Yamaha Alfa, Bebek Family Two Strokes Jadul yang Masih Jadi Idola…

Huhuhuiii, bahas bebek lawas lagi dahhh, Sekarang saya mau bahas salah satu bebek lawas Yamaha dan tentunya karena dahulu yamaha sangat membanggakan mesin 2-stroke, jadi bebek yang akan saya bahas ini bermesin 2-tak berkapasitas 100cc, tepatnya 102cc, yaitu Yamaha Alfa.

Yamaha Alfa muncul sekitar akhir dekade 80′an ato sekitar tahun 1988-an lah, tahun yang sama dengan kelahiran saya di dunia ini. Hehehe… Kalo dilihat dari brosur yang saya dapet dari blog Yamaha&friends, Yamaha Alfa hadir dengan membawa embel-embel kata “Bebek Berkarakter Speedy”, Tapi anehnya di bagian lain brosur ada juga tulisan “motor idaman keluarga” ??? Ya emang dari segi desain, Yamaha Alfa mashi menganut desain konvensional layaknya kompetitor Honda Grand yang memang sepertinya lebih pantas dijadikan motor keluarga, gak ada speedy-speedynya, mungkin disebut speedy karena tarikan khas 2-taknya.

Soal performa, mesin 2-tak itu gak pernah bohong kok, tarikan Yamaha Alfa mantap coyyy di putaran menengah. Saat pelintir gas, emang awalnya terasa biasa saja, tapi begitu dipelintir agak dalam, wusssss, akselerasinya narik dah. Top speed Yamaha Alfa dalam kondisi standar sekitar 80-90 kmh, yaaaa mengingat motor ini adalah motor keluarga jadi untuk performa tidak begitu penting amat. Tapi kalo mau kenceng ya gampang, namanya aja mesin 2-tak tinggal dikilik dikit aja sudah bisa ngacirrr…

Terus untuk fitur-fiturnya, Yamaha Alfa udah menggunakan metode pelumasan autolube, yaitu pencampuran otomatis antara bensin dan oli samping melalui pompa oli tersendiri, jadi gak perlu repot-repot bikin campuran bensin dan oli samping sendiri. Kemudian yang dulu bikin saya bertanya-tanya adalah fitur “Power Scoop”, yang akhirnya saya ketahui dari blognya pakdhe maskur ternyata adalah sebuah air scoop yang terletak di head silinder fungsinya untuk mengarahkan aliran udara ke mesin tentunya untuk membantu mempercepat pendinginan mesin. Kemudian satu lagi fitur unik pada Yamaha Alfa adalah, sein yang berbunyi “tit tit” kalo dinyalakan, sebenarnya cukup berguna lho, yaitu sebagai sinyal suara untuk pengendara lain, selain itu dijamin pengendara tidak akan lupa mematikan sein (tapi risih juga dengan suara ini, makanya sekarang gak ada yang pake fitur “tit tit” lagi). :mrgreen:

Nah, kenapa pada judul saya sebut “masih menjadi idola”??? Ya Karena saya lihat sampe sekarang ini, ternyata masih cukup banyak bro Yamaha Alfa yang berkeliaran di jalan daerah saya. Hampir tiap hari saya masih sering ketemu Yamaha Alfa di jalan raya dengan berbagai macem kondisi, mulai yang udah dedel duel somplak sana-sini partnya, ada juga yang udah diganti dengan baju adiknya, Yamaha Fis-Er, tapi ada juga yang masih terawat mulus kinyis-kinyis untuk ukuran bebek lawas.

Gak usah jauh-jauh juga karena di garasi juga nongkrong tuh 1 Yamaha alfa II-R lansiran 1994 milik bapak, motor ini juga yang jadi penolong saya waktu tunggangan utama saya, FXR150 males keluar (pernah ngapel juga naik Alfa). Hehehe… Cukup berkesan juga dengan Yamaha Alfa, karena ini adalah untuk ketiga kalinya Bapak saya memboyong Yamaha Alfa dari beberapa merk motor yang silih berganti mengisi garasi. hehehe… Tetangga satu RT saya pun masih ada yang mempercayakan Yamaha Alfa sebagai kendaraan keluarga, kalo gak salah total jadi 4 rumah yang masih nyimpen Yamaha Alfa di RT saya.

