Suzuki Smash 110 SR, Si “Kerupuk” Keren dari Suzuki…

Suzuki Smash, mendengar nama motor ini pasti inget dengan image “bodi kerupuk” atau “miss gear”. Bisa dibilang smash menjadi salah satu sebab alias biang kerok hancurnya image Suzuki sebagai penghasil motor unggulan. Ya, entah mungkin karena untuk menekan biaya produksi agar harga jualnya bisa murah agar bisa bersaing melawan invasi mocin waktu, Suzuki sepertinya mengurangi kualitas material di Suzuki Smash. Bodi yang rapuh dan mudah patah, serta masalah gigi loncat (miss gear) sudah cukup untuk menenggelamkan nama smash di tengah naiknya pamor Yamaha, dengan Jupiter-Z dan Vega-R nya. Di kancah road race pun, Smash yang menggantikan Suzuki Shogun 110 di kelas underbone 115cc tampaknya cukup kewalahan menghadapi ketangguhan Jupiter-Z Doni Tata dan Hokky. So, kini harga jual smash 110 turun begitu drastis hingga mungkin cukup dengan duit 2,5 juta aja sampeyan bisa bawa pulang sekennya dengan kondisi mbuhhh (Jakarta).

Eittt, tapi meski Smash jadi penyumbang kehancuran image Suzuki, dulu di awal kemunculannya Smash pernah jadi idola lhoh untuk kelas bebek entry level. Di daerah saya cukup banyak yang memilih smash sebagai motor keluarga, mungkin dengan alasan harganya yang waktu itu paling murah diantara brand Jepun lain dan dengan tampilannya yang cukup bagus.

Puncaknya adalah ketika Suzuki memberikan sentuhan manis pada smash dengan varian Street Runner alias Smash SR di tahun 2004. Nah, ini dia yang mau saya bahas di artikel ini, adalah Suzuki Smash 110 SR yang saya anggap cukup fenomenal waktu itu. Smash SR hadir dengan penambahan stripping racing khas Suzuki, knalpot sporty dan velg cast wheel palang lima serta shock belakang kuning menyala cukup untuk mendongkrak penampilan smash yang sebenarnya biasa saja menjadi keren dan sporty. Hadir pertama kali dengan 2 pilihan warna, yaitu merah hitam dan biru hitam, di tahun berikutnya nyusul pilihan warna lain kuning hitam dan oranye hitam Suzuki big5 edition.

Seketika waktu itu Suzuki Smash SR booming, penampilannya yang sporty bak motor balap begitu eye catching di jalan. Meski secara performa mungkin bisa dibilang hampir sama dengan Smash versi SW, tapi ternyata tetep saja Smash SR punya daya pikat lebih dari versi biasa dengan harga lebih mahal. Bahkan jika dibanding dengan penampilan Smash SR generasi penerusnya yang muncul di tahun 2006 saya anggap masih kalah keren dari Smash SR pertama. Saya yang waktu itu masih kelas 1 STM pun sempat kepincut Smash SR, meski akhirnya pilih jadi FBY dengan memilih Yamaha Vega-R sebagai tunggangan saya. Pun juga teman sekelas saya sewaktu STM juga kepincut Smash SR waktu itu.

Smash SR itu seperti persembahan terakhir dari smash sebelum akhirnya harus lengser ditelan image buruknya, jadi cukup layaklah Suzuki Smash SR dikenang sebagai motor keren di jamannya.

salam coolrider fixer

gambar : googling & fjb kaskus

92 responses to “Suzuki Smash 110 SR, Si “Kerupuk” Keren dari Suzuki…

  1. Prettammmaxx

  2. motor pertamaku…..smash hasil keringat sendiri….. ke inget speedo meternya yg waktu itu terkeren dikelasnya dgn indikasi gear

  3. laris juga karens Dulu dikira shogun ganti body…padahal ini motor ngejar irit bensin, irit tenaga juga

  4. mantan tunggangan ane setelah shogun 110R…..

