Motogp Musim 2011, Siapa Pembalap Jagoan Anda…?

Motogp musim 2011 sudah dimulai, para pembalap sudah menunjukkan performanya di beberapa kali tes pramusim, bahkan sudah memasuki latihan bebas untuk seri pertama di Qatar. Beberapa pembalap sudah menunjukkan performa menjanjikan dengan tunggangan barunya, namun ada juga yang masih belum bisa beradaptasi dengan tunggangan barunya, seperti Rossi dan juga Toni Elias yang notabene juara Moto2 tahun lalu.

Nah, sebagai pecinta balapan paling bergengsi di dunia ini, pastilah masbro-masbro punya jagoan masing-masing untuk musim 2011 ini. Kira-kira siapa sih jagoan masbro untuk musim ini?

Sekilas tentang para ksatria-ksatria balap Motogp :
1. Jorge Lorenzo

Juara dunia tahun lalu ini akan menjalani musim pembuktian bahwa titel yang dia raih musim lalu adalah memang kehebatannya sendiri, bukan karena faktor keberuntungan maupun karena dia naik “motornya Rossi”. Dengan kepergian Rossi dari Yamaha, otomatis Lorenzo menjadi ujung tombak pengembangan YZR-M1 untuk musim ini. Jikalau dia gagal mengembangkan M1 dengan baik yang berujung gagalnya Yamaha di musim ini, maka nama Lorenzo yang bakal jadi taruhannya. Di sesi Tes pramusim ini, Lorenzo memang sudah menunjukkan performa yang lumayan, namun itu belum cukup untuk membendung kekuatan Stoner-Honda yang begitu dahsyat. So, meski mampu menempati jajaran depan pencetak waktu tercepat, catatan waktunya masih di bawah pasukan Honda.

2. Dani Pedrosa

Inilah pembalap paling malang di Motogp, meskipun doi berada di bawah bendera Tim paling kuat di Motogp semenjak tahun 2006, doi belum pernah sekalipun merasakan jadi juara dunia. Sebenarnya performa Pedrosa sendiri tidak bisa dibilang buruk, kalo boleh dibilang dia adalah maestronya garis start! Terlihat di beberapa race dia mampu melakukan holeshoot alias melesat seperti roket saat lampu start padam, entah dia start di posisi berapa. Kalo pas bagus-bagusnya, tidak ada satu pembalap pun yang mampu mengganggu doi kalo sudah berada di posisi pertama. Namun kalo pas melempemnya kumat, sekali dia disalip lawan, dia bisa jadi bulan-bulanan pembalap di belakangnya, orang bilang sih mentalnya buruk. Namun diluar itu semua, saya tetep kudu bilang Pedrosa adalah pembalap hebat, dengan posturnya yang “cebol”, doi bisa menaklukan motor berpower besar seperti Motogp dan selalu bertarung di barisan depan.

3. Casey Stoner

Juara dunia tahun 2007 ini adalah pembalap dengan performa paling menjanjikan selama tes pramusim hingga sesi latihan bebas. Kepindahannya dari Ducati ke Honda merupakan langkah tepat yang menjadikan Stoner dan Honda menjadi kombinasi dahsyat musim 2011 ini. Pengalaman Stoner menaklukkan motor berpower liar macam Ducati menjadikan dia begitu cepat saat menunggang motor RC212V. Namun Stoner sering sekali mengalami ketidakberuntungan saat race, di musim lalu doi seringkali bermesraan dengan gravel saat bertarung di barisan depan.

4. Valentino Rossi

Sang maestro yang mencoba melakukan perjudian dengan pindah ke Ducati di masa tuanya ini hingga sekarang belum menunjukkan hasil meyakinkan bersama si merah. Beberapa masalah seperti cedera bahu yang mengganggu proses adapatasinya bersama Ducati turut mengganjal persiapannya untuk musim 2011. Hasil terbaik yang doi peroleh selama tes pramusim dan latihan bebas Qatar adalah menempati posisi kelima di sesi latihan bebas pertama kemarin. Tapi, terlalu cepat juga untuk mengatakan Rossi sudah habis, karena kita tau Rossi bukanlah pembalap kemarin sore. Saya yakin Rossi mampu memberikan perlawanan sengit seperti selama ini.

5. Pembalap lain
Selain keempat pembalap tersebut masih ada pembalap-pembalap lain bisa muncul memberikan kejutan di musim depan, diataranya adalah Ben Spies, Dovizioso, Simoncelli dan juga Hayden. Mereka bisa jadi pengganjal para “alien” untuk meraih gelar juara dunia bahkan bisa saja mereka bergabung jadi “alien” baru yang meramaikan persaingan juara dunia Motogp musim 2011 nanti. Ben Spies, Dovizioso dan Simoncelli sudah menunjukkan performa bagus selama tes pramusim dengan sering masuk di jajaran 5 besar.

Sementara di papan tengah, tentunya juga gak mau kalah dengan papan atas, pembalap-pembalap macam Edwards Bautista, De Puniet, Crutchlow, Barbera dan Aoyama juga seringkali memberikan hiburan tersendiri bagi penonton jika dilanda kebosanan saat barisan depan mulai berjarak renggang. De Puniet yang kini berada di Ducati sering memberikan kejutan entah di sesi kualifikasi maupun race, sayangnya doi kurang konsisten di sepanjang race, bahkan tak jarang doi malah mengalami crash. Pembalap senior, Edwards dan Capirossi dengan pengalaman dan jam terbang tinggi di Motogp dipastikan bakal berusaha keras menjinakkan pembalap-pembalap muda. Sementara Bautista, Barbera dan Crutchlow adalah pembalap-pembalap muda yang tentunya masih punya daya juang tinggi.

Di papan bawah ada rookie dari Ducati, Karel Abraham dan juga jawara Moto2 musim lalu, Toni Elias yang tampaknya masih kesulitan dalam comebacknya di Motogp. Akankah mereka cuma jadi penggembira saja di musim 2011 nanti mengingat belum ada kemajuan signifikan selama tes pramusim?

Okey itu tadi sedikit rangkuman pembalap-pembalap yang bakal berpartisipasi di Motogp musim 2011. Nahhh, sekarang siapa nih pembalap yang jadi jagoan masbro semua? Jagoan tak harus melulu yang ada di barisan depan lho… Tapi pembalap papan tengah pun bisa kok dijadiin jagoan, semisal jagoin Bautista karena doi satu-satunya pembalap Suzuki, atau jagoin Aoyama karena doi satu-satunya pembalap Asia di Motogp. Yang jelas tidak perlu bakar-bakaran lah, wong mereka aja yang damai-damai nyantai masak penontonnya yang ribut sendiri.

Last, selamat menikmati sirkus Motogp musim 2011, warna-warna baru di musim ini saya jamin bakal menambah seru Motogp 2011. Entah siapapun yang juara ntar, yang penting bisa membuat hati penonton terpuaskan dengan atraksi-atraksi mendebarkan khas Motogp. Trus, Jangan lupa pantengin terus laporan dari saya juga donk :)

Salam coolrider fixer :)

About these ads

3 responses to “Motogp Musim 2011, Siapa Pembalap Jagoan Anda…?

  1. ternyata baru kedua, makanya 50 % hasilnya . Ben spies……

  2. Ping-balik: Hasil Race Motogp Qatar 2011, Stoner Rajanya Qatar, Lorenzo Konsisten | THE COOLRIDER'S GARAGE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s