“Lebih Baik Lupa Mematikan daripada Lupa Menyalakan”

Biasanya kalau dirumah, Ibu saya selalu marah-marah kalo saya lupa matiin lampu atau perangkat elektronik yang sudah tidak diperlukan. Yap, kadang saya lupa mematikan lampu rumah di siang bolong gara-gara keburu-buru pergi beraktifitas, kalo sudah begitu, otomatis listrik pun terus mengalir selama seharian. Padahal lampu tersebut seharusnya sudah tidak diperlukan lagi, sehingga listrik yang mengalir ke lampu pun terbuang sia-sia atau sering disebut pemborosan.

Berkaitan dengan motor, dahulu (inget,dahulu!) setiap ada orang yang lupa mematikan lampu motor di jalan sewaktu siang hari, pasti orang lain memperingatkan kepada si pengendara motor tersebut entah dengan bahasa tubuh maupun teriakan untuk mematikan lampu motornya. Entah dengan alasan mungkin karena aneh, silau, pamali, tidak sopan ataupun boros aki atau apalah si orang tersebut memperingatkan si pengendara.

Tapiiiii, itu duluuuuu,,, Kini dengan adanya peraturan Light on baik di siang hari maupun malam hari rasanya sudah tidak merasa aneh lagi dengan pengendara yang masih menyalakan motornya di siang hari. Tapi tetep saja sih kadang ada yang mengingatkan kalo lampu depan saya masih nyala di siang hari, Mungkin dikiranya saya lupa mematikan lampu depan di siang hari, padahal memang sengaja saya nyalakan buat menjalankan peraturan Light on.

Kalo ada yang negor begitu, saya jawab saja “Lebih baik lupa mematikan daripada lupa menyalakan”, kenapa begitu? Karena saya kadang mengalami dan juga sering menemui bikers lain di jalan, ketika riding di hari senja ketika hari sudah mulai gelap dan pandangan di jalan mulai berkurang, terkadang tidak terasa ternyata kita lupa menyalakan lampu depan motor di waktu kondisi mulai gelap (mungkin keastikan riding). Sehingga sangat membahayakan pengedara lain di jalan karena lampu depan itu fungsinya tidak hanya sebagai penerang jalan, tapi juga sabagai eksistensi di jalan (seperti yang pernah diulas pakde maskur) agar orang lain melihat dan mengantisipasi keberadaan kita di jalan. Jadi untuk mengantisipasinya adalah dengan menyalakan lampu terus-menerus baik di siang hari maupun di malam hari. Bahkan di motor-motor keluaran terbaru sudah mengaplikasikan sistem lampu otomatis nyala setelah engine dihidupkan.

Jadi kalo ada yang melihat pengendara masih menyalakan lampu di siang hari, sebaiknya tidak usah diingatkan. Karena mungkin saja dia punya pemikiran yang sama kayak saya “Lebih baik lupa mematikan daripada lupa menyalakan”, demi alasan keamanan dan juga keselamatan. Boros aki? Saya kira tidak masalah kok, karena selama sistem pengisian aki masih tokcer, maka aki gak bakal tekor. Mungkin yang agak mengkhawatirkan ada masa usia part yang berhubungan dengan lampu depan (bohlam, reflektor, saklar, kabel) yang mungkin tidak tahan panas jika terus-terusan bekerja. Tapi yang jelas harganya tidak seberapa dibanding keselamatan kita. Ya kan?

Terakhir, Pesen saya slogan “Lebih baik lupa mematikan daripada lupa menyalakan” ini jangan diterapkan untuk penggunaan listrik rumahan lhoh, ntar bisa-bisa jebol tagihan listrik sampeyan gara-gara lupa matiin peralatan listrik rumah yang gak kepake! :lol:

Semoga bermanfaat :)
Salam coolrider fixer

About these ads

25 responses to ““Lebih Baik Lupa Mematikan daripada Lupa Menyalakan”

  1. mas, itu lampunya masih nyala
    nggak percaya sama matahari ya? :mrgreen:

  2. setuju mas dab…. :)

  3. Absen waelah

  4. Ah, saya selalu menyalakan lampu motor di siang hari. Tenang aja. :mrgreen:
    Udah terbiasa berkat Kota Surabaya yang giat mencanangkan safety riding. Terbawa sampe ke Bandung. :mrgreen:

  5. disini ( DIY ) banyak brod.. jangankan motor, mobil pun kalo sudah mulai gelap ada yang tidak menyalakan lampu utama, yang di nyalain kadang cuma FogLamp ( Lampu Kabut )

    *pemantauan semenjak pindah ke Jogja sampai dengan sekarang :D

    nitip jualan :
    http://eyangrevonyaitem.wordpress.com/2011/03/15/safety-riding-untuk-siapa/

  6. lek mateni lampu didenda 35ewu cash bayar ditempat

  7. kalo dulu sloganku, “lebih baik keluarin diluar dari pada bunting duluan”. :-D

  8. ya, sekarang kan emang wajib menyalakan lampu disiang hari klo ga mau ditilang. bagian dari berkendara aman. ya, selama aturan itu logis oke2 aja

  9. waaa, di daerah Saya pada Bandel kalo di suruh ngidupin lampu motor siang hari Maz..

  10. tangerang dah mulai di tilang….

  11. boro2 lampu DRL,Dit4ku pake helm dan pasng spion aja masih banyak yg mangkir….
    SALAM KARET BUNDAR™

  12. JABODETABEK wajib light on mas buat sepeda motor.

  13. si oom as varioputiih

    kalo siang saya pake lampu jauh, kalo malem baru pake lampu deket :)

  14. gunakan segala sesuatu sebagaimana mestinya
    light on terus utk safety riding

    http://setia1heri.wordpress.com/2011/03/28/kode-kode-riding-saat-turing/

  15. bener banget, makanya kalo lagi riding pasti tangan kiri megang2 saklar lampu, takut lupa nyalain :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s