Hmmm.. ini membuktikan kalo Yamaha Alfa sampe sekarang masih dicintai sebagian orang, terutama babe-babe angkatan 80-an, mungkin karena punya kenangan tersendiri dengan Yamaha Alfa sewaktu beliau mudanya.cieeee… Alasan lain adalah karena bentuknya yang konvensional, sederhana dan gak neko-neko plus enjin 2-tak yang lebih simple perawatannya. So, gak heran kalo Yamaha Alfa masih jadi idola… Barangkali masgan sekalian ada yang nyimpen si Family 2-Strokes ini di rumah ato sekedar punya kenangan manis dengan motor ini? :)

Salam coolrider fixer

pict from : Yamaha&friends, FJB kaskus

About these ads

63 responses to “Yamaha Alfa, Bebek Family Two Strokes Jadul yang Masih Jadi Idola…

  1. Wah seumuran yah ni mtor ma sprinter?
    Trus Teknologi power scoope sma ya kya jet cooled?

  2. Jet cooled cuma pendinginan mesin pakai angin yg disedot lewat lubang disamping mesin mas… Yah… Mirip2 sama YPCS yang ada di Force 1 atau F1Zr cuman beda nama doang… CMIIW.

  3. Kaya ny ada yg versi Ayam Jago ny juga dhe :roll:

  4. wehhhhhhhhh……………
    tulisanku dina Setu sesuk yo tentang Yamaha Alfa ki
    tapi isine jauuuuh beda heheheheheh

    share pengalaman pake Alfa II selama SMA, sering topspeed 100 kok, neng mbulak, sampe pethukan pickup wae goyang2…
    suwe-suwe gancet, pompa oline ora ngatasi,, askhire dobel oli samping…sijine dicampur neng tanki

    nitip:
    http://maskurblog.wordpress.com/2011/11/04/nusakambangan-part-1-sehari-di-pulau-tahanan/

  5. waaa. . .
    montor jaman aku sma , bapaku kebetulan punya alfa tahun 90 karo kawasaki binter tahun 1980. tapi aku lebih seneng yang kawasaki ( lebih gagah dan empuk joknya ) tapi sekarang dah dijual semua ganti yang 4 tak

    keep brotherhood,

    salam,

  6. punya pengalaman asik dan sakit bersama yamaha alfa.
    asiknya pernah berpetualang ke jogja dan jateng berdua ama temen dengan alfa jadulku.
    sedihnya pernah motorku rusak sehingga perjalanan dari semarang ke pemalang jawa tengah memakan waktu 10 jam. dari jam 1 siang sampai ke pemalang jam 10 malam.heheh.akhirnya kujual nih alfa thn 1994ku

  7. pernah punya…menurut saya secara ergonomi kurang cocok buat cowok.secara desain memang kelihatannya untuk cewek(stang pendek,tinggi jok yg rendah….)but its okay….

  8. motor pertama bapak ane nih….

  9. dulu sering balapan sama suzuki crystal di track panjang jalan sukarno hatta bandung cimahi, ngacir gampang dapet 100 kpj, cuma seting karbu + nambahin lubang disaringan knalpotnya..

  10. dulu pernah bawa ngebut nih alfa waktu SD kelas 4 ampe 90km :D
    bensin masih full tiba” habis sampai merah, dengan culun bertanya ama teman “motor ni kok boros sekali ya?”
    teman menjawab “mungkin terlalu kencang sih”

    maklum masih anak ingusan. hahaha

  11. Yamaha Alfa generasi pertama kurang laku,persneling masih model cethok/jedhek alias menghentak,jadi gak bisa dibleyer pas ganti gigi.
    menurut iklan yamaha waktu itu,tipe Alfa sukses di Brunei Darussalam,benar ato enggak gak tau,la jaman mbiyen belum ada internet hahaha..

    Yamaha Alfa II –> penyempurnaan,cirinya di tebeng ada emblem Alfa II,generasi ini mulai laku terutama ibu-ibu.tebeng masih warna putih

    Yamaha Alfa IIR –> ciri blok mesin hitam, sayap hitam, dulu terkenal dengan Alfa Black Engine. Sein dan lampu rem berwarna smoke.Sokbreker belakang warna merah,sok depan warna hitam.Tipe ini paling booming.Ganti gigi sudah bisa mbleyer gas,tidak sistem “jedhek” lagi.
    Motor idola anak muda di jamannya,banyak cewek yang pake,mungkin kalo sekarang ibarat Mio. (dulu cewek yang saya kejar-kejar,naiknya Alfa2R bro..tak tahu kabarnya sekarang…:curcol:)
    Edisi kedua dari Alfa 2R Tag line iklannya adalah “Generasi Baru”. sempat keluar juga warna biru BenHur dengan sok belakang warna kuning,dulu pengen banget motor ini tapi gak dibeliin ortu :(..warna biru cakep ini keluar juga di Yamaha RXZ dan RZR..meriah bro..dan anak muda banget.

