dekatnya. Abu rokok bisa yang beterbangan membuat pengendara lain di sekitarnya kelilipan. Kemudian pada waktu jalanan padat dan jarak antar kendaraan begitu rapat, bisa-bisa pengguna jalan lain kesundut rokok yang dipegangnya di tangan kiri (biasanya ujung rokok menghadap ke arah luar).
Apalagi biasanya biker perokok cuek beibeh kalo buang puntung rokok, paling ringan ya paling pengendara lain kaget liat percikan api rokok yang dibuang, yang parah kalo tuh puntung rokok mengenai orag lain, kalo kena pakaian yang berbahan kain, bisa bolong lah tuh pakaian! Lalu asapnya juga bisa mengganggu orang lain, coba aja saat berhenti di lampu merah di dekat perokok, bahhhhh, yang anti asap rokok bisa2 pingsan dah.

Terakhir, para pengendara yang sambil merokok itu pasti berkurang konsentrasi berkendaranya karena sambil menikmati rokok dan satu tanganny dipake untuk megang rokok tentu reflek terhadap kejadian tidak terduga di sekitar pun berkurang, so tentunya berpotensi membahayakan dia sendiri maupun pengendara lain…

Yaaaa, kalo boleh ngasih saran sih buat biker perokok yang masih sering merokok sambil berkendara atau berkendara sambil merokok, kalo bisa ya ditahan dulu hasrat untuk merokoknya, misal bener-bener gak betah ya makan permen dulu atau memaksakan diri berhenti dulu lah di pinggir jalan, sambil istirahat ngisep rokok dulu. Berkendara dengan aman, selamat sampai tujuan dan merokoklah dengan nyaman di ruangan sampeyan.

Meski saya gak merokok, Saya tetep menghargai kok pilihan orang untuk jadi perokok, asalkan orang tersebut juga menghormati yang bukan perokok. Untuk masbro-masbro yang masih berjuang untuk lepas dari tembakau bakar, tetep semangat ya masbro!

Salam coolrider fixer

pict from kompasiana dan pakde maskur

About these ads

32 responses to “Berkendara Sambil Merokok, Apa Gak Mubadzir dan Membahayakan Sih?

  1. alhamdulillah dapat pertamaaxxx..
    kalo saya gak mikir mubazir, tapi menyebalkan.
    pas di belakangnya, kadang abunya suka mlethik ke wajah..
    saya pribadi sih bukan smoker.

  2. solusine nganggo helm pul pes njur di klik

  3. klo pake mtr kopling susah tp pake bebek and matik gampang makanya pada merokok…..

  4. saya perokok juga tapi ga pernah ngerokok sambil riding, GA ENAK BLASS. ngerokok di depan kipas aja ga enak apalagi sambil riding yg hembusan angin lbh besar dari kipas. yg pasti konsentrasi pasti terpecah. kalo kebelet pengen ngerokok ya berhenti dulu sambil istirahat

  5. ngrokok dimanapun=mubadzir :mrgreen:

  6. untuk perokok yg merokok sambil riding motor mudah2an ridernya mati ketabrak. curcol dr seorang rider yg terkena bara rokok dari seorang rider goblok yg merokok dan ketika ditegur malah gak terima n ngajak brantem

  7. cryoptonancurancuran

    biar keliatan garang Mas, kalo bawa motor sambil ngerokok.
    biasanya kan kalo ada yang negur, pasti bilangnya:
    “EMANG KENAPA? SUKA2 GUWE MAU NGEROKOK DI MANA…!”

    trus kalo ada yang ga senagaj kesundut rokoknya, paling bilang:
    “YA ELAAAH, CUMAN KESUNDUT DOANK…
    LO MAU RIBUT SAMA GUWE? SINI GUWE JABANIN LO…”

    trus kalo ada yang kena abu rokoknya, biasanya pura2 ga tau.
    biasalah itu Mas, rata2 atitude mereka memang seperti itu.

  8. Ngerokok aja tuh dah gak bener , apalagi sambil naik motor, itu riding skill nya dah jauh melebihi kemampuan orang rata2 kali ya.
    Kalau mau mati ya mati aja sendiri jangan ajak2 orang, lah klo mrk nabrak kan ngerugiin orang lain juga.

  9. saya juga belum pernah merokok, dan mudah2an Tuhan masih mengijinkan saya untuk tidak merokok selamanya :mrgreen:

    mudah2an biker perokok menjadi sadar akan keselamatan diri sendiri dan orang lain, yang acapkali dibahayakan karena merokok sambil mengendarai motor :sad:

  10. namanya udah keracunan bro.. sama kyk racun modif motor.. klo dipikir2 juga rugi duit.. tapi tentu kepuasan ga bisa dinilai dg duit.. huhu.. gw bukan smoker sih, cuma mikir asosiasinya aja.

  11. Yang jelas biar keliatan lebih ‘laki banget gitu, kalo soal lain mah itu bukan urusan ane. :-)

  12. jelas berbahaya..apalagi jika pengendara dibelakang tidak pakai helm fullface, kalo ada bara-nya yg terlepas dari puntung rokok bisa kena kulit, panas, dan reflek pengendara akan kaget..belum lagi jika ada kebocoran bensin kendaraan lain..

    nitip masbro
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/12/06/modifikasi-pulsar-terutama-modifikasi-pulsar-220f-hasil-jalan-jalan-ke-bengkel/

  13. aku wes wegah udut karo numpak motor…ora sedep2 o blas..

  14. enak juga merokok sambil naek motor palagi sambil JJS mas… tapi kebiasaan itu udah saya stop koq carane? gampang mas pake saja helm full face+sarung tangan model panjang dijamin deh males buat bakar rokok dijalan hehe…

  15. katanya sih bikin ganteng, wkwkwk :twisted:

  16. simple SNI harus pulpes biar ga ada yang ngeroko

  17. Seharusnya orang yang merokok sambil naik motor ditilang polisi aja. itu abunya membahayakan orang yang dibelakang. udah ada belum ya udang-undangnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s