  5. motor pertamaku pas wis nyambut gawe

  6. tampilan emang keren og

  7. paling keren sing orange pak pos.. dipakein knalpot smash yg tipe terompet, wis joss *menurutku :mrgreen:

  8. bodi suzuki yang sekarang juga gak beda.. pernah lihat new shogun 125 sayap depan pecah dan hilang pada bagian sein.. juga skydrive bolong bodi belakangnya kegesek aspal..

  9. katanya anti menghentak,,wkwkwkw, iklan doank

  10. tuwek imitasi

    assololey icikicik

  11. tuwek imitasi

    wah, tercecer teruzzzz

  12. motor seng joss tarikane :mrgreen:

  13. naksir yg warna kuning
    sayang waktu itu punya ninja jdi turun kasta donk :mrgreen:

  14. Aku Punya yang taon 2002 bodinya masih utuh semua.tpi ya itu suka miss gearnya yg bikin repot.

  15. motor pertamaku, segenerasi sama Smash SR ini (Smash FD110)

    cekidot:http://motorsayatromol.wordpress.com/2011/07/26/smash-fd110xcsd-motor-pertama-saya/

    tarikan Smash itu terbilang lumayanlah buat bebek skelasnya (kondisi standar pabrikan lo)

  16. Polenk Merkesenk

    Yg giginya gmpng miss, gnti aja kampas koplingnya pke pnya satria 2tak. Coz ane dah pke n terbukti manjur…. Disela jg enteng ga pke nyangkut…

  17. Zhen moto sepuren

    Body krupuck,.mesin diesel,
    tapi sukse ge ngrentengi cewek,.hahaha,..jd ingat msa lalu rek,..

  18. suzuki dan smash jadi andalan saya tanpa smash saya ngk mungkin jadi seperti ini,,sampe bisa kebeli yang kendaraan roda empat ,,thnk for smash sampai saat ini pun motor nya masih ada 7 tahun saya make,,biar bagamanapun dia motor paling tangguh buat saya

  19. klw boleh dibilang smash “lumayan bagus” diantara kompetitornya
    ya klw dibanding motor zaman sekarang emang kalah jauh

  20. sayang banget smash generasi kedua tidak ada
    seharusnya Suzuki buat New Smash seperti New Honda Blade
    dengan desain yg ciamiik
    sehingga generasi smash tetap ada dan bisa bersaing dengan kompetitor lain..

  21. motor awet atau nggak tu tergantung yang pake bro,,kalo petakilan ya GL Pro (Genjot langsung protol) 😀
    Kalo suzuki arashi bagus ga ya??

  22. Smas q…..yang nga mau kalah saat jalan maced……yg penting skill dan handling yg cocok bwat jalan maced….sayang nya bodyna cepet keok ama percepatanya sring nyantol…..tp gpp…ane dah modif noken-as na pake shogun 125……mayan….

  23. smash memang bagus ,dari dulu sampai sekarang smash memang masih tungganganku…….,cuma gearnya suka miss gear .tetapi sekarang suadah tidak karena sudah aku ganti kampas koplingnya.

  24. Sampe sekarang ane masih make smash 110 tahun 2005 ,untung bodinya masih utuh belum ada yang patah (bawanya sangat hati” kalau ada jln rusak wkwk) , miss gear sangat jarang soalnya sdh tau sela nya cat nya jga tahn lama, punya ane masih kinclong euy maklum jarang pakai km aja masih 10 ribu wkwkwk (wajar)

  25. punyaku smash SR, mesin bor up tunder, tapi malah sering spool angus x z mas bro da solusi, soal tenaga ok dah lo cuman supra 125 lewat

  26. Tungganganku sampe saat ini masih jadi yg terbaik, terbukti temen2 gue pada ngiri pgn minjem padahal motor mrka lbh bagus.
    Cukup aku sipitin head lamp depan, shock depan gue ceperin shock blkng tetep sama cakram lebar skrg malah pake tromol ninja .
    Hanya sayang, mioss gear.nya itu yg kadang bkin malu. haha..
    Tp gpp, SMASH masih jd yg terbaik !!