    Yamaha Alfa II Z –> cirinya stiker lebih meriah,knalpot mirip punya Yamaha Champ (ayam jago 105cc 2tak mesin mirip Alfa),dulu mantan tungganganku nglaju Semarang-Ungaran PP vis Gombel,lewat tanjakan Gombel gak kuat alias letoy,hahaha…maklum motor pinjaman tante.

    (Namun yang membuat jatuh cinta justru Yamaha Champ 105cc ..Ayam Jago dengan stang warna emas dan rem cakramnya menjadi nilai lebih dibanding Alfa 2R di mata saya,sayang ini juga gak dibeliin ortu..maklum masih sekolah bro, pengennya ini itu hahaha..)

    Yamaha Alfa diteruskan oleh Yamaha Sigma,namun kalah populer dengan Yamaha Force 1 yang menjadi saingan berat Suzuki Crystal.Akhirnya Yamaha menutup kelas 102cc ini,o ya Champ lebih dulu almarhum.

  12. Kekurangan generasi Alfa adalah pada baut kepala silinder yaang sering ngangkat. Apalagi kalo kepanasan buat jarak jauh,mesinnya sering mati.
    Kekurangan ini diperbaiki pada generasi Yamaha Force One,dengan YPCS – Yamaha Power Cooling System,dengan adanya kipas buat mendinginkan mesin.Mirip seperti Jet Cooled-nya Suzuki

  13. aq ndek mben pernah kesengsem karo sodara jantannya Yamaha Champ 105

  14. kalo mesin standar tu bensin alfa perbandingane 1liter:km?
    aku punya alfa d rumah,tp udah gak standar(oprekan)

  15. motor waktu kecil.
    80kpj pun ok.
    Daerah pegunungan ok.
    Offroad pun ok.

  16. quiero conseguir las luces traseras de la yamaha alfa… por favor agregame fedem_casilda@hotmail.com yo soy de argentina x favor quiero conseguir esas luces y no la puedo conseguir si me agregan por favor diganme que entraron a esta pagina y que me pueden ayudar por favor
    gracias ayudenme

  17. kapn yamaha keluarin bebek ayam jago yg lebih bgus dari tiara

  18. ane pake alfa IIR th 93 dr 95 ampe 1998, lumayan irit motor ini dulu SMA 1995-1998 msh standar habis, top speed bs smpe 110km/h lha wong gigi 2 bisa sampe 60km/h kok. cukup bersihkan ruang bakar n knalpot dah ngacirrr… bbm skitar 40km/l buat pp sekolah n oli samping skitar 600km/ltr coz ane tiap bulan make 1 ltr mesran PP20km skolah.
    trus ganti RX King 96, trnyata konsumsi bbm hampir sama dpt sktr 40km/ltr, tp King lebih irit oli samping, skitar 900-1000km/ltr standar jelas 130 km/h guampang, make alfa trus King rasanya ruingan n anteng bgt…

    Skrg cukup pulsar 135 aja yg poll iritnya,…..

  19. gan bisa ngak klo alfa gue lemer pakek pisto fiz r…

  20. gue punya alfa, udah gue pake balap sama jupiter z 2011 dan hasil ny yg menang tetep alfa punya gue,,, alfa gue masih standaran, jupiter z ny pun masih standaran

  21. @bramantyo
    wah,,,,,, sama broo……… alfa pnya.q msih std(cma maen settingan karbu) nantang jupe mx msih mnang,,,, mpe skrang msih q bwa skolah…….. (maklum,,, anak sekolahan) hhha………

  22. alfa memang idaman keluarga :-)

  23. 93 aku ambil baru.. mantaf jg tuk turing.. tp kurang rem depan. 97 aku oprek, tp sebentar trus tak jual. 99 beli lagi 2nd th 97, tp putaran bawahnya kurang bagus. bagus diatas. pake mpe 2010. jual. sekarang punya 88 tak modif trail.. enaknya pengapian tak seboros F1 series..

  24. hehehe,, mas bro aku skrng malah modif alfa bwt di drag,, hsilnya fiz r di libas,, alfaq jdi 135 cc

  25. alfa saya thn 88..
    jln masih bsa 100km/jam

  26. Wah alfa ya.. Tarikan berat, tp ngacir kalo dah jalan 60kpj.. ciri yamaha 2 tak geto smua mulai 75-alfa-fizr suara ngeden,tarikan awal ngeden, cuma foz1/fizr lumayanlah mulai enteng 50kpj.. tp enakan suzuki rc-lah.. cma kelemahan rc pd kopling ganda kalo alfa kan baut silinder kendor..scoopnya gak fungsi maximal..

  27. dulu waktu SMP sering pake Alfa II R 96 punya bapakku.. sering ku bawa dari Pekalongan – Jogja PP lho.
    pernah punya pengalaman menarik waktu ku bawa ke jogja,, tangki bensin ku masukin 3 butir kapur barus buat naikin nilai oktan, dan walhasil topspeed sampai 110 km/jam.. pas nyampe Jl. Magelang mesin tiba2 meraung2 ga karuan,, gas ku tutup eh tetep saja meraung,, bahkan kunci sudah ku putar pada posisi off mesin tetap meraung juga.. panik pokoknya.. lalu ku tarik tuas choke, baru mesin mau mati. untung dekat situ ada bengkel..
    mas bengkel njelasin ternyata sisa2 pembakaran kapur barus bikin kerak di dinding silinder dan nyala.. makanya mesin muter terus…

  28. dari aku smp, smu, kuliah sampai kerja.. dari punya cewe Smu yg cupu, kembang kampus, model sampai anak pengusaha… yamaha alfa IIR tetap ku pake.. asli ni motor kuat banget… tapi kalo punya rencana memperbarui beberapa komponennya kudu cepat2 di laksanakan keramat neh motor. gw tunda2 benerin T nya (bekas jatuh) eh tiba2 kecelakaan lagi ngindarin orang malah nabrak tembok alhasil yg di benarin bukan cuma T nya doank tapi juga shock, velg sampe ganti kepalanya.. motor tua yg aneh.. pokoknya motor2 keluaran 2000an jgn berani nyenggol dah asli kualat ma besi tua

  29. dulu sya pernah punya Yamaha Alfa yg th ’94, striping biru kotak kotak….wuih manteb jonn….naik sarangan ok, ke parangtritis ok,,,sekarang saya masih pake alfa, tapi th ’93, Tapi mesinnya dah gak beres aku juga belinya second, kemarin abis ganti piston set, sekalian kampas kopling…tapi ternyata ruang bakar harus di balikin lagi ke ukuran semula, soale sekher udah mentok oversizenya….lumayan abis Rp. 498ribu, klo sekrg gas pol maksimal cuman 70 km/h,, lumayan buat kliling kota Solo…..ngrenggg…teng..teng….

  30. gue pnya yamaha alfa tpi skrang lgi tdr d rmh krna msin gak bro kjlo ad brang ny ksh thu ya bro

  31. ada yang mau jual 1 set lengkap body alfa 2 r nya,,, segera sms ane di 08982341866

  32. kalo punyaku bisa 100km/j. biasa luar kota. kalo malam jarak jauh full speed ga perlu tambah czmpuran oli di tangki. cuma luar kota kecepatan di atas 80km/j dg bensil full d tangki harus tambah oli.

  33. Sy pake motor yamaha alfa waktu sy kuliah gan,sekitar tahun 92 an,sy beli bekas saat itu dan sampai sekarang motor tsb masih ada dan dipakai anak sy untuk kuliah di bandung.

  34. top speed alfa tune up racing 120km/jam

  35. motor idaman jaman sma dulu,baru bisa kebeli tahun 2005,

  36. dulu pernah minta dibeliin sama ortu,,,tapi gak dibeliin maklum jaman sma mintanya macem macem

  37. aku masihh punya yamaha alfa udah 300 cc malahh. .

    hehehe

  38. mas bro saya pnya alfa mw saya buat grag,karbulator nya mw saya pasang karbu king tp sma btng karbulator alfa kn gk cock jd menurut mas bro cmna cara mengakali nya?

  39. Gwe punya alfa th 1994.emang joss tenan.pernah di adu sma supra fit di jalan raya jogja solo,sufit keteteran nandingi alfa gw,di pacu sma sash 110,supra x 2004 alfa ttep d depan,swaktu smk jdi tunggangan setia,d buat touring ke pantai nampu lawan e supra x 125 alfa gw ttep ga mau kalah,d buat konfoi ymc lawan e motor” anyar tp alfa gw ttep yg ter depan..pkoe berkesan banget mtor yg 1 ni.mau d jual sma bokap kmaren alhamdulilah ga jd.hahaha,pdhl mesin standar lho,cuma bodi yg di pretelin,sma sarangan knalpot d modifikasi karburator std yg gw otak atik sndri,,

  40. aku masih punya alfa tahun 1989 kondisi restorasi and fresh maklum melestarikan tunggangan almarhum ortu penuh makna unik.
    salam 2 tak!

  41. saya juga masih nyimpon kok bro tapi udah gak standar lagi(drag).

  42. gak ad yang model lain brow di modifikasi biar lebih bgus

  43. saya juga punya mo sy lestarikan…………..

  44. aku msh punya alfa thn 93 pernah tak buat tabrakan6x tetep aja aku rawat soalnya pemberian ortu harus aku lestarikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s