  27. Punya guwe new smash 2009. Tnaganya cuy hmtt. Roso roso,wat tanjakan ke daera matesih dket makam Alm Soeharto, ber3 enteng.. Dg beban 70 kg + 60kg+55kg ,
    Dan masih standar, brkat mt0r itu q bsa lulus skolah..

  28. nyesel gwe beli honda revo ternyata boros tenaga lemot,sering jajan sparepart,,,beda dibandingkan sama motor gwe yg pertama ternyata smash lebih irit,sudah 9 tahun mesin masih bandel kuat gapernah ada masalah,akhirnya gwe jual tuh motor revo yg baru 3bulan..gwe beli lagi suzuki titan. mantap deh ga nyesel, irit bensin tenaga ngacir..mesin percaya dehh gabakalan sering jajan spare part,terbukti gabohongsuzuki saat ini dapat penghargaan rekor muri motor paling irit bbm dan ketahanan mesin..noh baca http://www.indowebster.web.id/archive/in…94960.html

  29. Saya punya smash 2003, generasi awal waktu harganya cuma 9jutaan, masih pake rem teromol. Selang sebulan gue beli, baru muncul versi cakramnya.. haiyaahh…
    soal body yang krupuk dan miss gear, itu penyakit bawaan yang ga bisa dipungkiri. Kebetulan kampas kopling dah ganti, jadi miss gear nya berkurang jauh. Meski belom ilang sama sekali. Kalo urusan body, nyerah dah..udah diganti, protol lagi protol lagi..capek buang uang buat body..sempet kepikir modif ala grasstrack biar ga capek mikir body…

    Tapiiii….motor ini ada kelebihannya juga kok…selama 9 tahun, motor buat PP rumah kantor, per hari 70 km (maklum BSD – Kuningan), hebatnya mesin sehat2 aja tuh, gak rewel *asal jangan telat ganti oli ama servis rutin

    Pas masih baru, pernah iseng di kemayoran, bisa ampe 125 kpj lho, motor ane standar ting2, cuma ganti busi platinum doang..waktu itu jupiter (tipe lama yah, belom type Z saat itu), vega, Kaze bisa di kalahin, apalagi Legenda or supra, dari gigi 1 udah bisa ngasepin..saat itu cuma bisa dikalahin sama Kawak Blitz….

    Sekarang?? mo ke 80kpj aja ngos2an, hahaha..tapi masi oke lho dipake. Secara jalanan jakarta gak ada yang lancar, pasti macet, jadi masih bisa lah ngalahin motor2 jaman sekarang, tergantung skill driving..hehehe..

    Nasibnya: dijual sayang (udah gak laku juga kali ya)..mo di modif juga sayang uang (musti rombak semua, nyisa rangka ama mesin doang kali)…

  30. smash gua th 2005 sr warna kuning, gua naikin jadi 125 pake piston thunder. kampas kopling ganti pake satria 120r, cdi pake unlimiter. lumayan bisa buat lawan mx tinggal adu nyali doang.

  31. sampe skarang ane msh pake smash nihh gan
    tp mesinnya udh di rombak
    smash 2006 emng sip lari nya dapet
    msalah miss gear mah gampang ganti aja gear box set shogun 125 🙂

  32. bikin aja dudukan lampu blk dari plat langsung sambung ke rangka. Gak mungkin pecah body
    blkngnya.

  33. Smash ane th 2006, trakhir th 2011 msih standar mesin msih bgus, irit pula, emg udh miss & body.a ad yg patah. Skrng udh bore 130cc tpi tetep irit & kopling manual, jdi meminimalisir miss.
    Standar.a aj OK, ap lgi udh di KoHar.
    Suzuki emg mantap.

  34. smash ane bener2 ud tua bgt taon 2004.tapi sampe skarg masih ane pake.powernya ud didongkrak.lumayanlah buat harin.meskipun saya ud punya klx d tracker,tp smash masih yang paling ane sayang.scorpio aja ga sanggup nyusul ni motor.masalah miss gear ane ud tau kesalahannya dimana.cuma modal las kuningan 1 titik doang beres..res..res…heheheh hidup smash..

  35. wah postinganya ngancurin image, padahal kalau pakai nggak jatuh nggak bakal ancur. Smash masih utuh asal terawat, tanpa genjot masih ngacirrrr… Tapi ya miss gearnya, kampas atria 2 tak di tampung. Yang las kuningan di share dong kang

  36. wah smashku tahun 2003 masih setia menjadi tungganganku mencari ilmu…hehe dan masih kuat buat jalan ke luar kota

  37. aku sampai sekarang masih pakek smash dan aku modif samapai sebagus mungkin pengen nyaingin satira gan………….
    hahahahaha

  38. smash motor pertamaku….tarikan enteng keren, pas kecepatan 70km/jam langsung power drop walau mesin sudah teriak…..heee

  39. smash ku th 2004, smpe sekarang masih tak pke,pernah wktu th 2009 aku bawa mudik ke magelang,dari rumah mampang jaksel jam 6 pg nympe magelang jam 3 sore.di jln gak istirht kcuali isi bbm doang,tak bw kncng 80 -90 km/j gak rewel sma sekali mz bro ,cma hbis 50rb aja buat BBM nympe rmh masih penuh .n nympe sekarang masih buat mudik . hidup smashhhhh…..

    • gw pnya ni new smash sr thn 2007.. Dr th 2009 ampe 20011 gw pake dijkt-subang irit bos..tarikan oke.. Msin standar sie, cm knalpot ori gw bo2k..ban blkng gw pke 3.00 gde, ptma brat sie. Tp pas dh gigi 2 di 70kpj nylonong tmbh gi2 3 90kpj msh mau naek tu km..y mentok gi2 4 110 duank..hee ma’lum msh standr msina, skrng gw bw pp subang-bandung, gi2 3 msh sanggp nanjak boos..bensin 5rb gk abs.. Gk nyesel gw pnya smash sr’07…

  40. salam way of life bro2 semuanya..

    Kl utk upgrade motor aku saranin ke titan aja..
    Tp dgn catatan in reyennya hrs diperhatikan, hrs rajin service ke be-res,
    aku jamin pasti puas, utk bebek sekelas bs dilibas semuanya,
    msh bs duel dgn 125cc,
    tdk ada lg mis gear n body kerupuk,
    tmbh lg harganya plg reasonable..

  41. SMASH kualitas mesin nya kalah jauh di banding YAMaha dan honda

  42. SMASH kualitas mesin nya kalah jauh di banding YAMaha dan honda ……..

    Yamah dan Honda yg terbaik

  43. Salah satu motor suzuki yang ane demen om :mrgreen:

  44. ne motor bener2 mantap, ane punya smash SR 08 warna biru, baru seminggu turun dari dealer langsung di bawa touring dari sidoarjo ke kab bima ( pulau sumbawa) dengan jarak tempuh 1000 km PP JADI 2000 KM + Muter2nya jadi 2500 km, MANTAAP !!!, trus di pake ritinitas hingga sekarang perhari dengan konsumsi jalannya kurang lebih 90km total km sekarang 450 rb lebih, baru ganti sparepartnya kemarin cuma ganti 1sheet rantai + saringan udara + saringan oli+ kampas rem depan belakang, dah jadi baru, BODY KRUPUK..? GAK TUH!!!, MISSGEAR? IYA!!!!, TAPI Gk pa2 setidaknya banyak keuntungan dr motor ini, nanti di ulang tahunnya yg ke-5, maw di rayain di lombok, SMASH SR …? MANTA…..P!!!

  45. kalo gua punya smash 2006, pernah telat ganti oli 4 bulan… tp mesin bandel, cuma noken as agak terkikis sedikit. ampe skrg belum pernah turun mesin, kalo nanjak bawa 3 orang masih tetep melesat. SUZUKI memang ok!

    • okki smasher black n white

      Ane 2 x pke motor smash ,yg pertm smash thn 2006 trz ganti sm new smash 2008 alhamdulilah g d masalah S̤̈ά̲̣̣̣̥♏▲ tunggangan.dr body pecah dll.dn dr 2008 ane gabung sm club smash jakarta dsni tmptnya para pecinta smash.club ne dh ada dr thn 2003 gan smp skrng road tu 1 dekade dn club ne jg bagian dr pendiri asosiasi smash indonesia,yg diikuti club2 dr… jakarta tangerang banten jawa barat jawa tengah jawa timur bali dn sumatra.

  46. Yosry Winaldo

    wah”.. Banyak juga nih yg pernah pke mtor Smash nee… klo gtu kesempatan nannya nih,, gmna cara buka saringan udaranya??

    • Gampang gan,siapin aja obeng +,buka sayap bodi kanan kiri,buka baut dudukan saringan udara & baut yg ke karbu,stang belokan kanan trus saringan dikluarin lewat kiri

  47. huh,,,, smash ane tahun 2005, secara umum GAK NYEsELIN nih motor,, TOP banget. kalo urusan body kerupuk, enggak juga. punya ane kokoh terkendali aja tuh. walaupun mesti ada rutinitas nya. kalo gigi Miss, bawaan lahir deh,, tinggal trik nya aj. ortu sampek ane rekomendasiin buat beli Smash lagi d tahun 2008, n di ACC, jadi nya punya 2 unit smash kakak adik….. Ketahanan mesin, SUZUKI RAJaNYa,,,,, Smash, “Si Gesit Irit”.. TERBUKTI BANGETTTT . . . . . .

  48. mas bro knapa motor smash aku trus ganti kotak cdi, pdahal bru 3 hari udah gnti lagy apa ya penyebabnya???

    .kasiH tau doNk. .motor ane smash 110

  49. punya taon 2005..awalnya super irit , jkt bogor 500o perak aja ..dr pintu sampe depan pintu…..uda 8 thn masih setia

  50. saya masih punya om Smash SR 2004 sampe sekarang hampir 10 tahun… bener2 irit 😀

  51. Mtor q jga smash sr N udah 11 thun q pgag , N krna dy lah q bsa bli 4 roda dan YJZ !

  52. motorq juga smash tahun 2003 q pake sejak kelas dua smp sampe’ sekarang semester dua kuliah Magister mesin tetap ok. perjalanan Pamekasan Surabaya. 1minggu 2 kali. cuman ganti cdi shogun 1997 larinya tembus 120Kph klo byson mah lewat.hidup smash 🙂

  53. Kebetulan motor ane smash SR 2007,,smp skrg pun body ga prnh ada yg pecah,,itu sih trgantung perawatanny aja,,TANGERANG-SOLO rute Selatan bensin cma habis 65rbu
    oy,,bagi peminat smash yg mau mampir ke CSJ (Club Smash Jakarta) monggo mampir,tepatny di taman pakubuwono tiap malam minggu
    Salam smash sadulur 🙂

  54. ┼┼aha┼┼a..,┼┼ah┼┼aa saya masih bingung mau di modif ∂ƿ∂ motor smash saya

  55. Soal miss gear sudah bisa diatasi,coakan di gigi bintangnya diperdalam saja,dikikir2 pakai tuner,jadi gerakan shifting persnelingnya lebih dalam.

  56. Ane punya smash taon 2004, kalo ganti spul harus sekalian sama magnetnya ? atau kalo pake punya titan bisa nggak ya ? ini link spare part suzuki : http://eparts.suzuki.co.id/Default.aspx , thanks ya bro atas informasinya.

  57. saya juga pengguna (New) smash 2006 ampe sekarang masih saya pakai. maklum cuma punya itu.kecepatan maks cuma 100km/jam. konsumsi bbm cuma sekitar 150km/3,3 liter…pengennya sih mau lebih irit lagi tapi belum tau caranya…..ada yang tau???????

  58. Lw aku mch pke yg kuning. . .
    Mpe skarng bodynya bohay
    Larinya bisa 120km/jm kbh lw mw ngeber lg

  59. Pingback: Supra-X 125 R 2005, Keren di Masanya Berkat Sedikit Sentuhan Racing… | THE COOLRIDER'S GARAGE

  60. gma kloe si body krupuk pke piston mobil ceri??

  61. Smash pernah jadi idola waktu dijaman’nya kira-kira era 2004 itu memang benar terjadi…keluar pertama kali Smash SR saya langsung beli bahkan semua sodara saya juga ikut kepincut sama Smash SR alhasil hampir semua keluarga besar pake Smash SR, kini satu persatu sodara saya sudah beralih ke merk motor yang lain. Tapi saya masih setia dengan Smash SR dari tahun 2004 hingga kini bukan karena gak sanggup beli motor baru tapi karena begitu banyak kenangan’nya, coba bayangin aja Speedometer udh pernah balik ke Nol lagi dan sekarang udh setengahnya, masih bandel, masih awet, sesekali rewel juga pernah…Nih motor ibarat bini ke 2 saya

  62. Bener2 bandel mesin smash.ane pernah punya smash r taun 2003.km sudah 100rb balik lg ke nol ga pernah turun mesin.cuma ganti seal klep doank. Tarikan joss.irit bgt.dr dulu pake produk Suzuki ga nyesel.minim masalah..smash dijual taun 2009 ganti sogun sp.trs ganti jupie z. Kecewa ama produk yamahal, balik lg ke Suzuki.suzuki shooter 2013.hehehe

  63. kata siapa smash motor jlek smash puny putaran atas yg bhkan susah dsaingi motor dikelas yg sama

  64. tmen ane beli smash murah ,cuma 2.5jt lho di jkt

  65. motr ak suzuki smash 110 taun 2004 ,ak beli dari sedulur ak yang dah sukses kerjanya ,sekarang dia pake Fu.
    Soal lari suzuki smash joss bray ,sampe ada tmn aku yg nantang pke mio. Hahaha ternyata ketinggal jauh bray ,pdhl msin std cuman aku ganti tu pir kopling nya pke satria .al hasil ak dapet bayaran 80rb.
    Suzuki Joss Gandhozz ..

  66. saya sampai saat ni masih pakai suzuki smash sr 2007, cuma saya modif pada velg dengan velg U Shape. sampe saat ni mesin masih halus kok (asal rajin servis rutin). sebenarnya suzuki itu top markotop. sekedar saran dari saya kpd suzuki, yakni masalah model motor keluaran terbaru. jangan berlebihan, jadinya terkesan gimana gitu. cukup dibikin eye cathing dan striping + body sesuai aja udah mantab kok..misal seperti bebek shogun sp. dan jangan terlalu fokus di produksi mobil,motornya juga diperhatikan.. ayo dong di upgrade dan keluarin shogun sp 150 cc dengan model layaknya motor road race. pasti akan jadi saingan yangmaha jufpiter em ex,, dan akan jadi bintangnya motor bebek.. 🙂

  67. muhammad azzan sofyan

    ane sekarang umurnya 16 tahun,,ane punya motor smash SR(warisan bokap ane)… dari pertama beli(2005) ampe sekarang kagak pernah turun mesin,paling cuman ganti oli,ganti gear rante,dan ganti busi… Emang dah SUZUKI SMASH SR is the best👍👍

  68. Smash SR warna merah hitam adalah motor pertama saya dan pada saat itu memang motor ini keren banget. Sampai² ada teman saya sampai 5 orang lebih beli motor itu.

  69. aq masih pake smash di tahun 2024. Masih OK mesinnya. Mau ku ganti semua bodynya jadi baru lagi

Leave a reply to Garit PoEtra DeWa Cancel reply